Mungkin banyak yang belum tahu kalau Kota Purwokerto adalah ibukota Kabupaten Banyumas. Daerah ini terkenal sebagai ibukota ngapak, karena memang bahasa yang digunakan bahasa Jawa ngapak. Logat Banyumasan yang khas jadi ciri yang melekat pada masyarakat Banyumas dan Purwokerto. Pernahkah kamu berkunjung ke sana?

Bosen nggak sih kalau liburan cuma ke Jogja, Bandung atau Semarang? Coba deh alternatif wisata baru di Banyumas dan Purwokerto. Ada berbagai destinasi wisata alam yang keren di sana. Yuk kita kepoin 10 destinasi wisata yang hits di Purwokerto, Banyumas dan sekitarnya. Simak aja ya!

Berada di kawasan Baturaden, Curug Jenggala jadi salah satu air terjun dengan pemandangan terbaik di Banyumas. Banyak spot fotonya juga lho

curug jenggala via www.instagram.com

Advertisement

Para pecinta air terjun memang harus liburan ke Banyumas. Ada banyak air terjun yang bisa kamu datangi di sekitaran Baturaden, kawasan wisata sejuk dan indah di Banyumas. Salah satunya Curug Jenggala yang instagramable ini. Banyak lho spot selfie yang bisa kamu gunakan buat nyari foto terbaik.

Small World Purwokerto jadi seperti miniatur landmark populer dunia. Ukuran memang benar-benar small sih, hehe

small world purwokerto via www.dakatour.com

Tak mau kalah dengan kota lain, Purwokerto juga punya replika landmark wisata di dunia. Ada kincir angin Belanda, Menara Eiffel Paris, Menara condong Pisa sampai landmark di Indonesia pun ada. Tapi ya sesuai namanya, ukurannya kecil-kecil sih. Cocoknya memang buat anak-anak berlibur ke sana. Tiket masuknya 20 ribu rupiah aja.

Curug Bayan memang nggak gede sih debitnya. Akan tetapi kamu bisa main air sepuasnya di sana tanpa takut bahaya, bener ‘kan?

curug bayan via www.instagram.com

Curug Bayan ini keistimewaannya justru karena air terjun yang relatif tidak tinggi. Jadi kamu yang bawa anak-anak dan ingin bermain air dengan aman bisa banget mengunjungi Curug Bayan. Apalagi ada vila-vila yang bisa kamu inapin nggak jauh dari air terjun.

Masih tentang air terjun, Curug Carang adalah salah satu curug yang hits di Banyumas. Instagramable banget ‘kan?

curug carang via www.instagram.com

Advertisement

Perjalanan menuju ke Curug Carang yang terletak di Kemutug, Baturaden ini memang tidaklah mudah. Tapi rasa lelah terbayar karena suguhan indah air terjun setinggi 40 meter ini. Siapkan propertimu dan segera cekrek cekrek di sana sebelum nyebur ke Curug Carang.

Hutan pinus Limpakuwus juga jadi spot kekinian yang bisa bikin feed Instagram kamu makin cetar

limpakuwus via www.instagram.com

Hutan pinus belakangan memang jadi spot wisata yang jadi favorit semenjak booming Instagram. Di Banyimas pun ada hutan pinus Limpakuwus. Foto-foto di hutan pinus Limpakuwus ini juga keren dan hits banget. Lokasinya berada di Kecamatan Sumbang, Banyumas.

Sendang Bidadari memang cukup tersembunyi. Tapi segala sesuatu yang tersembunyi terkadang punya keindahan yang tak terjamah bukan?

sendang bidadari via www.instagram.com

Konon sih tempat ini sering digunakan untuk bermeditasi. Ya wajar aja sih, tempatnya sejuk, syahdu, tenang dan punya air terjun mini yang jatuh di depan gua. Ini surga tersembunyi di Banyumas sih.

Telaga Sunyi dengan nuansa mirip di Sumba bisa kamu temukan di Banyumas. Warnanya biru dan seger banget deh

telaga sunyi via www.kaaget.com

Tak jauh dari hutan pinus Limpakuwus, ada sebuah yang berwarna biru dan tampak sangat menyegarkan. Airnya jernih dan ada air terjun kecil yang mengaliri air ke sana. Sunyi, tenang, dan suasananya syahdu. Bikin betah deh berendam di sana.

Pendakian Gunung Slamet adalah salah satu pendakian favorit para pendaki. Hal ini dikarenakan Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah

menikmati sunrise di puncak slamet via backpackerjakarta.com

Banyak pendaki ke Purwokerto hanya mampir untuk transit sebelum mendaki ke Gunung Slamet. Gunung Slamet cukup populer karena jadi gunung paling tinggi di Jawa Tengah atau atapnya Jawa Tengah. Jadi banyak yang ingin menapak puncaknya. Tapi Gunung Slamet juga terkenal mistis lho, hati-hati ya kalau ke sana.

Yuk kapan liburan ke Banyumas?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya