Sebagai salah satu benda fesyen esensial dalam hidup, sepatu memegang peranan penting dalam segala aktivitas harian kita. Tak hanya soal harganya, kenyamanan dan model kerap jadi pertimbangan utama seseorang dalam memilih sepatu. Selain memilih yang sesuai dengan selera, merawat dengan benar sepatu kamu juga penting, agar alas kakimu itu lebih awet, tetap terlihat kinclong dan yang paling penting nggak bau kaki. Ugh, nggak banget kan ya kalau sepatumu bau amis sepanjang hari?

Tenang, sebelum kamu keburu mempensiunkan sepatu-sepatu kamu yang ada di rumah, kali ini Hipwee akan berbagi trik mudah yang bisa kamu praktikkan di rumah untuk merawat sepatu tetap bersih dan wangi bak baru beli. Ya, minimal 90% lah ya, hehe~ Yuk, simak bareng-bareng ulasannya dan jangan lupa nanti dicoba di rumah!

1. Langkah pertama, kamu perlu tahu masing-masing sepatu punya trik membersihkan yang berbeda-beda. Untuk sepatu kulit, kamu bisa lakukan ini untuk membersihkannya

Yuk rawat sepatu kulit kamu via www.hiddencedarlodge.com

Advertisement

Untuk membersihkan noda-noda di sepatu kulit baik yang asli atau sintetis pada pantofel atau boots, sebenarnya kamu nggak perlu pusing menyikatnya dengan ekstra tenaga. Cukup buat campuran cairan air hangat dan dengan sabun pencuci piring, lalu celupkan kain lembut lalu usap-usapkan perlahan ke permukaan terluar sepatu. Selanjutnya, tinggal bersihkan sisa-sisa cairan sabun dengan air hangat menggunakan kain lembut. Keringkan dengan handuk, dan angin-anginkan. Kalau sangat kotor, kamu bisa campurkan larutan sabun dengan sedikit baking soda. Mudah kan?

2. Sedangkan untuk sepatu seperti sneakers yang berbahan kain kanvas dan sejenisnya, kotoran di bagian solnya kamu bisa bersihkan dengan pasta gigi tanpa campuran air

Pakai sikat gigi biar makin kinclong~ via www.melissamaker.com

Jangan merendam sepatu terlalu lama di larutan air bersabun karena berisiko melunturkan warna dan membuat sepatumu jadi kusam atau luntur warnanya. Coba deh ikut langkah-langkah perawatan sepatu dari laman Nike ini yang bisa jadi gambaran, bagaimana sebaiknya kamu merawat sneakers-mu yang kotor.

  • Langkah pertama, keluarkan semua pasir dan kotoran di dalam sepatumu sampai bersih. Gunakan bantuan sikat sepatu yang lembut.
  • Buatlah larutan sabun dan air yang cukup lembut. Gunakan sedikit sabun cuci piring dengan air hangat untuk menyikat permukaan dan bagian dalam sepatu menggunakan sikat gigi lembut.
  • Hindari menyikat kuat-kuat area yang sensitif seperti bagian kulit sintetis sepatu yang rentan terkelupas. Kamu bisa gunakan handuk lembut untuk bagian ini.
  • Kalau sepatumu sangat kotor, kamu bisa campurkan larutan sabun dan air dengan setengah cangkir kecil white vinegar. Kalau tak ada, sesendok makan baking soda juga bisa membantu. Diamkan selama beberapa saat sebelum kamu gunakan.
  •  Untuk area sol sepatu, kamu bisa menggunakan pasta gigi tanpa campuran air untuk menghilangkan noda-noda bandel.

3. Untung menghilangkan bau, coba saja lakukan beberapa tips mudah ini. Yang pasti, menjaga kebersihan kaki jadi salah satu keharusan ya!

Pakai baking soda aja! via www.onecrazyhouse.com

Advertisement

Rajin membersihkan dan mencuci sepatu bisa bantu kurangi risiko bau kaki dari sepatu. Tapi kalau lagi kepepet, kamu bisa coba lakukan hal berikut ini:

  • Memasukkan kantung biji kopi ke masing-masing sepatu bisa bantu kurangi bau tak sedap dari alas kaki kesayanganmu lo.
  • Menaburkan baking soda ke dalam sepatu juga bisa membantu. Ini jadi salah satu trik yang paling sering berhasil, nggak ada salahnya dicoba.
  • Menggunakan pasir kucing wangi juga bisa jadi solusi. Biar nggak kotor, masukan pasirnya ke dalam kantong kain atau alasi bagian dalam sepatu dengan tisu.
  • Memasukkan koran-koran ke dalam sepatu bisa jadi trik andalan saat kamu mendadak butuh sepatu yang nggak bau. Lakukan ini minimal semalam sebelumnya.
  • Kalau sangat…sangat kepepet, anti odor spray khusus helm dan sepatu layak dicoba. Biasanya ini hasilnya instan, tapi tak bertahan lama.
  • Membekukan sepatu ternyata juga jadi salah satu trik menghilangkan bau tak sedap dari sepatu. Coba deh, hehe.
  • Terakhir, menyemprot kaki dengan anti odor spray khusus kaki serta menaburkan bedak anti perspirant di kaki bisa jadi trik yang kamu coba, biar kakimu nggak bikin sepatu bau. Jangan lupa, rajin-rajin bersihkan dan angin-anginkan sepatu kamu ya.

4. Terakhir, untuk beberapa noda membandel kamu bisa coba menggunakan bahan rumahan seperti pembersih cat kuku untuk kinclongkan kembali sepatumu

Ampuh lo! via www.shefinds.com

Untuk white sneakers, kamu bisa coba gunakan pembersih cat kuku dan larutan pemutih pakaian yang sudah dilarutkan dengan air selain dibersihkan dengan larutan sabun dan air hangat.

5. Untuk sepatu berbahan yang agak sensitif seperti suede atau bulu domba coba bersihkan dengan diusap dengan kain lembap yang dicelupkan ke larutan air dan sedikit air sabun

suede via www.ugg.com

Untuk noda yang agak membandel, kamu bisa menggosokkan penghapus pensil untuk mengurangi atau menghapus noda. Gunakan kain lembap, jangan kain basah untuk membersihkan bagian dalam dan luar sepatumu. Selain menggunakan sabun cuci piring dan air dingin, kamu bisa tambahkan sedikit larutan cuka untuk membersihkan sepatumu. Saat mengeringkan, usahakan diangin-anginkan dan nggak di bawah sinar matahari langsung ya.

Selain jaga kebersihan sepatu, menjaga kebersihan kaki juga jadi kunci agar sepatu jauh-jauh dari bau. Simpan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik juga penting, agar sepatu nggak jadi lembap dan berjamur. Semoga artikel kali ini bisa membantu dan kamu nggak lagi berjibaku dengan urusan bau kaki ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya