Tips Agar Kucingmu Tidak Berontak Saat Potong Kuku. Ajaklah Bermain!

Grooming adalah salah satu aktivitas yang disukai kucing. Biasanya grooming kucing dilakukan untuk menjaga kesehatan bulu dan kulit kucing itu sendiri. Memotong kuku kucing adalah salah satu bagian dari grooming kucing yang bisa kamu lakukan di rumah, sebab jika tidak kuku kucingmu akan tumbuh panjang.

Advertisement

Jika kuku kucingmu panjang, mereka cenderung akan mengasahnya di sofa atau karpet. Tentu, hal ini membuat perabot rumahmu menjadi banyak cakaran kucing yang tak sedap untuk dipandang. Namun, jika kamu langsung memotong kuku-kukunya tanpa melakukan pendekatan apa pun, tentu kucingmu akan merasa terancam. Nah, agar kucingmu merasa tenang dan tidak berontak saat dipotong kukunya, yuk, ikuti tips berikut.

1. Lakukan di area yang disukai kucing agar kucing merasa nyaman

Lakukan di tempat yang disukai kucing | Foto oleh Tranmautritam dari Pexels via www.pexels.com

Biar kucing tidak berontak dan tetap tenang, kamu bisa memotong kuku kucingmu di area yang disukai kucing. Hindari untuk membawa ke area asing yang bising suara mesin atau orang lalu lalang, sebab kucing akan terdistraksi dan membuatnya kaget serta panik. Tentu hal ini akan menyulitkanmu untuk memotong kuku-kukunya.

2. Kenalkan peralatan potong kuku kepada kucing, letakkan di dekatnya dan biarkan si kucing mengendus-endus alat tersebut

Kenalan dulu, biar nggak kaget

Advertisement

Biar si kucing tidak asing dengan peralatan potong kuku milikmu, kamu bisa mengenalkan alat-alat tersebut kepada si kucing. Biarkan kucingmu mendekat dan mengendus-endus alat potong kuku. Biarkan kucingmu untuk mengenali alat potong kuku tersebut. Hal ini akan membuat kucing merasa aman, nyaman, dan lebih tenang.

3. Dipijat-pijat dulu kucingmu biar lebih rileks

Mengelus kucing biar nyaman | Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels via www.pexels.com

Sebelum kamu mulai memotong kuku kucingmu, pastikan dulu kucingmu dalam keadaan rileks dan good mood. Biar kucingmu rileks, cobalah untuk mengelus dan memijat area leher dan kaki.

Kamu juga bisa melilitkan handuk hangat di sekitar tubuh kucingmu agar ia merasa rileks. Dengan melilitkan handuk di tubuhnya, kamu akan jauh lebih terbantu ketika memegangnya saat akan memotong kukunya.

Advertisement

4. Kasih makan favoritnya atau ajak bermain biar ngantuk jadi mudah dipegang

Ajak kucing bermain agar kucing merasa lelah dan ngantuk | Foto oleh cottonbro dari Pexels via www.pexels.com

Biasanya ketika kenyang dan lelah, kucing cenderung akan mengantuk. Untuk membuatnya merasa kenyang, berikan kucingmu makanan favoritnya. Dan kamu juga bisa lo mengajaknya bermain seperti mengejar bola atau lain sebagainya. Lama kelamaan kucingmu akan merasa lelah dan mengantuk.

Nah, disaat seperti inilah kamu bisa memulai untuk memotong kukunya. Perhatikan caranya dengan seksama ya, hindari area quick dan potonglah secara vertikal dari atas ke bawah.

5. Potonglah kuku-kukunya dengan tenang dan perlahan tapi pasti

Kucing akan merasa kaget dan terancam jika kamu terlalu tegang saat memotong kuku-kukunya. Untuk menghindari hal itu, maka tetaplah tenang dan jangan cemas, ya!

Setelah selesai memotong kuku-kukunya, kamu bisa beri kucingmu makanan kesukaannya sebagai reward bahwa dirinya telah berani dan tenang saat proses potong kuku dilakukan. Pastikan juga bahwa kamu tidak tegang saat memotong kuku kucingmu, ya. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...