11 Destinasi Wisata Sumatera Barat, Sajikan Pemandangan yang Rupawan

Destinasi wisata Sumbar

Provinsi Sumatera Barat memang rupawan. Wilayahnya membentang dari pesisir barat Sumatera bagian tengah yang menghadap langsung ke Samudera, sampai ke kawasan dataran tinggi di Bukit Barisan. Ditambah lagi, kepulauan nan eksotis yang berada di lepas pantainya. Itulah mengapa, Tanah Minangkabau ini kaya dengan dengan pesona wisata yang lengkap dan tiada duanya.

Advertisement

Nah, biar kamu makin mantap untuk menjelajahi keelokan provinsi yang beribukota di Padang ini, Hipwee akan mengajak kamu menelusuri destinasi wisatanya yang menarik satu per satu.

1. Jam Gadang di Bukittinggi

Destinasi wisata Sumbar

Jam Gadang, Bukittinggi via itineraryku.blogspot.com

Saat mengunjungi kota Bukittinggi, wajib hukumnya untuk berfoto dengan Jam Gadang. Menara jam peninggalan Belanda ini adalah marka tanah yang ikonik di Bukittinggi, bahkan di Sumatera Barat. Konon, mesin mekanik yang digunakan untuk menggerakkan Jam Gadang ini hanya dibuat dua unit; yang satunya dipasang di menara Big Ben di London.

Ada lagi yang unik dari menara jam setinggi 26 meter. Angka romawi yang menunjukkan angka empat ditulis tidak dengan “IV” melainkan dengan “IIII” yang gak lazim. Wah, ternyata pembuatnya bisa typo juga, ya? Makanya, foto dengan latar Jam Gadang pasti bisa menjadi oleh-oleh spesial untuk di bawa pulang.

Advertisement

2. Janjang Koto Gadang, Bukittinggi

destinasi wisata Sumbar

Janjang Koto Gadang via rudysalam18.blogspot.com

Kalau kamu ingin menikmati rasanya menyusuri Great Wall, gak perlulah jauh-jauh ke negeri Tiongkok. Di Bukittinggi ada kok, namanya Janjang Koto Gadang. Objek wisata yang terbilang baru ini membentang di Ngarai Sianok sepanjang 1 Km dan menghubungkan kabupaten Bukittinggi dan kabupaten Agam.

Bersiaplah menyusuri tembok batu dengan jembatan dan anak tangga yang berkelok-kelok. Dari sini, kamu bisa menikmati panorama Ngarai Sianok yang luar biasa.

3. Danau Maninjau

destinasi wisata Sumbar

Pemandangan Danau Maninjau dari Puncak Lawang via balqismuthiah.blogspot.com

Advertisement

Saat ke Agam, mampirlah ke kecamatan Tanjung Raya yang berjarak 27 Km dari Lubuk Basung, ibukota kabupaten Agam. Disana kamu akan menemukan panorama dari danau Maninjau, danau terluas ke-11 di Nusantara dan terluas kedua di Sumbar. Di tepi danau, kamu bisa menikmati pemandangan danau yang dikelilingi pegunungan sembari menyantap makanan khas Maninjau seperti palai rinuak dan pensi.

Jika ingin menikmati indahnya danau Maninjau dari ketinggian, datanglah ke puncak Lawang, kawasan perbukitan yang mengelilingi Danau Maninjau. Di kawasan penghasil tebu ini, udara sejuk akan menemani kamu menikmati panorama danau Maninjau yang memukau.

4. Batang Palupuh

destinasi wisata Sumbar

Batang Palupuh via www.de-sumatra.com

Di kabupaten Agam, kamu juga bisa mengunjungi “taman bunga” yang unik. Ya, cagar alam Batang Palupuh adalah tempat perlindungan bagi spesies flora Rafflesia arnoldi. Datanglah kemari sekitar bulan November, saat bunga raksasa yang menakjubkan ini mekar setelah setahun.

Masa mekarnya memang tak lama, hanya sekitar satu minggu. Makanya, pengalaman melihat mekarnya Rafflesia dengan mata kepala sendiri menjadi sebuah pengalaman yang tak tergantikan. Usai menikmati bunga yang bau tapi menakjubkan ini, kamu bisa mencicipi kopi Luwak yang diolah dari kotoran luwak liar, jadi rasanya dijamin lebih enak dibanding luwak yang ditangkarkan dan dipaksa makan kopi.

5. Istana Pagaruyung

destinasi wisata Sumbar

Istano Basa Pagaruyuang via vacation-star.blogspot.com

Istana Pagaruyung atau dalam bahasa Minang Istano Basa Pagaruyuang, adalah istana Kerajaan Pagaruyung yang menjadi ikon sejarah kebudayaan Minang. Bangunan berarsitektur khas ini memang bukan bangunan asli, melainkan replika yang sempat terbakar habis sampai dua kali, pada tahun 1840 dan 2007.

Sambangi istana ini untuk mengenal budaya Minang lebih dalam. Letaknya di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Megahnya istana Pagaruyung bisa kamu lihat dan rasakan dari dekat.

6. Danau Singkarak

destinasi wisata Sumbar

Danau Singkarak via aeronusantara.blogspot.com

Danau Singkarak adalah danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Dengan bentangan mencapai 23 Km dari kabupaten Tanah Datar sampai ke Solok, kamu takkan sanggup memandang keseluruhan danau dari satu titik saja. Cobalah menyusuri danau dengan perahu dan nikmati keindahannya. Selain menikmati panorama yang menakjubkan, kamu juga bisa mencoba menyantap ikan bilih, ikan mirip teri yang cuma hidup di danau ini.

7. Danau Kembar

destinasi wisata Sumbar

Danau Kembar di Solok via ikanpintar.blogspot.com

Sumatera Barat memang punya sejumlah danau yang menarik. Selain Danau Singkarak dan Maninjau, ada pula sepasang danau kembar yang letaknya bersebelahan dan hanya dipisahkan daratan sepanjang 300 meter. Namanya pun cukup unik. Danau yang berada di sisi selatan bernama Danau Diateh atau Danau Diatas, sementara yang sebelahnya bernama Danau Dibawah.

Airnya yang tenang akan membantumu merilekskan pikiran. Apalagi, pantulan mentari di permukaan danau saat senja tiba bikin kamu sulit melupakan tempat ini.

8. Gunung Kerinci

destinasi wisata Sumbar

Gunung Kerinci via nindihong.wordpress.com

Gunung Kerinci tampak menyangga langit di Sumatera Barat. Gunung yang puncaknya bertengger di ketinggian 3.805 mdpl ini merupakan puncak tertinggi di Sumatera. Tentunya, banyak pendaki yang gatal untuk menjamahi puncaknya.

Di Sumbar, kamu bisa memulai pendakian dari Padang atau Lubuklinggau. perlu waktu dua hari untuk sampai di puncaknya. Dari puncak Kerinci, kamu bisa melihat panorama kota-kota di sekitarnya, Gunung Tujuh, sampai Samudera Hindia di kejauhan.

9. Pantai Aie Manih

destinasi wisata Sumbar

Pantai Aie Manih via empimuslion.wordpress.com

Kamu pasti pernah dengar legenda Malin Kundang, dong? Legenda ini bercerita tentang seorang pemuda yang dikutuk ibunya menjadi batu karena durhaka. Konon, legenda itu terjadi di Pantai Aie Manih atau Air Manis. Bertandang ke pantai di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang ini, kamu bisa menemukan batu Malin Kundang yang bentuknya menyerupai orang bersimpuh.

Selain ketemu Malin Kundang, nikmati juga suasana pantai Air Manis yang menawan. Kalau mau, kamu juga bisa berselancar atau menyewa perahu untuk berkeliling Pulau Pisang Kecil yang berjarak 200 meter dari bibir pantai.

10. Pulau Cubadak

destinasi wisata Sumbar

Pulau Cubadak via www.pasirpantai.com

Pulau Cubadak adalah salah satu tempat wisata yang mendunia. Bahkan, tempat ini lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dibanding wisatawan lokal. Keindahan panoramanya memang gak diragukan lagi, sampai-sampai tempat ini dijuluki the Paradise of South. Dengan pantainya yang elok dan bersih, pulau ini memang pantas disebut surga.

Untuk menuju ke pulau ini, kamu bisa menyeberang dari pelabuhan Carocok Tarusan yang bisa ditempuh selama 1,5 jam dari kota Padang. Gak cuma menikmati pantai yang indah, kamu juga bisa melakukan kegiatan snorkeling, canoeing, maupun hiking ke atas bukit untuk melihat keindahan pulau ini dari ketinggian.

11. Kepulauan Mentawai

destinasi wisata Sumbar

Suku Mentawai via 01islands.org

Kepulauan Mentawai adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat yang sudah tersohor sebagai destinasi wisata petualangan, wisata budaya, dan wisata bahari. Ada empat pulau yang membentuk Kepulauan Mentawai yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan.

Dengan sejumlah destinasi wisata yang oke punya, banyak banget yang bisa kamu lakukan di kepulauan ini. Kegiatan yang paling diminati adalah berselancar, karena Mentawai punya ombak-ombak sempurna yang menarik peselancar lokal maupun internasional. Kamu juga bisa bercengkerama dengan suku Mentawai yang unik dan meresapi kearifan lokal mereka. Kalau berani, kamu juga bisa mencoba bikin tato khas Mentawai, lho.

Tentu saja, ini hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak destinasi wisata yagn dimiliki Sumatera Barat. Masih banyak lagi tempat-tempat menarik lainnya yang sebaiknya kamu eksplorasi sendiri. Apakah tempat wisata favoritmu belum tercantum di sini? Bantu Hipwee dong memberitahukannya ke pembaca lain lewat kolom komentar.

Apakah kamu tertarik untuk mengikuti jalan-jalan lewat virtual tour selama masa new normal ini? Kasih tahu pendapatmu di sini

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pengagum senja dan penggubah lamunan menjadi kata. Doyan makan pisang goreng di sela-sela waktunya.

CLOSE