Event Hari Valentine di Dunia

Hari Kasih Sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari identik dengan merah muda, mawar merah, dan ungkapan-ungkapan kasih sayang, baik melalui ucapan, berbagai macam hadiah, bunga ataupun coklat. Sebenarnya Hari Valentine bukan merupakan hari besar, namun tradisi yang sudah tersebar lewat media massa dan perilaku anak muda akhirnya mematenkannya.

Akan tetapi, sebenarnya asalkan masih dalam porsi yang seharusnya, berbagi kasih sayang kepada sesama manusia nggak ada salahnya ‘kan? Kamu yang kebetulan memang sedang didera hasrat mencari hiburan di momen ini bisa  mendatangi festival-festival terkait lho. Atau setidaknya ya biar sekadar tahu saja. Yuk, simak ulasannya bersama Hipwee Travel.

Advertisement
  1. Jangan salah, tradisi Valentine juga ternyata marak di Afrika Selatan. Ini terkait dengan peninggalan budaya dari Romawi Kuno Lupercalia 

Kasih sayang afrika selatan via pages.rappler.com

Saat Hari Valentine, para wanita mengenakan pin hati yang bertuliskan nama pria yang mereka kagumi, Si pria pun akhirnya mengetahui siapa pengagum rahasia mereka. Jika dirasa cocok, si pria akan mengungkapkan kasih sayangnya.

2. Nggak harus Valentine, Hari Kasih Sayang di Brazil jatuh pada tanggal 12 Juni yang disebut “Lovers Day”

Selain bertukar kado dan coklat, sebuah festival musik juga diadakan di Brazil. Pertukaran kado pun tak hanya untuk kekasih, namun juga kerabat dan keluarga.

3. Nikah massal menjadi kultur acara perayaan Hari Valentine di Filipina

nikah massal

Advertisement

Perayaan Valentine di Filipina dirayakan dengan pernikahan massal dan dipimpin seorang pendeta, tercatat pada tahun 2012 sebanyak 2000 pasangan di Filipina menikah dalam perayaan ini.

4. Kenal Gaekkebkrev? Ini adalah perayaan tukar kartu pada Hari Valentine di Denmark

Gaekkebkrev via markinternational.info

Di hari itu, wanita di Denmark akan mendapatkan kartu yang berisi puisi atau gombalan yang disusun sekreatif mungkin dan di akhir surat akan diberi nama anonim. Jika si perempuan bisa menebak surat tersebut dari siapa, mereka berdua akan pergi kencan.

5. Finlandia sepertinya lebih asyik, pasalnya mereka merayakan 14 Februari tidak sebatas hari kasih sayang dengan pasangan asmara, melainkan dengan sahabat 

Friendship Day via pics.me.me

Namanya “Happy Friends Day”. Orang-orang Finlandia merayakan perayaan persahabatan, mereka saling bertukar kado dan ucapan kepada teman-teman, bukan kepada sang kekasih.

6. Indonesia juga punya Festival Melupakan Mantan yang dirayakan di Yogyakarta setiap tahunnya

Mengenang mantan via sociotraveler.com

Festival ini mulai dirayakan pada tahun 2015. Bukan sebatas bertukar coklat, Festival Melupakan Mantan mengusung konsep lebih unik dan kocak. Festival ini berlangsung untuk membesarkan hati para jomblo yang tak juga mampu melupakan mantan kekasihnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya