Tips Agar Timbangan Aman Pas Makan All You Can Eat. Perhatikan Nutrisi

Boleh kok makan all you can eat pas diet, tapi tetap perhatikan nutrisinya ya~

Saat ini restoran buffet sedang menjadi primadona di kota-kota besar. Mereka berlomba untuk menyediakan menu makanan all you can eat. Di restoran yang biasa disebut AYCE itu, kamu bisa bebas makan sepuasnya dengan harga yang beragam sesuai dengan paket dan jenis daging yang dipilih.

Advertisement

Terkadang, kehadiran konsep restoran all you can eat ini dijadikan sebagai ‘aji mumpung’ oleh pengunjung untuk mengambil jenis makanan apa saja mulai dari menu utama, camilan, hingga dessert. Hal ini tentu membuat pengunjung kalap makan tanpa memperhatikan kalori. Bagi kamu yang lagi diet, kamu tetap bisa kok untuk makan all you can eat bersama teman-temanmu, tetapi perhatikan tips berikut, ya.

1. Jangan terlalu banyak karbohidrat

Di restoran all you can eat, terdapat banyak pilihan jenis makanan yang mengandung karbohidrat, seperti kentagm sereal, sushi, pasta, dan roti. Untuk itu, cukup ambil satu jenis karbohidrat saja sebagai sumber energi. Misalnya, jika kamu sudaha meletakkan kentang dalam piringmu, maka jangan tergiur untuk mengambil sushi juga.

2. Pilihlah makanan yang rendah kalori seperti sayuran

Biar jumlah kalori yang masuk dalam tubuhmu itu tidak terlalu banyak, kamu bisa memilih sayuran sebagai bagian dari menu makanan yang akan kamu santap. Sayuran dinilai tidak memiliki jumlah kalori yang begitu tinggi.

Advertisement

3. Mulailah menyantap sup terlebih dahulu untuk mengurangi masuknya kalori lain

Sup sayuran sebagai hidangan pembuka

Sup sayuran sebagai hidangan pembuka | Foto oleh form PxHere via pxhere.com

Saking banyaknya pilihan menu yang disajikan, mata kita sering kalap untuk mengambilnya kemudian memanggangnya. Biar nggak kalap, kamu bisa menyantap semangkuk sup sebagai makanan pembuka.

4. Seimbangkan nutrisi makananmu

Banyak orang yang cenderung mengambil makanan yang disukainya ketika mempunyai kesempatan makan all you can eat. Padahal, ini bisa memungkinkan tubuh mengalami ketidakseimbangan gizi. Terlalu banyak makan daging juga tidak baik bagi tubuh. Jadi, untuk mengimbanginya, kamu bisa menambahkan dengan telur sebagai sumber protein, sayur sebagai sumber serat, dan buah sebagai makanan penutup sekaligus sumber vitamin.

5. Pilih daging yang lebih mahal untuk dinikmati terlebih dahulu

Daging wagyu

Daging wagyu | Creadit: Piqsels via www.piqsels.com

Kalau kamu makan di restoran all you can eat, pilihlah daging wagyu buat kamu nikmati terlebih dahulu sebab daging wagyu mengandung omega 3 dan omega 6 yang bagus untuk kesehatan jantung. Lebih sehat, bukan?

Advertisement

6. Kunyah secara perlahan

Kunyah pelan-pelan biar nggak bikin penumpukan kalori dan lemak

Kunyah pelan-pelan biar nggak bikin penumpukan kalori dan lemak | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via www.pexels.com

Durasi. Ya, setiap restoran all you can eat tentu memberikan durasi makan untuk mengunjungnya. Biasanya sekitar 90 menit saja. Benar-benar waktu yang singkat, belum lagi kalau pan pemanggangnya sudah agak lama jadi butuh waktu untuk memanaskannya, sehingga mau tidak mau kamu akan tergesa dan bergegas untuk mengambil makanan dan mencicipi semua makanan biar tidak rugi.

Padahal, makan dengan cepat dan tergesa-gesa justru bisa menyebabkan obesitas sebab tekstur makanan yang tak dikunyah hingga lembut akan sulit dicerna tubuh. Hal ini membuat kalori dan lemak yang masuk akan lama terurai. Jadi, kunyah secara perlahan, ya.

7. Jangan makan gorengan ketika kamu makan di restoran AYCE

Skip dulu makan gorengannya

Terkadang sebagian restoran all you can eat menyediakan gorengan sebagai salah satu menu nya. Kalori gorengan yang cukup tinggi tentu bisa menambah berat badan yang dapat menggagalkan program dietmu. Jadi, skip dulu aja deh makan gorengannya. Ganti dengan menu makanan lain yang lebih rendah kalori, ya, SoHip.

8. Minum air putih saja, lebih sehat

Selain memilih menu makanannya, kamu juga harus memerhatikan jenis minuman apa yang akan kamu pilih. Memang kebanyakan minuman yang tersedia mengandung gula yang tinggi serta soda. Jadi, buat kamu yang lagi diet, pilihan minuman yang paling cocok adalah air putih. Jika menu air putih tidak diletakkan pada booth minuman, kamu bisa memintanya kepada pelayan restoran dengan sopan.

9. Pilih jelly sebagai dessertmu

Jelly bisa dijadikan desert yang paling aman

Jelly bisa dijadikan desert yang paling aman | Foto oleh Cats Coming dari Pexels via www.pexels.com

Biar nggak sia-sia, kamu boleh memanfaatkan menu makan dessert-mu dengan memilih jelly. Jelly bisa membuat perutmu kenyang lebih lama.

Gimana pejuang diet, kamu tetap bisa makan all you can eat kok. Tetapi, tetap harus perhatikan nilai nutrisi dari makanan yang kamu santap. Jangan sampai kalap biar goals dietmu segera terealisasikan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE