5 Destinasi Wisata untuk Pencinta Buku di Bandung yang Bikin Betah Berlama-lama

Bandung selalu punya daya tarik wisata yang membuat siapa saja ingin kembali ke Kota Kembang ini. Wisata Bandung pun cukup beragam, mulai dari wisata rekreasi, museum, sejarah, budaya, dan kesenian bisa kamu kunjungi. Selain itu, bagi kamu yang gemar membaca, wisata buku di Bandung juga nggak boleh dilewatkan, loh.

Advertisement

Wisata bagi pencinta buku di Bandung cukup beragam, mulai dari pasar, ruang baca, hingga kafe yang berkonsep rumah baca pun ada. Berikut ini Hipwee Travel kasih rekomendasi destinasi wisata untuk pencinta buku di Bandung yang layak kamu kunjungi, yuk simak ulasannya!

1. Palasari Lodaya, pasar buku murah di Bandung yang jadi surga bagi para pencinta buku-buku murah

wisata buku di bandung

Kios buku di Palasari | Commons Wikimedia Lee ankw

Layaknya pasar buku, di Palasari banyak sekali kios-kios buku yang menyediakan berbagai jenis bacaan. Jika kamu pencinta buku, maka kamu bisa kalap jika berkunjung ke Palasari. Sebab, harga buku disini lebih murah daripada di toko-toko. Bahkan, kamu juga bisa mencari buku bekas yang saat ini sudah langka.

Meski harganya cukup murah, tapi kamu juga bisa mendapat buku yang berkualitas di sini. Pasar buku yang beralamat di Jalan Palasari ini buka setiap hari, ya. Jam operasionalnya mulai jam 8 pagi sudah banyak kios yang buka, sampai jam 6 sore.

Advertisement

2. Microlibrary Bandung yang punya desain unik, mungil, tapi sudah menyabet penghargaan bergensi tingkat dunia

tempat baca buku di bandung

Bangunan unik Microlibrary | Foto Instagram @microlibrary.bdg

Bandung punya perpustakan unik nih, SoHip. Selain memiliki bentuk yang nggak biasa, perpustakaan mini ini juga didesain ramah lingkungan. Microlibrary Bandung dibuat dari dua ribu ember plastik bekas es krim yang digunakan untuk menyusun fasad bangunan sebagai pencahayaan alami. Ember-ember tersebut disusun dengan kode biner yang jika diterjemahkan maka akan menunjukkan kalimat “buku adalah jendela dunia”.

Perpustakaan yang beralamat di Jalan Bima, 103, Arjuna, Kota Bandung ini didesain oleh Florian Heinzelmann dan Daliana Suryawinata dari SHAU Architecture & Urbanism. Sesuai namanya, Microlibrary hanya memiliki luas 159,8m2 saja, loh. Meski cukup mungil, perpustakaan ini telah memenangkan Penghargaan Komunitas Arsitektur Dunia pada 2016 dan Penghargaan Architizer A+ pada tahun 2017.

Advertisement

Menariknya, Mircrolibrary nggak hanya jadi taman baca, tapi juga jadi pusat kegiatan sosial masyarakat dan bekerja sama dengan komunitas lingkungan. wajib masuk list wisata buku di Bandung nih!

3. Reading Light Bookshop and Coffee menawarkan ruang baca yang homey, mirip perpustakaan tapi bisa sambil pesan kopi

wisata buku di bandung

Suang baca dan beli buku sambil ngopi di RL | Foto dari Tripadvisor

Reading Light atau biasa disebut RL ini termasuk ruang baca sekaligus kafe legendaris di Bandung. Berdiri sejak tahun 2012 di mana saat itu coffeshop kekinian belum menjamur seperti sekarang. Selain bisa pinjam buku, RL juga menyediakan buku untuk dijual.

Suasana homey bisa kamu rasakan saat memasuki ruang baca yang beralamat di Jalan Siliwangi, Hegarmanah, Cidadap, Bandung ini. Rak-rak buku kayu, layaknya perpustakaan, dan beberapa set kursi kayu seperti di ruang tamu membuatmu seperti sedang berkunjung ke rumah teman untuk numpang ngopi sambil pinjam buku.

Buat kamu pencinta buku langka, RL adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Di sini punya koleksi buku super langka seperti edisi pertama novel In Blood karya Truman Capote, majalah Punch Megazine 1881, hingga komik-komik Walt Disney edisi pertama. Buku-buku baru yang populer juga banyak, loh. Bahkan, kamu juga bisa ikut book club yang dibentuk RL. Silakan bekunjung setiap Selasa-Minggu jam 10 pagi sampai 9 malam, ya.

4. Kineruku, rumah buku dengan suasana hangat untuk menikmati bacaan dan musik-musik indie

wisata buku di bandung

Suasana hangat di Kineruku | Foto dari Instagram @kineruku

Jika kamu mencari rumah buku dengan nuansa klasik, Kineriku bisa jadi pilihan yang tepat. Saat memasuki bangunan Kineruku, kamu akan merasakan nuansa yang berbeda dari rumah buku biasanya. Barisan rak buku yang tertata rapi, dihiasi rak-rak CD musisi indie, ditambah botol-botol limun antik yang berjajar rapi di meja. Kesan hangat akan kamu rasakan ketika tiba di ruang utama Kineruku.

Di rumah baca yang beralamat di Jalan Hegarmanah, 52, Kota Bandung ini, selain kamu bisa meminjam buku, juga disediakan buku-buku untuk dijual. Kamu bisa menikmati beberapa sudut Kineruku yang aestetic, dan nyaman untuk sekadar baca buku sendirian atau sekalian kongkow bareng teman. Kamu juga bisa pesan makanan dan minuman untuk menemani obrolan seputar buku di sini. Jam bukanya mulai 11:30 sampai 17:30 setiap Selasa-Minggu, ya.

5. Nimna Book Cafe, destinasi wisata Bandung untuk pencinta buku dan kopi

tempat baca buku di bandung

Ngopi cantik sambil baca buku di Nimna | Foto dari Instagram @nimnabookcafe

Buat kamu yang suka nongkrong sambil ngopi tapi book friendly, Nimna Book Cafe bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Kafe ini memadukan kedai kopi kekinian dengan perpustakaan yang ramah segala usia. Kamu juga bisa memilih sudut-sudut kafe yang instagramable untuk menikmati secangkir kopi susu sembari membaca buku. Sungguh perpaduan yang sempurna, kan?

Apalagi di Nimna Book Cafe juga menyediakan berbagai makanan khas nusantara dan western yang akan membuatmu semakin betah. Nimna book Cafe bisa kamu kunjungi di alamat Jalan Sukahaji, 126, Sukarasa, Sukasari, Bandung. Bukanya jam 9 pagi sampai 9 malam, tapi tiap Selasa tutup, ya.

Nah, itulah 5 wisata buku di Bandung yang cocok untuk refresing, belanja, atau sekadar ngopi sembari baca buku. Wisata ini juga bisa jadi cara menikmati Bandung yang lebih berkesan. Mana yang paling ingin kamu kunjungi, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE