7 Tips Membeli Kulkas Kecil untuk Rumah yang Mungil. Wajib Ketahui nih, Biar Nggak Mubazir

Tips kulkas kecil

Kulkas atau lemari pendingin adalah salah satu peralatan yang terhitung wajib dimiliki di tiap rumah. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang, kebutuhan untuk menyimpan lebih banyak bahan makanan atau makanan beku jadi semakin penting. Anak-anak kos atau mereka yang tinggal sendirian, alias mereka yang sebelumnya tak pernah memasak dan selalu makan di luar, kini banyak yang tergoda membeli kulkas. Terutama kulkas kecil atau kulkas mini portable. 

Advertisement

Kalau rumah tangga biasanya pilih kulkas satu pintu, dua pintu, atau kulkas built in. Kalau pedagang pastinya pilih deep freezer atau bottom freezer. Nah tapi belum banyak nih yang bahas seluk beluk kulkas kecil yang pas untuk mereka yang tinggal sendirian.

Dulu kulkas kecil atau mini itu mungkin hanya identik dengan kamar-kamar rumah sakit atau hotel, tapi sekarang banyak juga yang spesifikasinya cocok untuk kamar kos, studio apartemen, atau rumah kecilmu. Selain jelas tak makan tempat, harga lebih murah hingga daya listrik yang tak sebesar kulkas pada umumnya jadi keunggulan. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli, kenali dahulu tips memilihnya biar barang tak sia-sia. Berikut ulasannya, ya!

1. Kulkas mini terbaik harus disesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan, jika fungsinya hanya ingin menjaga kesegaran minuman pilih ukuran di bawah 100 liter

Pemakaian kulkas kecil | Credit: Alexandra via pixabay.com

Baik kulkas kecil 1 pintu atau kulkas mini 2 pintu sebenarnya sama saja, semua tergantung kebutuhan pribadi kamu. Misal sebagai anak kos kamu jarang memasak di rumah atau lebih sering membeli makanan keluar. Lebih baik gunakan kulkas kecil dengan kapasitas antara 50-60 liter. Namun, jika kamu sering masak di kosan pakai yang ukuran 100 liter supaya bahan-bahan makanan dalam jumlah yang banyak bisa muat. Perlu diingat harganya akan semakin naik mengikuti besarnya kapasitas. Jadi jangan sampai salah, ya!

Advertisement

2. Sebelum membeli kulkas pertimbangkan dulu material yang digunakan, nggak mau kan setelah dipakai beberapa bulan justru bolak-bolak panggil jasa service

Perhatikan material kulkas | Credit: Pixy.org via pixy.org

Ada dua material kulkas yang biasanya digunakan, yakni metal door dan tempered  glass. Kulkas berbahan metal door umumnya lebih familiar untuk keluarga di Indonesia, bentuknya yang polos dan terlihat monoton jadi salah satu cirinya. Sedangkan tempered glass memiliki tampilan yang ekslusif dan premium bahkan mampu memberikan pantulan mewah dengan warna yang lebih bersinar.

Untuk keawetan metal door cenderung tidak tahan lama dan cepat berkarat, di sisi lain harganya tentu jauh lebih terjangkau. Selain itu, dari segi jenisnya ada yang ditambahkan bahan plastik atau  murni seluruhnya bahan stainless steel. Beberapa merek seperti kulkas mini Sharp, kulkas mini Electrolux, kulkas mini Gea bisa dijadikan perbandingan kamu untuk dicari kelebihan dan kekurangannya.

3. Perhatikan jenis mesin dan sistem pendingin. Jangan salah pilih, kalau nggak mau terganggu dengan suara bising mesin!

Bahan mesin kulkas | Credit: Ernest Brillo via unsplash.com

Kulkas mini murah rata-rata bising betul suaranya. Sebenarnya apa sih penyebabnya? jadi suara bising itu muncul karena sistem kompresi penguapannya sedang bekerja, biasanya kulkas yang mampu meredam suara bising cenderung tak bisa mempertahankan “dingin” makanan atau minuman dalam waktu yang lama. Banyak di luar sana yang menggunakan mesin berupa kompesor namun ada juga pendingin termoelektrik dari kipas yang secara getaran dan suara lebih halus, tetapi untuk performanya kompesor jauh lebih unggul.

Advertisement

4. Daya listrik juga harus kamu pertimbangkan. Kulkas mini tanpa freezer cenderung lebih hemat, tentu juga tergantung pemakaian maupun merek yang kamu pakai ya

Sesuaikan dengan daya listrik di tempatmu | Credit: Uatp12 via id.depositphotos.com

Buat kamu sering alami mati listrik tiba-tiba atau jeglek setiap mencolokkan kulkas kecil di rumah. Mungkin daya tak sesuai dengan listrik yang dipunya. Maka dari itu pentingnya perhatikan kulkas mini berapa watt penggunaannya. Sebagai informasi, kulkas kecil yang biasa dijual di pasaran memerlukan daya listrik sekitar 100-200 kWh. Ada juga kulkas kecil hemat listrik di bawah itu, namun kekurangannya fitur pasti lebih minim dibanding ukuran normal.

5. Lihat bagian tata ruang kompartemennya, muat untuk diletakkan botol ukuran 1 liter atau hanya mampu menampung botol kecil kalengan saja

Perhatikan bagian dalam kulkas kecil | Credit: Home Applician Gleek via homeappliancegeek.com

Sebelum membeli kulkas mini bar atau kulkas mini bekas dengan harga terjangkau, penting nih buatmu untuk selalu lihat bagian isi dalam kulkas mini. Untuk kamu yang biasanya menyimpan persedaiaan minuman atau bahan makanan kaleng untuk pastikan adakah ruang yang tersedia. Jika di rumah atau kosanmu justru sering gunakan botol yang berukuran 1 liter maka pastikan kulkas mampu menampung, biasanya terdapat pada sisi bagian dalam pintu kulkas.

6. Harga jadi poin yang krusial, beda kapasitas ukuran, merek, material yang digunakan maka beda juga uang yang harus kamu keluarkan

Kisaran harga kulkas kecil | Credit: Tokopedia via www.tokopedia.com

Rata-rata penjualan kulkas mini berkisar antara satu juta hingga tiga juta. Namun jangan berkecil hati, ada lo harga kulkas kecil di bawah Rp1 juta dengan fungsi yang nggak jauh berbeda. Dikumpulkan dari berbagai platform jual beli, umumnya harga kulkan mini kisaran tersebut bisa digunakan untuk meletakkan produk skincare atau botol kecil hingga berukuran sedang. Kamu bisa mendapatkan kulkas portable yang memiliki kapasitas 6 liter dan cukup pas untuk meletakkan buah atau sayuran sekalipun dengan harga mulai dari Rp400 ribu hingga Rp1 juta.

7. Jika ke-enam cara di atas sudah kamu ikuti, kini penting ketahui apa saja hal yang harus dihindari supaya kulkas mini di rumah awet dan nggak cepat rusak

Perawatan kulkas supaya awet | Credit: goodhousekeeping via www.goodhousekeeping.com

Setelah membersihkan kulkan jangan langsung letakkan makanan ke dalamnya tunggu dulu usai 1 jam sampai suhu di dalamnya stabil dan kembali dingin. Pastikan pintu kulkas tertutup rapat setelah digunakan untuk mencegah kebocoran udara. Hindari meletakkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas, alasannya bahan tersebut bisa cepat basi atau terjadi perubahan drastis pada temperature mesin pendingin. Terakhir jangan sering membuka-tutup kulkas sebab bepengaruh pada tagihan daya listrikmu.

Itulah deretan tips yang perlu kamu ketahui sebelum membeli kulkas kecil, semua tentunya kembali lagi pada kebutuhan dan budget yang kamu punya, ya. Semoga informasinya membantu!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE