Tepung Panir dan Tepung Roti itu Beda lo. Kenapa Warnanya Ada yang Putih, Ada yang Oranye, ya?

Kebanyakan orang menyangka kalau tepung panir dan tepung roti sama. Bahkan nggak jarang keliru menyebutkan keduanya. Padahal, tepung roti dan tepung panir berbeda. Memang sama-sama digunakan untuk mengolah makanan. Tapi tepung panir terbuat dari bahan yang berbeda dengan tepung roti. Sekilas memang tampak mirip, tapi kalau dicermati dengan baik, kamu bakal menemukan perbedaan tepung panir dan tepung roti.

Advertisement

Kalau sampai kamu keliru menggunakan tepung panir dan tepung roti, olahan makanan bisa gagal total. Supaya nggak salah, perhatikan bedanya dua tepung itu di bawah ini, ya. Cuss~

1. Meski sama-sama berasal dari roti, tapi tepung panir dan tepung roti menggunakan bagian roti yang berbeda

bahan tepung panir dan tepung roti | photo by PxHere via pxhere.com

“Tepung panir terbuat dari apa?”

Buatmu yang masih sering bingung soal bahan tepung panir dan tepung roti, jadi, keduanya sama-sama berasal dari roti tawar. Tapi bagian roti yang digunakan berbeda. Kalau tepung roti terbuat dari bagian tengah roti segar tanpa kulit, maka tepung panir berasal dari pinggiran roti yang berwarna kecokelatan. Setelah diambil bagian tengahnya, roti dikeringkan dan digiling menjadi butiran kecil sampai menjadi tepung roti. Sementara pinggiran roti digiling lebih kecil dari tepung roti agar menjadi tepung panir. Oo, jadi gitu~

Advertisement

2. Warna tepung roti dan tepung panir jelas berbeda karena bahannya nggak sama

warna tepung panir dan tepung roti | photo by PxHere via pxhere.com

Menggunakan pinggiran atau kulit roti yang cokelat, tepung panir berwarna lebih gelap. Biasanya warna tepung panir orange. Sedangkan, tepung roti yang berasal dari bagian roti dalam, warnanya putih. Selama ini banyak orang masih salah mengira tepung roti dengan sebutan tepung panir kasar. Nggak sedikit juga yang menyebutkan tepung roti sebagai tepung panir putih. Padahal keduanya memang berbeda bila dilihat dari warnanya.

3. Karena proses pembuatannya berbeda, tekstur dan bentuk keduanya pun nggak sama

tekstur tepung panir | photo by PxHere via pxhere.com

Sempat disinggung sedikit sebelumnya, tepung panir digiling lebih kecil ketimbang tepung roti. Sehingga bentuk tepung panir halus. Berbeda dengan tekstur tepung roti yang kasar dan cenderung tajam. Bila digunakan untuk membalut makanan, tepung roti akan menghasilkan makanan yang lebih renyah. Makanya, sebagian orang lebih menyukai tepung roti karena membuat makanan terasa garing ketika digoreng. Tapi bila kamu ingin makanan nggak terlalu menyerap minyak saat digoreng, tepung panir adalah pilihan terbaik.

4. Memiliki tekstur kasar dan halus, tepung roti dan tepung panir harus dipakai sesuai kegunaan

tepung panir untuk risoles | photo by PxHere via pxhere.com

Tekstur tepung panir yang halus bagus digunakan untuk melapisi makanan yang lunak. Nggak heran tepung panir untuk nugget. Contoh lainnya, tepung panir untuk risoles, pisang goreng, atau kroket. Sementara itu, tepung roti yang kasar sering diaplikasikan untuk makanan padat seperti daging, ayam, dan seafood.

5. Dibandingkan dengan tepung roti, harga tepung panir lebih murah

harga tepung panir lebih murah | photo by Welcome to all and thank you for your visit ! ツ via pixabay.com

Harga tepung panir halus lebih terjangkau daripada harga tepung roti. Harga tepung panir di Alfamart tidak jauh berbeda dengan harga tepung panik Indomaret. Rata-rata harga tepung panir adalah 8 ribu per 200 gram. Lebih mahal, harga tepung roti sekitar 10 ribu per 200 gram.

6. Agar tepung panir dan tepung roti bisa menempel sempurna, perhatikan cara mengolahnya

cara mengolah tepung panir | photo by ivabalk via pixabay.com

Tepung roti dan tepung panir berfungsi sebagai lapisan luar agar tekstur makanan lebih renyah. Supaya tepung nggak rontok, kamu harus mengolahnya dengan tepat. Nggak ada perbedaan dalam mengaplikasikannya, gunakan  tips di bawah ini:

  • Gunakan perekat seperti putih telur supaya tepung panir atau tepung roti menempel dengan baik.
  • Saat membalurkan tepung roti atau tepung panir, tepuk perlahan supaya menempel. Sehingga baluran tepung nggak  mengotori minyak goreng.
  • Untuk mengakali agar tepung nggak rontok, simpan makanan yang sudah dibalut tepung di dalam kulkas terlebih dahulu.
  • Pakai minyak goreng yang banyak dengan nyala api sedang agar tepung nggak rontok dan matang sempurna.
  • Ketika menggoreng makanan, usahakan tidak dibolak-balik agar nggak rontok, ya.

Nah, itu dia perbedaan tepung panir dan tepung roti. Setelah ini, jangan sampai tertukar lagi biar hasil masakanmu renyah dan garing.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE