Jalan kaki adalah aktivitas ringan yang dapat kamu lakukan sehari-hari. Nyaris tanpa peralatan ribet, jalan kaki merupakan aktivitas olahraga yang gampang banget kamu lakukan tanpa dibatasi waktu, tempat dan situasi. Ya misalnya kamu di kantor, kamu bisa banget berjalan bolak balik pantry untuk buang kalori dan menggerakan tubuh kan?

Dilansir dari laman Popsugar,  sebuah studi di Medicine and Science in Sport and Exercise menemukan bahwa berjalan dapat mengurangi tingkat risiko penyakit kronis dan memberikan dampak terbesar bagi kesehatan masyarakat, karena tak hanya mudah aktivitas ini juga gratis alias murah. Berikut Hipwee akan bahas 5 trik berjalan kaki yang bisa bikin kamu lebih sehat, segar dan punya berat badan ideal.

1. Jalan kaki tiap hari jadi salah satu trik super jitu untuk raih berat badan yang lebih ideal. Jangan Senin-Kamis doang ya

Pakai sepatu lari yang nyaman biar kakinya nggak sakit via www.pexels.com

Advertisement

Berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari secara konsisten akan memberikan dampak yang lebih besar ketimbang hanya jalan kaki sekali seminggu. Eh, ini nggak termasuk jalan kaki dari kamar ke dapur saja lo, ya!

2. Berjalan kaki di tempat-tempat yang lebih menantang dan nggak rata akan membuatmu mengeluarkan kalori ekstra

Andai belakang rumah langsung menghadap pantai begini via www.popsugar.com

Berjalan di tempat yang nggak rata seperti perbukitan, pasir dan rumput dapat meningkatkan kinerja maksimal jantung dewasa sampai 75% di atas rata-rata dan masuk dalam moderate-intensity zone olah fisik.

3. Tahu nggak sih, kalau memberikan interval pada aktivitas jalan kaki dapat meningkatkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori

Jalan kaki yuk! via unsplash.com

Menambahkan interval kecepatan berjalan pada aktivitas jalan kaki akan meningkatkan detak jantung yang berimbas pada pembakaran kalori lebih banyak. Faktanya nih menurut riset yang diunggah di Journal of Obesity menemukan bahwa interval intensitas tinggi seperti misalnya 8 detik percepatan, diikuti 12 detik pemulihan berulang-ulang sampai total 20 menit jalan kaki akan memberikan pembakaran kalori abdominal lebih signifikan.

4. Menggabungkan gerakan lain yang melibatkan lengan dan lutut selama berjalan akan memberikan dampak yang jauh lebih efektif daripada sekadar jalan kaki doang

Mulai besok yuk! via unsplash.com

Advertisement

Gerakan tambahan yang ringan seperti melompat-lompat atau mengangkat lengan akan memberikan dampak lebih pada jalan kaki. Coba saja kombinasikan aktivitas jalan kaki dengan olah tubuh ringan untuk memperkuat otot-otot tubuh-mu.

5. Stop jajan makanan kurang sehat selama melakukan jalan kaki. Ya kali mau kurus, kalau tiap jalan pagi, di tengah-tengah jalan tiba-tiba melipir ke lapak abang bakso dulu, hehe

Jangan jajan yang manis-manis, neguk air putih aja! via www.popsugar.com

Godaan jajan bakal lebih tinggi saat kamu kelelahan dan penuh dengan keringat. Tapi ingat, percuma dong buang kalori dan lemak berlebih kalau masih suka jajan nggak sehat?

Aktivitas jalan kaki bisa jadi alternatif olah fisik menyehatkan yang murah meriah dan nggak butuh alat khusus sehingga bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja. Nggak perlu nge-gym kalau niatnya hanya untuk mengurangi berat badan berlebih dan menjaga tubuh tetap fit sesibuk-sibuknya kamu. Yang penting ya tekad kuat dan semangat untuk menjalaninya tiap hari. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya