Bangunan seram di Indonesia.

Percaya nggak kalau Indonesia punya banyak bangunan seram? Bangunan-bangunan ini sukses bikin bulu kuduk merinding bagi siapapun yang lagi uji nyali di sana. Tanpa harus datang tengah malam pun, saat sinar matahari masih menyinari aura horornya tetap terasa. Beberapa bangunan kayak Menara Saidah, Mall Klender, dan Bandung Medical Center adalah beberapa di antaranya.

Cerita seram tentang bangunan-bangunan ini memang sudah ada sejak lama. Rumornya menyebar dari mulut ke mulut. Mulai dari kesaksian penjaga bangunan, yang pernah tinggal atau bekerja di sana, hingga orang-orang yang cuma numpang lewat tapi mendapat gangguan dari para makhluk halus. Simak ulasan horor tentang bangunan-bangunan seram berikut ini yang bikin kamu berpikir ratusan kali buat uji nyali di sana.

1. Mall Klender yang berlokasi di Jakarta Timur ini menjadi salah satu temat insiden 1998 silam. Arwah korban dipercaya masih banyak bergentayangan di sana

mall klender via www.pikiran-rakyat.com

Mall Klender adalah mall yang terkena amukan massa tragedi 1998. Peristiwa bersejarah yang sulit dilupakan masyarakat Indonesia ini memang menyisakan kepedihan mendalam. Banyak yang bilang kalau arwah para korban masih gentayangan di mall yang dulunya bernama Mall Yogya ini. Beredar cerita dari warga sekitar Klender di Jakarta Timur kalau seminggu setelah tragedi pembakaran mall yang memakan banyak korban, terdapat berbagai penampakan makhluk halus di sekitar sana. Ada suara minta tolong, sosok perempuan hamil yang badannya terbakar, dan ada anak kecil tengah malam yang bermain di jalan. Para supir angkot pun nggak ketngaan karena juga diganggu oleh para makhluk halus di sana.

2. Rumah sakit yang bernama Bandung Medical Center ini terbengkalai begitu saja, sehingga banyak cerita mistis bereda dari mulut ke mulut

Kalau tadi Jakarta, sekarang giliran Bandung yang juga punya kisah mistis. Adalah Bandung Medical Center yang merupakan bangunan rumah sakit tua peninggalan Belanda yang kini terbengkalai. Rumah sakit ini dibiarkan begitu saja karena saat renovasi dilakukan, pemiliknya meninggal dunia. Karena bangunan ini praktis nggak dipakai lagi, cerita-cerita horor pun mulai menyebar. Kalau kamu mau uji nyali, kamu bakal ditemani guide. Banyak pengunjung yang katanya melihat makhluk halus mulai dari hantu wanita sampai balita yang mencari ibunya. Tertarik untuk uji nyali di sana?

3. Gereja Gothic Sayidan di Jogjakarta ini sebenarnya bukan gereja. Dulu adalah hunian pribadi dan tempat untuk produksi pabrik, lalu ditinggalkan para pemiliknya

gereja gothic sayidan via www.koncoguru.com

Dari bangunannya banyak yang berpikir kalau bangunan gambar di atas adalah sebuah geraja. Padahal, bangunan megah yang berlokasi di Jogjakarta ini adalah tempat tinggal yang memang didesain unik seperti itu. Dibangun tahun 1979, Gereja Gothic Sayidan ini bukan cuma rumah hunian, tapi juga menjadi tempat produksi batik. Namun, karena pemiliknya meninggal dunia dan anak-anaknya pun pindah, akhirnya bangunan itu dibiarkan begitu saja. Karena itulah, landskap bangunan tua bergaya Eropa Gereja Gothic Sayidan ini mulai terasa horor. Tapi anehnya, banyak lho yang menjadikannya spot foto, karena tempatnya memang keren banget untuk dipajang di Instagram.

4. Sisa-sisa kemewahannya masih terasa. Tapi Rumah Hantu Darmo ini jadi bangunan terangker di Surabaya!

rumah hantu darmo via www.rumahberhantu.com

Nggak cuma di Jogjakarta, rumah pribadi yang juga terkenal dengan nuansa mistisnya juga ada di Surabaya. Bangunan megah bernama Rumah Hantu Darmo ini katanya merupakan rumah pribadi yang biasa digunakan untuk pesugihan oleh pemiliknya. Rumah ini pun akhirnya terbengkalai sejak pemiliknya dikabarkan meninggal di lautan. Berbagai penampakan aneh pun mulai bermunculan mulai dari sesosok perempuan berbaju putih sampai suara tangisan. Kalau diperbaiki pasti bakal jadi rumah megah sih. Jalanan depannya juga cukup ramai. Tapi kamu berani ke sana malam-malam?

5. Siapa yang nggak tahu keangkeran Lawang Sewu di Semarang? Yuk, berwisata sejarah sambil uji nyali di sana

Lawang Sewu via www.tabloidwisata.com

Bangunan peninggalan zaman Belanda memang kerap kali menyisakan kisah mistis. Semisal keangkaeran Lawang Sewu yang berada di Semarang. Bangunan yang dulunya merupakan kantor pemerintahan ini punya banyak penampakan-penampakan bagi orang di sekitarnya kayak kuntilanak. Apalagi pada bagian bawah bangunan yang dulu merupakan penjara bawah tanah dan banyak memakan korban.

6. Bekas Mess Arseto Solo ini pernah digunakan sebagai tempat gantung diri. Tuh, gimana nggak seram?

Mess Aresto Solo via joglosemar.co

Solo pun nggak mau ketinggalan. Ada bekas Mess Klub sepak bola Arseto yang sudah berdiri sejak 1977. Mess ini diberitakan oleh para warga cukup angker karena katanya pernah dipakai untuk gantung diri. Dari informasi yang beredar, dulu Mess ini ingin dijadikan sebagai lokasi uji nyali, namun nggak diizinkan dengna alasan keamanan peserta. Salah satu makhlu halus yang kerap bergentayangan adalah perempuan berbusana suster di tempat ini.

7. Ke malang cuma untuk wisata kuliner dan ke lokasi terkenalnya saja? Cobain sesekali mampir ke Wisma Tumapel biar tahu kamu itu aslinya pemberani atau nggak

Wisma Tumapel via situsbudaya.id

Malang memang menjadi salah satu kota sebagai destinasimu utuk jalan-jalan. Sambil liburan seru nggak ada salahnya kamu coba berkunjung ke Wisma Tumapel yang berlokasi di belakang Balai Kota Malang. Konon, bangunan yang pada zaman penjajahan merupakan hotel ini sempat digunakan sebagai wisma untuk mahasiswa UM. Bangunan khas Eropa ini sudah lama sekali nggak terurus, sehingga dikabarkan banyak makluk gaib yang tinggal di sana. Katanya sih, sosok Noni Belanda muncul di sepanjang lorong dan jendela wisma ini. Meski nggak terpakai selama 7 tahun, wisma Tumapel ini terbuka untuk umum lho. Banyak juga yang melakukan pemotretan di sini. Tapi kalau kamu berkunjung ke sini, dan ingin harimu tetap tenang tanpa gangguan, harus ekstra jaga sikap dan kata ya.

Entah kisah nyata atau berita simpang siur untuk menambah kehororan, Setiap bangunan yang dianggap seram pasti punya cerita tersendiri di baliknya. Sama seperti kisahnya Bacun dalam webseries persembahan Kanna Indonesia, Lembur Bacun. Di episode ke-6 ini, akhirnya terungkap alasan kenapa Bacun selalu “diganggu” saat lembur. Ternyata memang ada sesuatu di kantor Bacun, sebuah fakta tentang sahabat sejati Bacun saat lembur pun terkuak. Kira-kira setelah ini Bacun bakal nekad resign atau tetap bertahan ya? Yuk tonton episode terakhir “LEMBUR BACUN” di bawah ini~

Jadi, bangunan mana yang menurutmu paling seram dan kamu sanggup uji nyali?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya