Kalau sudah lama jadi perokok, berhenti merokok pasti jadi hal yang sulit dilakukan. Pasalnya, godaan akan terus datang dari segala arah. Baik dari orang lain maupun dirimu sendiri. Badan dan pikiranmu seakan-akan tak bisa lepas dari hasrat untuk kembali menghisap sebatang rokok. Terutama di jam-jam rutin yang dulu kamu habiskan ‘bercumbu’ dengan rokok, seluruh bagian tubuhmu seakan-akan meronta tak terkendali.

Makanya, banyak sekali orang yang tidak dapat menahan godaan untuk kembali merokok, meskipun sempat berhasil berhenti selama beberapa waktu. Nah jika ada yang sedang menghadapi situasi itu, trik-trik di bawah ini patut dicoba. Biar upayamu berhenti merokok sepenuhnya tidak gagal karena terus ‘kambuh’. Tipsnya juga tidak mainstream kok, jadi beberapa mungkin tidak pernah kamu dengar~

1. Supaya nggak pingin merokok lagi, kamu perlu membatasi diri untuk nggak nongkrong dengan teman-teman perokok

jangan nongkrong dengan perokok via www.elitedaily.com

Advertisement

Kalau memang nggak bisa menghindar, beritahu mereka kalau jika telah berhenti merokok. Jangan lupa juga minta mereka buat nggak menggoda dan menawarkan rokok kepadamu ya~

2. Sibukkan diri dan jangan kosongkan tangan agar keinginan merokok nggak muncul lagi

main lego via www.themanual.com

Berdiam diri bisa membuat keinginan merokok datang lagi. Nah, daripada tertekan karena nggak bisa merokok coba deh lakukan kegiatan bermanfaat seperti main lego atau mengisi TTS.

3. Meski sepele, tapi menarik napas dalam-dalam bisa mencegah timbulnya hasrat ingin merokok lo!

tarik napas via www.earth.com

Banyak orang yang menggunakan rokok untuk menangkan pikiran. Kalau tiba-tiba berhenti pasti kan perasaan jadi gusar dan gelisah. Ketika rasa ingin muncul cobalah tarik napas dalam-dalam sambil memejamkan mata. Menghirup napas panjang bisa membuat udara bersih masuk ke paru-paru dan kamu jadi lebih tenang.

4. Jangan biarkan mulut kosong kalau kamu nggak mau keinginan merokok datang lagi

makan permen via www.shutterstock.com

Advertisement

Mulut yang kosong membuat kita jadi ingin merokok lagi. Selain itu, mulut juga akan jadi asam karena lama nggak mengonsumsi nikotin. Makanya, kamu bisa mengonsumsi permen ketika mulut kosong dan terasa asam.

5. Konsumsi jus wortel setiap hari akan mencegah mulut pahit dan asam akibat lama nggak merokok

makan jus wortel via myculturedpalate.com

Kandungan zat antioksidan dalam wortel bisa menyehatkan tubuh yang sudah terkena paparan racun dari rokok. Rasanya yang sedikit getir akan membuat lidah jadi nggak terasa asam lagi lo!

6. Selain jus wortel, kamu juga bisa minum air garam agar lidahmu nggak pahit

kumur air garam via www.grid.id

Rasa asin di air garam mampu memproduksi liur yang bisa mencegah rasa asam di mulut. Kalau memang nggak bisa meminumnya, kamu bisa kok berkumur saja dengan air garam ini.

Menghentikan kebiasaan merokok memang nggak gampang. Tapi, jika kamu memang benar-benar bertekad kamu bisa kok menghentikan kebiasaan buruk ini. Saat lidah terasa asam dan pahit, coba alihkan dengan melakukan hal-hal di atas, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya