Pernah nggak sih kamu merasa sudah mengikuti tips keuangan dengan benar tapi nggak nambah-nambah tabungannya?

Yup, mengatur keuangan memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan ketekunan dan konsistensi diri supaya tabungan bisa terus bertambah. Juga mempraktikkan beberapa tips atau anjuran keuangan juga supaya pengeluaran bisa terkontrol dan saldo terus naik.

Advertisement

Namun, dari banyaknya tips keuangan yang beredar, beberapa di antaranya justru bikin makin boros lo. Mungkin efeknya nggak langsung terasa, kecuali kalau kamu perhatikan dengan benar. Dari beberapa tips keuangan yang Hipwee Tips ulas berikut, barangkali masih kamu percayai dan praktikkan, padahal cuma mitos aja. Nggak banyak ngaruhnya.

1. Katanya serba-serbi DIY bikin lebih hemat, tapi nggak jarang banyaknya barang yang digunakan justru membuatnya kegiatan ini makin boros

DIY lebih boros via www.theverge.com

Selain karena menggunakan banyak barang, DIY kadang juga berisiko gagal. Alih-alih berhemat, kamu justru akan mengeluarkan uang lebih kalau kerajinan yang kamu buat malah gagal.

Misalnya saja kamu ingin membetulkan game sole yang rusak. Daripada harus membeli soldier yang mahal, bukankah lebih baik jika kamu menyuruh seseorang profesional untuk membenahinya saja? Nggak berisiko dan pastinya lebih hemat tenaga kan?

2. Nggak selamanya membeli barang bekas berarti lebih hemat

barang bekas lebih boros via terimabarangjkt.blogspot.com

Advertisement

Meski di awal kamu nggak mengeluarkan uang yang cukup banyak, namun kadang kualitasnya yang sudah nggak sebagus barang baru membuatmu harus rela merogoh kocek lagi untuk merenovasinya. Belum lagi jika barang bekas ini ternyata nggak awet. Bukannya makin hemat, kamu justru membuang uangmu untuk barang yang belum terjamin kualitasnya.

3.  Kebanyakan tips keuangan menganjurkan kita untuk menabung 15 persen dari penghasilan, tapi faktanya nggak harus selalu begitu kok

nabung konsisten via www.which.co.uk

Menabung memang wajib, tapi bukan berarti harus selalu dengan nominal tinggi dan sama terus. Menabunglah semampumu saja, daripada nabung banyak-banyak tapi kamunya malah sakit-sakitan lantaran nggak tercukupi kebutuhan harian. Nominal kecil nggak masalah, tapi disiplin, ya!

4. Banyakin transaksi dengan uang tunai juga belum tentu lebih hemat daripada pakai kartu debit

bayar pakai cash via www.bloomberg.com

Menggunakan uang tunai juga ada kekurangannya lo. Selain mudah hilang, uang tunai juga lebih susah ditrek, apalagi kalau kamu nggak mencatat setiap pengeluaranmu. Nggak cuma itu, uang tunai juga mudah terselip di dalam kantong atau di dalam tas yang kadang sulit ditemukan saat dibutuhkan.

5. Kesannya sih lebih murah, tapi belanja online justru sering bikin ‘khilaf’

belanja online via hawaiirenewable.com

Belanja online memang sering ada promonya, tapi kan kamu tetap harus membayar ongkos kirim dan pajaknya. Bahkan kadang, saking banyaknya promo, kamu jadi mudah tergiur untuk beli barang yang nggak dibutuhkan. Nah, daripada kalap begitu, mending belanja di toko yang pilihan barangnya nggak aneh-aneh dan bikin kamu mudah tergiur.

6. Anggapan menunda bayar hutang kecil itu nggak apa-apa, justru bisa berakibat buruk lo!

bayar hutang via www.dream.co.id

Banyak orang yang lebih memilih untuk melunasi hutang besar dulu daripada yang kecil. Padahal ini justru bisa membuat hutang kecil jadi makin besar karena bunganya. Daripada mendahulukan salah satu, lebih baik jika kamu membayar kedua jenis hutang ini dengan seimbang.

Percaya nggak percaya, beberapa tips keuangan di atas kerap terbukti bikin pengeluaranmu jadi lebih boros lo! Nah, kalau mau benar-benar berhemat, sebenarnya kamu hanya perlu disiplin pada anggaran keuanganmu. Kalau sudah disiplin, cara apa pun yang dilakukan untuk berhemat akan bisa terlaksana dengan baik kan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya