Liburan sering datang namun bingung mau liburan ke mana? Buat kamu yang di Jakarta dan sekitarnya, pasti pengen ya liburan ke luar daerah. Nggak melulu ke Puncak atau Bandung doang. Destinasi yang cukup dekat dan mudah dijangkau dari Jakarta memang nggak banyak, salah satunya Belitung. Ada apa aja di sana?

Bicara tentang Belitung, masih ingat kah kamu dengan film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang sempat popoler di tahun 2008? Film yang menceritakan masa kecil dari Andrea Hirata yang berasal dari Belitong ini sempat mendapatkan Best Film di ajang Asia Pacific Film Festival di tahun 2010. Cukup 1 jam dari Jakarta, kamu bisa terbang ke sana. Yuk intip 10 destinasi hits di Belitung!

1. Mengunjungi Danau Kaolin yang birunya mengalahkan langit ketika terik, cocok banget kalau kamu kesini menggunakan outfit berwarna putih atau biru. Biar cucok meong…

terik banget lho disini via www.instagram.com

Advertisement

Danau ini terbentuk karena bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan, kemudian mengalami proses alamiah hingga menghasilkan danau yang indahnya bukan main. Outfit yang cocok bakal bikin harimu di tempat ini bakal lebih seru. Selain itu, untuk berjaga-jaga baiknya kamu persiapkan topi atau kacamata ya, soalnya di sini panas banget!

2. Museum Kata Andrea Hirata, museum dengan keindahan warna yang colorful ini memiliki keunikan yang berbeda di setiap sudutnya. Buat kamu yang suka bosan OOTD dengan satu background saja, harus kesini!

Museum kata Andrea Hirata via hipwee.com

Museum ini berisikan sejarah perjalanan hidup Andrea Hirata, sang penulis Laskar Pelangi. Andrea juga selaku pemilik museum. Satu hal yang menarik dari museum ini dibandingkan museum lainnya adalah permainan warna di setiap sisi dinding yang menyegarkan mata pengunjung. Untuk masuk ke museum ini kamu cukup membayar 50 ribu. Kalau nggak mau masuk diluar aja sambil foto-foto pun boleh kok!

3. Melihat kapal-kapal yang berdatangan ke Pulau Lengkuas dari atas mercusuar, adalah sebuah hal yang menyejukkan mata!

pemandangan dari atas mercusuar via www.instagram.com

Dari atas sini kamu bisa melihat kapal-kapal yang berdatangan ke pulau ini, sekaligus bentangan keindahan alam berupa laut biru yang menyejukkan mata. Akan tetapi kamu harus menaiki mercusuar yang tingginya setara dengan 15 lantai dengan menggunakan anak tangga, nggak ada eskalator atau lift ya. Capek sih memang, tapi rasa lelah itu akan terbayar dengan keindahan pemandangannya. Nggak mau turun rasanya!

4. Kamu bisa mengunjungi wihara terbesar dan tertua di pulau Belitung, Wihara Dewi Kwan Im. Sebuah wujud toleransi antar umat beragama di Belitung

cakep ya via www.hipwee.com

Advertisement

Wihara yang digunakan umat Buddha bersembahyang ini bisa jadi destinasi yang bisa kamu kunjungi. Asalkan nggak mengganggu ya karena ada ruangan-ruangan yang tidak boleh asal dimasuki pengunjung. Oh iya, ada patung Dewi Kwan Im setinggi 12 meter yang letaknya di titik paling puncak wihara lho. Kamu juga bisa berfoto di sana.

5. Mendatangi replika sekolah yang sempat digunakan untuk shooting film Laskar Pelangi di tahun 2008, yap apalagi kalau bukan SD Muhammadiyah Gantong

sekolah laskar pelangi via www.instagram.com

Ini dia sekolah SD Muhammadiyah Gantong yang kamu lihat di film Laskar Pelangi 10 tahun yang lalu. Film ini  sempat diputar dalam Festival Film ASEAN (AFF) lho di tahun 2008. Sekolah ini tidak dikunci dan dibiarkan terbuka agar pengunjung dapat berfoto di dalam ruangan kelas. Kamu bisa duduk di kursi Bu Mus atau pun kursi Ikal, Mahar, Lintang dan kawan-kawan. Meskipun hanya sekedar replika saja karena sekolah yang sama didirikan di tempat lain, tetapi replika ini sama persis dengan aslinya kok.

6. Menikmati semilir angin sore hari sekaligus melihat proses tenggelamnya matahari di Pulau Batu Belayar bersama pacar ataupun sahabat, bahagianya lengkap banget sih

batunya besar-besar ya via jagamineproject.wordpress.com

Disebut pulau Batu Berlayar karena batunya berdiri seakan-akan kapal yang sedang membentangkan layar. Pulau kecil dengan batuan granit ini hanya bisa dikunjungi ketika air laut sedang surut. Maka dari itu biasanya wisatawan datang ke sini menjelang sore hari. Nah sebelum sore hari, siangnya kamu bisa mengunjungi pulau-pulau lain di Belitung dan menjadikan Pulau Batu Berlayar sebagai penutup hari yang indah sambil melihat sunset.

7. Menyeruput kopi di kota dengan julukan ‘1000 warung kopi’ adalah hal yang nggak boleh kamu lewatkan. Kunjungi Kedai Kopi Kong Djie, kedai kopi pertama di Belitung!

unik ya proses pembuatan kopinya via www.instagram.com

Ketika mengunjungi kota yang dijuluki ‘kota 1001 warung kopi’ pastinya kamu harus mencoba ngopi di sini dong. Warung kopi pertama di Belitung adalah Kedai Kopi Kong Djie yang berdiri pada tahun 1943. Di daerah ini masih mempertahankan proses pembuatan kopi dengan menggunakan ceret tinggi yang berisi biang kopi arabika dan robusta yang dicampur dengan resep rahasia. Duh rasanya unik dan khas banget. Cobain deh kalau nggak percaya!

8. Bermain Wibit Floating Sea Waterpark di Pantai Jimbaran Belitung. Biarkan badanmu terpantul oleh permainan yang berada di tengah laut ini. Seru sekaligus memacu adrenalin!

wah awas jatuh ya via www.medcom.id

Kamu bisa menemukan arena permainan unik di atas air di Wibit Floating Sea Waterpark. Meskipun berada di laut, wisata ini aman kok karena lautan di sekitar Pulau Belitung memang bukan laut lepas. Selain itu kamu juga diberikan pelampung agar keselamatanmu makin terjamin ketika bermain di sini.

9. Berlarian dan bersenda gurau diatas lembutnya pasir putih Pantai Tanjung Kelayang. Kalau nggak malu kamu bisa juga guling-gulingan disini

pantai tanjung kelayang via www.instagram.com

Di pantai ini kamu bisa menikmati pantai yang indah serta mendaki batuan granit yang seolah terlihat seperti suatu kapal yang sedang terparkir di pinggir pantai. Tinggi dan besar-besar lho batunya. Pasir pantainya juga selain berwarna putih, lembut banget di kaki kaya pelukan mantan waktu pertama kali nyatain cinta. Duh, nggak pengen pulang deh kalau main di sini!

10. Manjakan matamu dengan keindahan Pantai Tanjung Tinggi, air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan. Teduh banget deh rasanya

pantai tanjung tinggi via www.lensabelitungtrip.com

Pantai ini pernah dijadikan tempat syuting film Laskar Pelangi. Kecantikan pemandangannya lah yang menjadi daya tarik. Pasir putih dengan air laut yang berwarna hijau tosca kebiruan, bikin mata teduh banget rasanya. Seperti halnya pantai di Belitung, di sini juga terdapat tumpukan bebatuan granit yang berada di sekitar pantai.

Seru ‘kan liburan ke Belitung? Yuk segera agendakan ke sana bersama sahabat atau kekasih kamu. Jomblo jangan datang sendirian ya, ntar baper. Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya