6 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Ngantuk saat Puasa, Hidup Produktif!

cara menghilangkan ngantuk saat puasa

Tidur menjadi aktivitas alternatif dibanding mengobrol saat puasa. Selain nggak mengurangi pahala, energi yang kamu miliki bisa tersimpan dengan baik. Tapi jangan keseringan tidur juga, karena itu bisa mengurangi tenagamu dalam aktivitas lainnya. Meski rasa kantuk menyelimuti, ada baiknya kamu harus memahami cara menghilangkan ngantuk saat puasa, ya, supaya tidak menghalangi aktivitas lainnya, seperti bekerja, sekolah, dan lain-lain.

Saat berasa kantuk di bulan puasa, godaan untuk terlelap pun sangat tinggi. Akan tetapi, saat terlelap otomatis pekerjaan kita akan berantakan. Hal tersebut berpotensi membuat atasan menegur kita. Nah, untuk menghindari hal tersebut, di bawah ini Hipwee telah merangkum cara yang tepat, nih, untuk menghilangkan ngantuk saat puasa. Penasaran? Yuk, simak bersama-sama!

1. Saat puasa kamu punya waktu lebih untuk evaluasi diri. Jangan lewatkan kesempatan ini memperbaiki diri ke arah yang lebih baik

cara menghilangkan ngantuk saat puasa

Merenung toh tak ada salahnya | Photo by rayyaninstitute.com

Waktu berlebih yang kamu miliki saat bulan puasa sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya aja dengan mengevaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Sayang banget, lho, kalau kamu sampai melewatkannya karena bulan penuh berkah ini kamu alami cuma setahun sekali aja. Yuk, perbanyak evaluasi diri agar keimananmu semakin meningkat.

2. Meski puasa nggak boleh ngomongin orang, tapi boleh dong follow akun lucu-lucu. Biar dapat hiburan dan inspirasi

Kepo akun kocak aja ah~ | Photo by hipwee.com

Pernah nggak sih kamu lihat orang di jalan sambil megang ponsel dan ketawa sendiri? Yang begini nih nggak ada salahnya kamu ikuti di bulan Ramadhan. Untuk menghilangkan rasa ngantuk saat puasa, cara yang cukup ampuh adalah mem-follow akun-akun kocak. Setiap melihat posting-annya, pasti kamu akan terbahak-bahak. Lumayan lho kamu jadi nggak ngantuk dan lemas lagi karena lihat timeline akun-akun lucu yang kamu follow. Kan lumayan nggak cepat bosan dan punya inspirasi.

3. Buat kamu yang jam kerjanya lebih singkat atau lagi libur semesteran, pasti punya waktu luang lebih untuk bersantai.

cara menghilangkan ngantuk saat puasa

Bisa streaming asik sebentaran | Photo by diariodecaracas.com

Nah, bisa diisi dengan nonton film nih, asalkan bukan yang mellow bikin makin ngantuk. Biasanya jam kerja di bulan Ramadhan dikurangi oleh beberapa kantor, kamu pun jadi punya waktu lebih untuk bersantai. Demikian pula kalau kamu masih kuliah karena biasanya mahasiswa lagi liburan semesteran nih.

Untuk itu, kamu yang mau menonton film saat bulan puasa sah-sah aja kok, tapi jangan yang mellow juga ya. Karena film-film mellow malah bikin kamu yang tadinya nggak bawa perasaan (baper), malah jadi demikian. Apalagi nonton film yang penuh drama menyedihkan itu bikin kamu semakin ngantuk lho.

4. Kalau ngantuk lagi menghantuimu, langsung aja cuci muka biar wajah segar.

Segar tiap saat! | Photo by hellobacsi.com

Rasa kantuk memang sulit dihadapi. Makanya, nggak heran kalau kamu sering banget menguap saat beraktivitas. Tapi keseringan menguap juga bikin kamu nggak enak sama orang-orang sekitar lho. Oleh karena itu, cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa ngantuk saat puasa adalah cuci muka. Ketika mulut sudah menguap dan kantuk sudah tak tertahankan, segera pergi ke kamar mandi dan cuci mukamu hingga segar. Apalagi kalau membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Khasiatnya nggak hanya bikin lembap wajah kamu aja, tapi juga kesehatan kulit terjaga dengan baik.

5. Karena ngantuk nggak terlepas dari menguap, nggak mau dong bau mulut mengganggu orang sekitar? Makanya sikat gigi itu perlu!

cara menghilangkan kantuk saat puasa

Biar ga pingsan pas kena bau surga | Photo by www.longridgedental.com

Kamu sudah bersusah payah untuk menahan kantuk, tapi tetap saja menguap. Saat ini terjadi, biasanya mulutmu akan mengeluarkan aroma tersendiri. Apalagi selama belasan jam mulutmu kering karena kurangnya cairan yang masuk ke tubuh.

Agar orang-orang di sekitarmu jauh dari kata kecewa, setiap selesai sahur, buka puasa, dan sebelum tidur, kamu harus sikat gigi, ya. Selain menjaga kenyamanan kepada orang sekitar, sikat gigi juga membantu untuk menjaga kesehatan gigimu, lho, selama bulan puasa.

6. Nggak ada salahnya juga nih mempersiapkan menu berbuka. Biar kamu semangat menunggu azan magrib.

masak buka puasa | Photo by islampos.com

Menunggu saat berbuka selalu bikin kamu nggak sabar. Melihat jam malah semakin lama rasanya. Daripada jadi kesal sendiri dan bikin pahala puasa berkurang, coba yuk googling resep-resep sampai meramu bahan-bahan masakanya. Dijamin deh waktu berjalan semakin cepat dan nggak bikin kamu rugi.

Melawan rasa kantuk saat puasa itu memang sulit. Makanya, kamu perlu melakukan 6 hal ini agar tidak terus-terusan pengin tidur.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis