5 Tips Membersihkan Botol Kaca. Noda Hilang, Botol Bersih Bersinar!

Percuma kalau yang kinclong cuma luarnya doang, padahal dalamnya masih banyak kotoran~

Botol kaca seringkali dikoleksi menjadi perabot rumah tangga, dapur, alat makan, hingga mempercantik ruangan sekalipun. Selain memberikan kesan elegan, botol kaca ternyata terbuat dari 100% bahan baku alami yang berkelanjutan dan dapat didaur ulang tanpa batas.

Advertisement

Meskipun demikian, ternyata membersihkan botol kaca terbilang susah-susah gampang. Maka dari itu, diperlukan keuletan dan kesabaran untuk menghilangkan noda yang menempel di botol kaca. Tentunya, noda yang masih tersisa akan mengurangi nilai keestetikan, bahkan bisa membahayakan kesehatan. Untuk menghilangkan noda membandel dan membuat botol kaca kembali bersih, yuk, ikuti tips berikut!

1. Gunakan campuran beras dan detergen untuk mengangkat kotoran

Kotoran yang tersisa di dalam botol kaca terkadang sulit untuk dijangkau. Maka dari itu, agar kotoran tersebut terangkat dengan sempurna, kamu bisa membersihkan botol kaca dengan campuran air hangat, detergen, dan beras.

Cara mengangkat kotoran dari botol kaca:

Advertisement
  1. Masukkan air hangat hingga 3/4 botol.
  2. Tambahkan sedikit deterjen dan 1 sdt beras.
  3. Tutup dan kocok botol hingga beras menjangkau seluruh permukaan botol. Jika botol kaca tipis, kocok secara perlahan agar tidak pecah.
  4. Setelah semua permukaan terjangkau, keluarkan campuran air, deterjen, dan beras.
  5. Bilas dengan air mengalir.

Setelah dibilas, jangan lupa keringkan botol kacanya. Botol kacamu akan bersih kembali tanpa sisa kotoran.

Advertisement

2. Gunakan cuka untuk menghilangkan kerak

Tidak hanya sisa kotoran saja yang merusak penampilan botol kaca. Kerak yang membandel juga bisa merusak keindahan botol kaca. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan cuka. Kamu hanya perlu merendam botol di campuran cuka dan air hangat dengan perbandingan 1:1 selama semalaman.

Kamu bisa membuang air rendaman di keesokan paginya. Kemudian bersihkan botol dengan campuran beras dan detergen untuk hasil yang maksimal.

3. Gunakan jeruk nipis atau lemon, tidak hanya bersih saja, bau tak sedap juga hilang

Irisan jeruk yang direndam di dalam botol kaca | Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels via www.pexels.com

Jeruk nipis atau lemon bisa membantu untuk membersihkan botol kaca. Selain bersih, aroma tak sedap pada botol kaca akan terganti dengan aroma segar dari jeruk nipis atau lemon, SoHip.

Cara membersihkan dan menghilangkan bau tak sedap dari botol kaca:

  1. Isi botol dengan air hangat hingga 3/4 botol
  2. Tambahkan air jeruk nipis atau lemon beserta irisannya ke dalam botol yang sudah terisi air hangat.
  3. Tutup botol dan kocok hingga beberapa menit.
  4. Simpan botol di lemari es selama semalaman.

Setelah semalaman, kamu bisa membuang cairan tersebut kemudian lanjut dengan mencuci dan membersihkan botol menggunakan sabun dan air mengalir. Dipastikan aroma segar akan tercium dari botol kacamu.

4. Gunakan baking soda untuk membersihkan botol kaca yang kusam

Baking soda untuk membersihkan botol kaca | credit: flickr via www.flickr.com

Permasalah lain selain noda, kerak, dan bau tak sedap adalah kusam. Untuk membersihkan botol kaca yang kusam, kamu bisa menggunakan baking soda saja. Cukup mudah kan? Hanya satu bahan saja. Caranya pun juga mudah, kamu hanya perlu merendam botol kaca pada larutan baking soda dan air hangat. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air mengalir. Agar hasilnya bersih mengilap, kamu dapat membersihkan kembali dengan air hangat.

5. Sterilkan botol dan jar kaca agar terbebas dari kuman dan bakteri

Saking kecilnya partikel kuman dan bakteri, kita tidak dapat mengetahui di mana dia menempel. Nah, untuk memastikan agar botol dan jar kaca milikmu benar-benar terbebas dari kuman dan bakteri, kamu dapat mensterilkannya dengan cairan sterilisasi yang bisa dibeli di apotek terdekat.

Kamu juga bisa melakukan sterilisasi sendiri dengan cara merebus botol dan jar kaca di dalam air mendidih. Cara ini bisa kamu lakukan ketika kamu tak sempat membeli cairan sterilisasi. Namun, kamu juga harus tetap berhati-hati ya, sebab bahan kaca itu mudah pecah.

Menurutmu cara mana yang lebih mudah untuk membersihkan botol kaca agar kembali bersih bersinar seperti baru? Apa pun caranya, semoga itu yang paling cocok buat kamu. Pastikan juga untuk mengeringkan botol kaca sebelum digunakan kembali atau disimpan, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...