Travelling di Indonesia emang paling asyik. Kita nggak perlu ribet ngurusin paspor dan visa, nggak perlu ribet karena perbedaan bahasa, dan pasti ada banyak pilihan destinasi wisata seperti wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Keindahan alam Indonesia pun telah diakui jadi salah satu yang terbaik di dunia lho!

Salah satu tempat menarik untuk destinasi wisata dalam negeri adalah Bintan, Kepulauan Riau. Kenapa? Bintan punya pemandangan alam yang bagus banget. Bintan ini jadi destinasi favorit untuk turis mancanegara karena dia punya pantai yang indah dan lokasi yang dekat dengan Singapura. Nah 7 destinasi menarik di Bintan bakal dibahas oleh Hipwee Travel kali ini. Yuk simak!

1. Pulau Penyengat, pulau kecil cantik di dekat Pulau Bintan. Nyebrang ke sana cuma butuh Rp. 7,000 saja

Masjid Agung Riau di Pulau Penyengat via atemalem.com

Advertisement

Pulau Penyengat adalah pulau kecil yang indah yang lokasinya sangat dekat dengan Pulau Bintan. Atraksi utama Pulau Penyengat adalah Masjid Sultan Riau yang cantik, yang dibangun dari putih telur dicampur kapur, pasir, dan tanah liat. Selain masjid, ada juga bangunan tua dan makam untuk berziarah. Kamu bisa mencapai Pulau Penyengat dengan naik kapal kecil yang disebut Pompong. Seorang cukup bayar Rp. 7,000 rupiah saja. Kamu bisa keliling Pulau Penyengat dengan jalan kaki, atau naik becak dengan membayar Rp. 25,000 per jam.

2. Vihara Patung Seribu dengan patung-patungnya yang banyak. Spot wajib untuk dapat foto bagus.

patung seribu di bintan via www.piknikdong.com

Vihara Patung Seribu atau Wajah Seribu sebenernya adalah tempat ibadah umat Budha. Nama aslinya adalah Vihara Ksitigarbha Bodhisattva Salah satu yang membuat tempat ini istimewa adalah adanya banyak patung dengan muka yang berbeda-beda, mirip dengan di Xi’an, Cina. Lokasinya ada di dataran tinggi, jadi cuacanya sejuk. Kata orang kalau belum swafoto di Vihara Patung Seribu, belum ke Tanjung Pinang namanya.

3. Pantai Trikora dan pasir putihnya. Semua orang yang pernah ke Bintan pasti pernah ke sini karena emang sebagus itu.

Pantai Trikora, Bintan via www.noniq.co

Semua orang yang pernah ke Bintan pasti pernah datang ke Pantai Trikora. Pantai pasir putih yang cantik banget ini udah jadi destinasi wajib kunjung di Bintan. Pantai Trikora punya batu-batu besar, seperti pantai di Belitung. Air lautnya sendiri cenderung tenang dan tidak berombak. Kamu juga bisa nongkrong di pinggir pantai di saung-saung yang disediakan oleh warga.

4. Gurun Pasir Bintan lengkap dengan binatang-binatangnya. Nggak perlu pergi ke Timur Tengah untun dapat foto di gurun.

gurun pasir di bintan via www.topwisata.info

Advertisement

Gurun Pasir Bintan sebenarnya adalah bekas tambang. Kontur tanah yang padat dan bergunung-gunung malah membuatnya mirip padang pasir di Timur Tengah. Warga pun memanfaatkan indahnya gurun pasir ini dengan memasang gambar hewan. Tentu saja untuk properti foto. Untuk berfoto dengan gambar binatang cukup bayar Rp. 5,000 aja kok. Berasa kaya foto di gurun beneran kan.

5. Kampung Nelayan Cina Senggarang punya beberapa klenteng yg menarik. Ada yg bangunannya menyatu dengan pohon beringin tua.

Kuil Pohon Beringin di Kampung Nelayan Cina Senggarang via www.pergidulu.com

Kampung Senggaran disebut kampung Cina karena mayoritas penduduknya adalah keturnan Tionghoa. Sebagian besar rumah mereka dibangun di atas air laut. Di kampung Senggaran ini ada beberapa klenteng yang menarik dikunjungi seperti klenteng pohon beringin yang bangunan lamanya ditopang oleh Pohon Beringin. Di bagian lain juga terdapat patung Guanyin tangan seribu berukuran raksasa dengan warna cerah. Bagus banget untuk objek foto.

6. Lagoi Bay dan atraksi wisata komplit. Nggak bakalan mati gaya deh kalo main di sini.

Lagoi Bay Bintan via www.pergidulu.com

Lagoi Bay ini semacam pusat hiburan untuk wisata Bintan. Semua hal menyenangkan ada di Lagoi Bay, mulai dari pantai pasir putih, aneka permainan air seperti jet ski, museum ilusi mata untuk foto-foto, hingga tempat makan enak dan murah. Di Lagoi Bay juga ada beberapa hotel bagus, jadi kamu bisa tinggal di area ini. Kayaknya sehari di sini juga kurang puas sih.

7. Safari Lagoi dan koleksi hewan unik mereka bikin liburan lebih berkesan. Keliling taman super luas ini cuma bisa jalan kaki.

Safari Lagoi di Bintan Resorts via www.pergidulu.com

Safari Lagoi ini seperti kebun binatang. Koleksi binatangnya juga unik, ada orang utan, gajah, bahkan buaya yang besarnya hingga 6 meter. Untuk keliling Safari Lagoi cuma bisa dengan jalan kaki. Siapin stamina dan alat pelindung diri dari panas seperti topi dan sepatu yang nyaman untuk jalan. Serunya, pengalaman jalan kaki di tengah taman penuh hewan ini jadi pengalaman tak terlupakan.

Untuk mencapai Bintan, kamu bisa menggunakan penerbangan langsung dari Jakarta. Kamu juga bisa menggunakan ferry dari Batam atau dari Singapura. Mengingat harga tiket pesawat domestik yang lagi meroket, pilihan ambil transportasi dari Singapura bisa ngakalin harga sedikit lebih murah lho. Jadi, kapan mau travelli g ke Bintan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya