Memenangkan kuis yang hadiahnya puluhan juta rupiah ditambah liburan ke destinasi favorit yang terkenal mahal tentu menjadi impian setiap orang. Bermodal keuletan, ikutan kuis dan jadi juara bisa lho kamu capai. Tapi tentunya syarat jadi juara nggak cuma itu aja.

Seperti kisah keempat pemenang MLDSPOT Content Hunt Season 2. Laurentius Edo Julianto, Giffi Yohanes, Rizky Julian Permana, dan Teguh Tri Erdyan yang telah menjadi pemenang dari empat kategori inspiring MLDSPOT Content Hunt Season 2 ini ternyata punya cara jitu supaya bisa menjadi juara. Mereka pun sudah menerima hadiah berupa luxury trip ke Raja Ampat sekaligus uang tunai masing-masing Rp25 juta, lho. Penasaran kayak gimana? Yuk, kepoin tipsnya!

1. Dengan video yang sederhana namun padat informasi, Rizky Julian memenangkan kategori #InspiringPeople untuk videonya yang mengangkat seniman seni rupa kontemporer dengan karakter unik

Inspiring People via www.mldspot.com

Rizky Julian berhasil memenangkan kategori #InspiringPeople lewat video sederhananya. Pria 31 tahun yang berprofesi sebagai freelance video editor ini mengangkat seniman seni rupa kontemporer yaitu Uji Handoko Eko Saputro (Hahan) karena dianggap memiliki karakter yang unik.

Menurut Rizky, karya-karya Hahan dipengaruhi oleh budaya anak muda dan komik, yang karakternya dikembangkan menjadi metafora. Karakter satir pun dibuatnya untuk menyuarakan permasalahan secara halus. Meski berdurasi sebentar, konten yang ingin disampaikan dalam video sudah lengkap, lho. Nggak cuma karya-karya Hahan, tapi juga profil dan juga kontribusinya terhadap dunia seni rupa. Karya-karyanya sangat menginspirasi seniman-seniman muda lainnya.

View this post on Instagram

A post shared by UKJNX (@ukiejunx) on

2. Memenangkan kategori #InspiringCommunities, Teguh Tri Erdyan memilih caption yang cukup emosional karena berangkat dari pengalaman sendiri

Inspiring Communities via www.mldspot.com

Dalam caption-nya, Teguh mengatakan bahwa komunitas Indonesian Art Toys ini membantu dia untuk bikin mainan yang nggak gampang. Maklum, mau beli mainan zaman sekarang harganya makin mahal saja, alhasil Teguh coba mencari komunitas yang membantunya untuk dapat ilmu baru untuk membuat mainan. Pria berusia 27 tahun yang berprofesi sebagai desainer buku di sebuah perusahaan penerbit di Jakarta ini memang ingin sharing ke masyarakat luas tentang komunitas Indonesian Art Toys yang menurutnya sangat inspiring.

Menceritakan sesuatu memang akan lebih mudah bila berangkat dari pengalaman sendiri. Sisi emosional ini membuat bercerita lebih mudah, dan yang membaca pun bisa merasakan feel-nya. Serhingga pesan pun mudah tersampaikan. Nah, kalau kamu ingin ikut kompetisi serupa, bisa lho ikutin trik dari Teguh ini.

View this post on Instagram

A post shared by teguh erdyan (@teguherdyan) on

3. Pilih produk yang unik dan berguna dari bahan-bahan paling sederhana bisa menunjukkan tingginya kreativitas, salah satunya Giffi Yohanes yang memenangkan #InspiringProducts

Inspiring Products via www.mldspot.com

Memanfaatkan barang-barang sederhana menjadi produk keren mengantarkan Giffi Yohanes memenangkan kategori #InspiringProducts. Pria 23 tahun yang sibuk dalam usaha Garage Engine ini kerap menyulap partisi-partisi mobil yang sudah nggak dipakai lagi menjadi barang-barang home and living yang unik. Lewat MLDSPOT Content Hunt Season 2, Giffi Yohanes sekaligus memperkenalkan usahanya yaitu Garage Engine kepada masyarakat luas. Seru banget deh lihat berbagai item products yang ada di Garage Engine.

Kamu bisa nih meneladani Giffi dengan menciptakan produk-produk baru yang keren dan berguna dari bahan-bahan yang super sederhana bahkan “bekas”. Dari sini daya kreatifmu akan sangat terlihat. Karena kreasi tidak selalu mensyaratkan tentang ide besar dengan biaya besar.

View this post on Instagram

A post shared by GARAGE ENGINE (@garage.engine) on

4. Untuk #InspiringPlaces, pilih tempat-tempat yang “tidak jauh” tapi punya keindahan super. Apalagi kalau ada janji “low bujet” seperti karya Laurentius Edo Julianto

Inspiring Places via www.mldspot.com

Momen jalan-jalan bareng teman, keluarga, atau liburan sendirian nggak perlu ke tempat jauh yang bikin habiskan isi dompet. Kamu bisa ikutin tips dari Laurentius Edo Julianto yang pilih tempat-tempat low budget untuk liburannya. Walau low budget, tempat-tempat ini punya keindahan super yang bikin kamu betah di sana terus.

Menurut pria berusia 25 tahun yang berprofesi sebagai videographer untuk konten media sosial ini, kebanyakan orang hanya mengetahui destinasi yang cukup costly, tapi sebenarnya ada destinasi yang low-budget yang keren dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Karena itu, Laurentinus mengangka video singkat yang berisi perjalanannya ke destinasi low budget di Jawa dan Bali.

View this post on Instagram

A post shared by Laurentius Edo (@laurentiusedo) on

MLDSPOT Content Hunt Season 2 adalah sebuah gerakan mengajak anak muda Indonesia berbagi karya dan cerita inspiratif melalui empat kategori konten. Empat kategori konten itu antara lain inspiring people, products, places and communities untuk memberikan inspirasi dan semangat anak-anak muda di Indonesia agar terus berkarya, serta membanggakan Indonesia baik di dalam maupun luar negeri.

Karya dari empat pemenang ini telah melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh empat juri masing-masing kategori MLDSPOT Content Hunt Season 2. Ada William Utomo Co-Founder dari IDN Times untuk kategori #InspiringPeople, Didi Diarsa Founder Kayuh Wooden Bike sebagai juri kategori #InspiringProducts, Marischka Prudence untuk kategori #InspiringPlaces, dan Founder ‘Generasi 90an’ Marchella FP sebagai juri kategori #InspiringCommunities.

Bisa jalan-jalan gratis dan dapatkan uang puluhan juta Rupiah memang selalu dinanti. Kamu bisa ikuti tips-tips dari empat pemenang MLDSPOT Content Hunt Season 2 yang bermanfaat banget untuk diterapkan di kompetisi selanjutnya. Atau kamu juga bisa kepoin info seputar inspiring lifestyle lainnya di website mldspot.com.  ~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya