Rencana jalan-jalan ke luar negeri sering jadi wacana belaka. Direncakan terus tanpa ada kepastian. Dengan alasan mahal, ujung-ujungnya tiap tahun cuma liburan ke luar kota doang. Padahal traveling low budget ke luar negeri kayak Australia juga bisa. Deket banget dari Indonesia!

Dibanding Eropa, Australia kerap jadi pilihan traveler Indonesia buat merasakan ala-ala liburan di benua biru sana. Nah kalau kamu mau ke Australia, kota seperti Adelaide bisa jadi tujuan. Kamu bisa eksplor kota Adelaide dan jelajahi berbagai spot asik yang disuguhkan di sana. Penasaran? Simak tujuh tempat asik di Australia yang sesuai dengan tema traveling low budget kamu itu.

1. Di Adelaide Central Market, kamu bisa berinteraksi dengan warga lokal sambil puas belanja makanan atau nongkrong seru

Central market
Foto oleh South Australia Tourism Commission

Advertisement

Salah satu hal yang kita pengen saat jalan-jalan adalah cobain hidup di sana layaknya warga lokal. Karena itu Adelaide Central Market wajib kamu kunjungi biar bisa lihat keseruan warga lokal tiap hari. Mulai dari belanja makanan segar seperti beragam buah-buahan dan sayuran, daging, makanan laut, keju, roti, maupun camilan dan makanan sehat. Seru lho ~

2. Cobain keseruan renang bareng lumba-lumba di pantai Adelaide. Asyik banget sih!

Temptation Sailing
Foto oleh South Australia Tourism Commission

“Kapan lagi kamu bisa ngerasain serunya renang bareng lumba-lumba?”

Cukup berkendara sektar 20 menit dari kota Adelaide, kamu bisa asik berenang bareng lumba-luma. Coba deh main ke Temptation Sailing yang menawarkan pelayaran pribadi dan ekspedisi berenang lumba-lumba di sepanjang garis pantai Australia Selatan. Liburanmu bakal berasa spesial!

3. Kapan lagi naik trem bersejarah yang ditarik kuda? Di The Fleurieu Peninsula ini ada lho!

Wah asik nih via 123rf.com

Advertisement

Di Victor harbor yang berlokasi di kawasan The Fleurieu Peninsula ini, ada trem bersejarah yang ditarik kuda lo. Trem ini melintasi Causeway ke Pulau Granit dan asal kamu tahu saja sudah mulai beroperasi sejak 1894. Hingga sekarang, trem ini merupakan satu dari dua yang tersisa di dunia yang beroperasi tiap hari. Ketika kamu sampai di Pulai Granit, Oceanic Victor menawarkan pengalaman unik seperti berenang bareng tuna (Ferraris of the Sea). Nggak cuma itu, kamu juga dapat ikuti tur penguin saat senja sambil menjelajahi habitat alami mereka.

4. Buat yang pengen banget lihat ikan paus berenang bebas, ada di sepanjang pantai antara Victor Harbor dan Goolwa nih

Paus~ via pixabay.com

Menikmati alam liar di kawasan pantai bisa kamu dapatkan dengan melihat ikan paus berenang bebas. Misalnya di sepanjang pantai antara Victor Harbor dan Goolwa di wilayah Semenanjung Fleurieu dari Mei hingga Oktober. Untuk itu, kamu bisa ikutan dengan The Big Duck Boat Tours di Victor Harbor yang mengangkut maksimal 24 penumpang. Kapal penjelajah ini bikin kamu lebih dekat dengan anjing laut, lumba-lumba, burung laut, dan ikan paus di perahu karet besar.

5. Belum sah ke Australia kalau nggak mampir ke Pulau Kanguru!

Kanguru~ via 123rf.com

“Ke Australia tapi nggak liat Kanguru? Sama aja bohong tuh~”

Nah salah satu tempat asik buat liat Kanguru ya di Pulau Kanguru. Di sana, kamu bebas berinteraksi karena hewan-hewan di sana nggak di letakkan di dalam kandang. Akan ada pemandu yang mengajarkanmu tentang singa laut Australia. Selain itu, ada juga Taman Nasional Flinders Chase yang merupakan hutan belantara terjal dan menampilkan landmark ikonik seperti Remarkable Rocks dan Admirals Arch!

6. Siapa sangka kalau Australia memiliki keajaiban alam di Mount Gambier yang berlokasi di wilayah Pantai Limestone?

Blue Lake
Foto oleh South Australia Tourism Commission

Jangan sepelekan pemandangan alam Australia. Karena negara ini memiliki pesona alam yang begitu menakjubkan di Mount Gambier di wilayah Pantai Limestone. Ada Blue Lake yang mengubah warna biru cerah selama musim panas. Tak hanya itu, ada juga Umpherston Sinkhole yang dikenal sebagai The Sunken Garden ini dulunya sebuah yang gua dan terbentuk melalui pembubaran batu kapur. Kamu wajib ke sana supaya tahu pesona asli Mount Gambier dan Umpherston Sinkhole.

Jalan-jalan ke Australia nggak perlu mikir dua kali. Karena banyak tempat-tempat seru di kota Adelaide apapun tema traveling kamu. Kamu bisa terbang dengan “World’s Best Airline” tahun 2018 versi SKYTRAX, Singapore Airlines. Sejak tanggal 17 Desember 2018 kemarin, Singapore Airlines mengoperasikan pesawat baru yaitu A350-900 MEDIUM HAUL AIRCRAFT.

Tempat duduk nyaman

Pesawat baru ini pastinya menyiapkan penerbangan yang lebih nyaman dengan badan pesawat yang lebih lebar, langit-langit yang tinggi, dan jendela yang lebih besar. Misalnya di business class, kamu akan dapat kursi yang lebar dan nyaman yang bisa direbahkan sampai 76 derajat dan sandaran lengan yang fleksibel. Lalu di economy class, kamu akan mendapat kursi dengan bantalan sandaran tulang punggung yang argonomis sekaligus fleksibel dengan 6 arah sandaran yang memberikan kenyamanan berlebih. Baik kelas economy ataupun business, tersedia ruang penyimpanan yang luas untuk menaruh barang-barang pribadi.

Hiburan lengkap

Oh iya, penerbangan yang lama juga nggak bakal bosenin. Selain kamu bisa menikmati hidangan di pesawat yang dibuat dengan seksama oleh chef, kamu juga bisa menikmati hiburan yang dirancang dengan sistem dan fasilitas terbaru sehingga lebih nyaman. Kamu bisa menikmati lebih dari 1,800 pilihan film, program audio, acara TV dan games. Khusus anggota KrisFlyer bahkan bisa memilih list lagu sebelum penerbangan lewat aplikasi mobile SingaporeAir. Canggih banget kan? Soal wifi pun nggak perlu khawatir, siap menemanimu selama terbang!

Kapan mau jelajah Adelaide di Australia?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya