Hingga kini, sudah banyak jenis diet yang menjanjikan hasil timbangan berat badan yang ideal. Mulai dari diet nggak makan karbo, diet tanpa garam, hingga diet-diet lain dengan aturannya masing-masing. Tapi sebenarnya, ada satu hal penting yang nggak kalah penting dan jadi salah satu faktor kesuksesan dietmu. Faktor psikologi. Iya, diet juga bisa berhasil kalau diselingi dengan penerapan psikologi yang tepat.

Melansir dari beberapa sumber, berikut Hipwee Tips paparkan trik psikologi yang bisa membantu keberhasilan dietmu.

1. Pelajarilah rasa lapar yang menderamu, kemudian bedakan apakah itu lapar beneran atau palsu

pelajari laparmu via www.healthline.com

Advertisement

Sebenarnya merasa lapar itu wajar, mengingat kita hanya makan pada jam-jam tertentu saja. Tapi kalau rasa laparmu datang diiringi dengan keinginan untuk makan makanan tertentu, mending diabaikan saja, karena ini merupakan lapar palsu.

2. Kalau kamu dihampiri rasa lapar palsu, coba cium-cium aroma pisang saja

cium pisang via www.asianscientist.com

Memang terdengar nggak masuk akal, namun mencium aroma makanan seperti pisang, mint, dan apel bisa menghilangkan rasa lapar dalam otakmu. Bahkan 3000 orang menyebut bahwa hal remeh ini benar-benar bisa berhasil pada mereka, melansir laman Bright Side.

3. Kamu yang lagi diet, makan sendiri merupakan pilihan terbaik

makan sendiri via www.elitedaily.com

Makan bersama-sama bisa membuat seseorang mengonsumsi makanan lebih banyak. Ini terjadi karena kamu menghabiskan banyak waktu di meja makan. Di samping itu, kebanyakan orang merasa nggak sadar telah menghabiskan seberapa banyak makanan sembari mengobrol saat makan bersama. 

4. Sesekali cobalah makan sambil menghadap ke cermin

makan sambil menghadap cermin via www.mysuperfruits.co.uk

Advertisement

Memang terdengar konyol, tapi melihat diri sendiri makan bisa mengurangi porsi hingga sepertiganya lo! Selain itu, cara ini juga bisa membuat makanan jadi lebih enak. Apalagi kalau hanya fokus pada makanan saja.

5. Saat membuat makanan manis, gunakan sedikit gula dan sajikan di atas piring putih

pakai piring putih via journal.sociolla.com

Warna piring ternyata dapat memengaruhi persepsi kita terhadap makanan. Dalam sebuah studi, dessert stroberi yang sama dinilai 10 persen lebih manis ketika disajikan dengan piring putih daripada menggunakan piring hitam. Jadi, meskipun camilan yang kamu buat nggak semanis biasanya, kamu bisa mengakalinya dengan disajikan pakai piring putih.

6. Selain warna putih, kamu juga bisa mengaplikasikan warna biru pada dekorasi ruang makanmu

dekorasi biru via www.everdesi.co.in

Nggak cuma piring, kamu pun bisa mengaplikasikan warna biru di tembok ruang makan, taplak meja, atau serbet makanmu. Warna biru bisa membuatmu lebih tenang dan nyaman ketika makan, jadi kamu pun akan mudah merasa kenyang. 

7. Anggaplah olahraga sebagai kegiatan yang fun supaya kamu nggak mudah lelah ketika melakukannya

olahraga dengan teman via www.stocksy.com

Pilihlah olahraga yang benar-benar kamu sukai agar nggak merasa terbebani. Alih-alih melakukannya sendiri, kamu bisa mengajak beberapa temanmu untuk berolahraga bersama supaya makin asyik dan bikin nggak cepat capek.

Meski terkesan sepele, namun trik-trik psikologi ini terbukti ampuh untuk bantu program diet dan turunkan berat badanmu lo! Bahkan kamu yang mulanya nggak suka berolahraga pun jadi semangat berkat pemilihan olahraga yang tepat. Wah, sukses diet dan susutkan berat badan nih!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya