7 Metode Diet Air Putih ini Ampuh Turunkan Angka Timbangan. Murah dan Mudah Banget Dilakukan

Diet air putih

Angka timbangan terus naik sementara kamu malas diet atau olahraga? Pakai metode minum air putih saja!

Advertisement

Di samping manfaatnya untuk menjaga kestabilan cairan dalam tubuh, konsumsi air minum juga membantu membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme, bahkan saat tubuh sedang nggak beraktivitas fisik atau saat beristirahat. Nah, jika metabolisme ini berlangsung konstan, maka berat badanmu pun akan susut perlahan. Nah, agar minum air putih ini bisa membantu menyusutkan angka timbanganmu, kamu perlu minum air putih di waktu-waktu yang tepat.

Mengatur waktu minum bukan berarti kamu hanya boleh minum pada saat-saat tertentu. Tapi, kamu harus meminum air putih dalam jangka waktu yang terukur, bukannya minum berlebihan pada satu waktu saja atau diet air putih tanpa makan apapun. Berikut diet air putih yang benar untuk diterapkan demi mengurangi berat badan.

1. Minumlah satu atau dua gelas air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Akan lebih efektif kalau kamu minumnya air hangat

minum air putih hangat | credit: IgorVetushko via id.depositphotos.com

Saat tidur, tubuh akan melakukan tugasnya meregenerasi sel-sel dan membuang racun-racun. Proses ini tentunya membutuhkan energi yang juga didapatkan dari cairan tubuh. Sehingga saat kamu bangun, tubuh mengalami dehidrasi berapa pun banyaknya konsumsi air putih di hari sebelumnya. Makanya, kamu harus banget mengisi ulang tubuhmu dengan cairan saat bangun dari tidur. Nah, saat mengganti air putih biasa dengan air hangat, proses pembuangan racun lewat diet air putih hangat ini akan berkali lipat lebih efektif dan lebih cepat.

Advertisement

2. Satu gelas air putih sebelum mandi untuk mengatur tekanan darah

segelas sebelum mandi | credit: patrick.daxenbichler via id.depositphotos.com

Kehangatan air putih yang masuk ke tubuh setelah bangun tidur yang dikombinasikan dengan air putih sesaat sebelum mandi berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh. Ketika keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh terjaga, maka tekanan darah pun akan terkontrol dengan baik. Salah satu cara diet air putih dalam 1 minggu ini baiknya rutin dilakukan agar hasilnya maksimal.

3. Bantu pencernaan bekerja lebih baik dengan minum segelas air putih 30 menit sebelum makan

segelas sebelum makan | credit: Gulsen_Ozcan via id.depositphotos.com

Minum segelas air putih 30 menit sebelum makan nggak hanya membantu menyiapkan organ pencernaan, tapi juga menekan nafsu makan agar kamu terhindar dari makan berlebihan. Pastikan kamu memberi jeda yang cukup ya. Sementara itu, minum air putih selama kamu makan justru bisa melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya bekerja kurang efektif. Baiknya beri jeda untuk minum setelah makan agar nutrisi dari makanan bisa terserap sempurna.

Tapi bukan berarti diet air putih langsing dalam 2 minggu itu bisa terbukti, ya. Tergantung pola makan dan gaya hidupmu juga.

Advertisement

4. Minum satu hingga dua gelas ketika tubuhmu sedang lelah atau butuh konsentrasi

Saat butuh konsentrasi | credit: IgorVetushko via id.depositphotos.com

Lebih dari 70 persen dari setiap fungsi dalam tubuh, termasuk otak dan sistem saraf, tergantung pada cairan yang ada dalam tubuhmu. Kekurangan air pada otak nggak hanya bisa menyebabkan kelelahan, tapi juga menyebabkan kabut otak, kehilangan fokus, ingatan, sakit kepala, masalah tidur, marah, depresi, dan banyak lagi. Diet air putih seminggu mewajibkan kamu untuk minum satu atau dua gelas air saat kelelahan agar otak bisa bekerja lebih baik.

5. Minum lebih banyak air sebelum dan setelah olahraga untuk menghindari dehidrasi dan membuat tubuh lebih berstamina

setelah olahraga | credit: Goodluz via id.depositphotos.com

Minumlah paling nggak 2 gelas pada 30 menit hingga 1 jam sebelum olahraga untuk memberikan energi pada tubuh dan membuatmu siap berolahraga. Minum selama olahraga juga nggak masalah, tapi jangan dalam jumlah banyak secara sekaligus. Kamu bisa minum 2-3 teguk setiap istirahat 15 menit. Jika olahraganya ringan dan nggak terlalu berkeringat, kamu bisa meneguk air setiap 20 menit sekali.

Nah, sambil meregangkan otot, minumlah air untuk mengembalikan energi yang terkuras usai olahraga untuk membuang asam laktat dalam tubuh, juga mencegah kram otot. Tapi ingat, diet air putih 7 hari ini bukan berarti minum berlebihan, ya!

6. Minum lebih banyak lagi saat tubuh sedang nggak fit, sakit atau sedang dalam masa pemulihan

saat lagi nggak fit | credit: IgorVetushko via id.depositphotos.com

Ketika sakit, sistem kekebalan tubuh harus bekerja ekstra keras untuk melawan penyakit dan menghalau virus atau bakteri. Sementara itu, tubuh juga kehilangan banyak nutrisi karena berkeringat atau menurunnya selera makan. Minum lebih banyak saat sakit akan memberikan asupan cairan dalam tubuh yang akan membantu kinerja tubuh untuk menghalau bakteri atau virus penyebab sakit dan mempercepat pemulihan.

7. Minum segelas air pada 1-2 jam sebelum tidur untuk membantu proses regenerasi tubuh saat tidur

sebelum tidur | credit: stokkete via id.depositphotos.com

Minum segelas air putih sebelum tidur akan mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktivitas sepanjang hari. Selain itu, minum segelas air putih sebelum tidur juga membantu mencukupkan cairan yang dibutuhkan tubuh untuk proses regenerasi dan membuang racun-racun. Ingat, beri jeda agar tubuh punya waktu untuk menyaring cairan dan sempat membuangnya lewat urine sebelum kamu tidur. Jangan minum terlalu banyak atau tidurmu bakal terganggu karena keinginan untuk buang air kecil yang besar.

Salah satu keuntungan dari metode minum air putih di waktu-waktu tertentu sebagai pendukung penurunan berat badan adalah kemudahan untuk melakukannya di tengah padatnya aktivitas dan kemalasan. Hanya saja, perlu diingat bahwa untuk bisa mewujudkan penurunan berat badan dengan lebih cepat, harus disertai perubahan gaya hidup dan pilihan makanan yang lebih sehat. Jadi, kalau ada pertanyaan, “diet air putih turun berapa kilo?” nggak bisa dijadikan patokan, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...