Siapa yang nggak tahu Korea Selatan? Pasti semua orang pernah denger dan bahkan merasa dekat dengan negeri gingseng satu ini. Banyak orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk nonton berseri-seri K-drama, ada yang koleksi rekaman show artis k-pop kesayangan, juga ada yang tergila-gila dengan kosmetik asal Korea Selatan yang konon bisa membuat kulit cerah dan cemerlang setelah beberapa waktu pemakaian. Jangan-jangan, kamu salah satunya?

Kamu sendiri seberapa kenal dengan Korea Selatan? Udah pernah jalan-jalan ke Korea Selatan belum? Buktiin dong apa yang kamu lihat di K-drama itu sama nggak dengan kenyataannya di Korea Selatan sana. Apa iya kotanya secantik di video klip-nya Jenny Blackpink? Apa semua orang Korea semanis yang nampak di tayangan Youtube para Youtuber Korea itu? Daripada penasaran, mending jalan-jalan ke Korea Selatan yuk. Ada beberapa tips untuk liburan murah ke Korea Selatan ala Hipwee Travel nih. Simak baik-baik deh.

1. Beli tiket promo untuk liburan ke Korea Selatan. Kalau dapat tiket promo, harga tiket pesawat pulang pergi bisa separuh dari harga normal lho.

Tiket promo ke Korea Selatan via www.dinilint.com

Advertisement

Salah satu pengeluaran terbesar untuk travelling ke Korea Selatan adalah di tiket pesawat. Rata-rata harga tiket pesawat Jakarta – Seoul sekitar 6-8 jutaan pulang pergi. Tapi kalo kamu dapat tiket promo, kamu bisa dapat harga PP sampe 3 jutaan untuk tiket pesawat pulang pergi dari Indonesia ke Korea Selatan. Cek artikel Tips Mudah Untuk Dapat Tiket Promo Pesawat ala Hipwee Travel untuk cari tahu gimana cara dapat tiket promo.

2. Pilih menginap di hostel atau guest house. Biaya menginap di hostel atau guest house bisa jadi menghemat biaya sampe 50%.

Menginap di guest house bikin punya temen baru dari berbagai bangsa via www.dinilint.com

Biaya menginap di Seoul dan kota-kota lain di Korea Selatan cenderung lebih mahal kalau dibandingkan biaya menginap di negara-negara di Asia Tenggara. Daripada menginap di hotel, lebih baik kamu pilih menginap di hostel atau guest house. Kalau kamu pergi sendirian atau berdua, sebaiknya kamu pilih kamar dormitory. Kamar jenis ini cenderung lebih murah karena punya beberapa tempat tidur dalam satu kamar. Kamu cukup membayar per berapa orang yang menginap, bukan per berapa kamar. Dalam satu kamar dormitory bisa berisi 4-8 orang.

Tapi kalau kamu pergi berempat, kamu bisa pesan family room di hostel. Biasanya family room adalah kamar dengan kapasitas 4-5 orang. Kamu bisa juga pesan dormitory room dengan kapasitas 4 ranjang dalam satu kamar, dan kamu pesan 4 ranjang itu untuk satu rombonganmu. Biaya menginap di hostel mulai dari 20,000 won per malam per orang, atau kalau di rupiahin sekitar 200 ribuan rupiah.

3. Pilih lokasi strategis untuk tempat menginap. Hostel atau guest house yang dekat dengan stasiun kereta, halte, dan dekat dengan tempat jajan adalah pilihan wajib.

deket stasiun kereta dan tempat jajan via www.dinilint.com

Advertisement

Perhatiin lokasi tempat menginap saat kamu di Korea Selatan. Kalo di Seoul, Hipwee Travel lebih suka menginap di area Hongdae University. Untuk mencapai area Hongdae University, Hipwee Travel cuma butuh menggunakan satu airport train dari Incheon Airport. Jadi, nanti pas pulang, Hipwee Travel nggak perlu transit kereta dan waktu tempuhnya lebih efisien. Resiko ketinggalan pesawat berkurang banget gitu.

Di daerah Hongdae University juga banyak makanan murah, karena emang ini daerah universitas. Akses untuk pergi ke daerah lain juga gampang banget, karena ada banyak halte bus dan ada train station gedhe. Kalo males atau ngirit biaya transportasi, jalan-jalan di sekitaran Hongdae area juga seru. Ada banyak tukang jualan jajan yang enak dan murah, toko-toko lucu, dan cafe-cafe instagramable.

4. Manfaatin kereta dan bus umum untuk pergi keliling kota. Sistem transportasi di Korea Selatan udah bagus banget dan nggak bikin nyasar.

Nyoba taksi di Korea via www.dinilint.com

Sistem transportasi umum di Korea Selatan udah bagus banget. Pergi keliling kota menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta bawah tanah juga gampang banget. Saat kamu tiba di bandara, sebaiknya kamu mampir ke convenience store dan beli T-money. Satu kartu ini bisa digunakan untuk bayar kereta bawah tanah, bus, dan jajan di convenience store tersebut. Kalo habis, tinggal top up lagi di convenience store. Nantinya kamu tinggal tap T-money kamu, dan kamu bebas keliling kota naik bus dan kereta.

Kalau kamu pergi berempat dan kamu bepergian jarak dekat, kamu juga bisa memanfaatkan taksi. Kalau dihitung-hitung, biaya iuran berempat naik kereta sama dengan biaya naik taksi. Tapi kalo perginya sendirian, ya berarti biaya transportasimu membengkak empat kali lipat.

5. Makanan di Korea Selatan enak dan cenderung mirip dengan selera lidah Indonesia. Harga makanannya juga mulai dari 3,000 KRW.

Topokki yang murah meriah tapi bikin kenyang via www.dinilint.com

Makanan di Korea Selatan enak dan cenderung mirip dengan selera orang Indonesia. Ada banyak pilihan makanan yang bisa dicoba. Harga makanan berat seperti bibimbap (nasi dan lauk-pauk), jajangmyeoun (mi dengan kedelai hitam), atau nasi goreng ala Korea mulai dari 5,000 KRW. Kalau mau lebih murah lagi, bisa makan topokki atau kue beras yang dijajakan di pinggir jalan yang harganya sekitar 3,000 KRW. Bahannya yang berasal dari tepung beras membuat topokki jadi jajanan yang bikin kenyang.

Kamu juga bisa nyobain makan barbeque all you can eat ala Korea. Kalau makan di resto begini, sistemnya bayar satu harga per orang, untuk makan sepuasnya. Kamu akan mendapatkan banyak pilihan daging dan saus, ada juga aneka jenis sayuran yang bisa dipilih. Cara masaknya juga nggak melulu dibakar, ada yang bisa direbus di kuah kaldu juga. Bakalan kenyang banget deh kalau begini.

Kalau kamu makan di resto atau jajan di kaki lima di Korea Selatan, kamu nggak perlu pesen minum. Minuman air putih disediakan secara gratis, tapi kamu mesti ambil sendiri gelas dan teko airnya. Kalau kamu jajan di kaki lima, minumannya berupa kuah kaldu panas. Kalau jajan di kaki lima emang nggak ada yang jualan air mineral botol atau teh dalam botol macam jajan di kaki lima di Indonesia sih.

6. Sempatkan belanja kalau liburan ke Korea Selatan. Korea Selatan terkenal dengan fashionnya yang trendi dan surga kosmetik dan skin care.

Suasana belanja di salah satu pusat perbelanjaan di Seoul via www.dinilint.com

Korea Selatan adalah surga belanja, mulai dari kosmetik, baju, sampe ke makanan yang lucu-lucu. Kalo mau belanja baju, coba main ke area Garosugil di Seoul. Kamu bisa menemukan baju lucu dan trendi seharga seratus ribuan rupiah. Belum lagi ada macam-macam aksesoris lucu dengan harga sekitar dua puluh ribuan. Baju dan aksesoris trendi ini nggak cuma untuk cewek, cowok pun banyak yang bahagia belanja di Korea Selatan. Korsel punya selera fashion yang menarik dan nggak ada di tempat lain.

Di beberapa tempat di Seoul bahkan ada pusat perbelanjaan yang buka 24 jam demi memenuhi kebutuhan para turis yang sengaja liburan ke Korea Selatan untuk belanja. Saking seringnya turis asal Indonesia pergi belanja, di beberapa tempat ada petugas yang bisa berbahasa Indonesia untuk melayani pelanggan dari Indonesia. Istimewa kan.

7. Coba pakai KTX, kereta cepat Korea Selatan untuk pergi dari satu kota ke kota lain. Kalau beli tiket di luar Korea Selatan harganya lebih murah.

kereta KTX via www.skyscrapercity.com

Korea Selatan juga punya kereta super cepat macam Shinkansen-nya Jepang. Namanya KTX. Perusahaan kereta Korea Selatan, Korail juga menyediakan layanan tiket KTX untuk turis dari luar negeri. Pembeliannya bisa dilakukan di luar Korea Selatan. Harganya tentu lebih murah kalau dibandingkan beli tiket KTX di Korea Selatan.

Kalau kamu punya rencana mengunjungi beberapa kota di Korea Selatan, pilihan menggunakan KTX ini sangat menarik dan tentu saja menghemat banyak waktu. Tapi, kalau kamu cuma ingin jalan-jalan di satu kota aja, nggak perlu beli tiket KTX dari Indonesia.

Kalau dihitung secara kasar, biaya travelling di Korea Selatan selama 5 hari kira-kira butuh uang sekitar tiga jutaan rupiah saja. Ditambah tiket pesawat, kalau dapat tiket promo bisa 3 jutaan rupiah untuk pulang pergi. Kalau kamu nabung satu juta sebulan, tahun ini udah bisa travelling ke Korea Selatan. Simpen dulu deh tips liburan murah ke Korea Selatan ini. Kalau tabungannya udah terkumpul, kita liburan ke Korea Selatan yuk!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya