Anak UGM Pasti Kenal Mbak Yayuk. Sesosok Hantu yang Dulunya Mahasiswi Abadi Fakultas Ekonomi!

Kamu pasti sudah sering mendengar nama UGM, kan? Kampus kondang yang berada di wilayah Yogyakarta ini memang gudangnya orang cerdas. Sudah berkali-kali UGM mencetak lulusan yang berkualitas tinggi. Yah, wajar, sih. Sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia, UGM memang penuh dengan sejarah yang membanggakan! Presiden Indonesia aja lulusan UGM.

Advertisement

Namun, di balik sejarah dan nama UGM yang keren banget itu, ada loh sisi horornya juga. Kamu yang sedang atau pernah kuliah di UGM pasti pernah dengar nama mbak Yayuk. Sosok hantu mahasiswi yang jadi penunggu Fakultas Ekonomi…

Sepintas, mbak Yayuk ini terlihat seperti mahasiswi biasa. Yang jadi pembeda adalah style pakaian serta diamnya

Mungkin gini style-nya

Mungkin gini style-nya via sustainablemovement.wordpress.com

Kamu jangan keburu ketawa dulu kalau main ke UGM dan ngelihat sosok cewek yang mengenakan style jadul. Bisa jadi dia adalah sosok hantu mbak Yayuk. Kalau dilihat sekilas doang, sosok mbak Yayuk ini nggak bedanya sama mahasiswi lainnya. Semuanya terlihat ‘biasa’. Cuma pakaiannya aja yang beda. Mbak Yayuk ini gaya berpakaiannya jadul banget. Style vintage gitu, deh. Karena dandanannya yang jadul itu makanya dia dipanggil ‘Mbak’. Tapi jangan sesekali kamu menyapanya ya. Hiiii…

Mbak Yayuk sering terlihat di Fakultas Ekonomi. Yah, sewajarnya hantu, ia muncul dari sore hingga malam hari

Katanya sih di sini...

Katanya sih di sini… via Brilio.net

Selayaknya hantu-hantu yang lain, mbak Yayuk ini juga punya tempat ‘mangkal’ sendiri. Berdasarkan penuturan beberapa orang saksi, mbak Yayuk ini sering terlihat di sekitaran Fakultas Ekonomi UGM. Lebih spesifik lagi, biasanya mbak Yayuk sering nongol di sekitar koridor lantai 3 gedung utara sayap barat atau ruangan U-305 sampai U-302. Tapi, ada juga yang bilang bahwa sekarang mbak Yayuk sudah pindah tempat gentayangan. Ada saksi yang mengatakan, mbak Yayuk terlihat gentayangan di FIB UGM. Yah, emang sebelahan kok itu…

Advertisement

Sejarahnya, mbak Yayuk adalah mahasiswi teladan. Gara-gara skripi, mbak Yayuk akhirnya memutuskan bunuh diri

Gara-gara skripsi sampai jadi hantu

Gara-gara skripsi sampai jadi hantu via hantupedia.blogspot.co.id

Banyak dosen-dosen UGM yang sering bercerita soal legenda mbak Yayuk ini. Bahwa mbak Yayuk ini sebenarnya adalah serorang mahasiswi yang rajin dan teladan. Ia selalu berusaha yang terbaik demi prestasi akademisnya. Skripsi pun ia kerjakan dengan baik. Namun, diluar dugaan, skripsi yang ia ajukan ternyata ditolak saat sidang oleh sang dosen.

Kecewa, sedih, galau, marah, bercampur aduk jadi satu di pikirannya. Mungkin mbak Yayuk ini nggak terbiasa dengan penolakan karena saking rajinnya dia. Walhasil, ia yang tak kuat dengan penolakan tersebut akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. Arwahnya yang nggak tenang terus gentayangan hingga kini. Sampai sekarang, dia sering muncul di ruangan sidang tadi. Kalian yang skripsinya ditolak jangan sampai gitu, ya…

Nah, kalau kata orang pinter, mbak Yayuk ini nggak akan pergi dari UGM. Yah, kuliahnya belum lulus sih…

Advertisement
Nggak ganggu kok

Nggak ganggu kok via wajibbaca.com

“Mbak Yayuk ini adalah satu-satunya yang pantas dapat label mahasiswa abadi. Sudah berpuluh tahun ia di UGM dan nggak mau pergi”

Padahal, urban legend soal mbak Yayuk ini sudah ada sejak lama. Terbukti dari dosen-dosen tua yang sering membicarakannya. Namun, hantu mbak Yayuk ini nggak mau pergi. Kalau kata orang pinter sih, mbak Yayuk ini bakal terus gentayangan di kampusnya. Mungkin yang jadi alasan adalah karena ia masih belum ikhlas skripsinya ditolak. Ia masih penasaran dengan bagaimana kelanjutan kuliahnya. Oleh karena itu ia nggak mau pergi sebelum kelar skripsi dan diwisuda. Masalahnya, mbak Yayuk ini kan sudah meninggal lama…

Tapi tenang, mbak Yayuk ini sosok hantu yang nggak sampai mengganggu. Jangan kamu nggak perlu panik…

youtube-com

Iya, meski mbak Yayuk kerap terlihat gentayangan di sekitaran Fakultas Ekonomi, tapi kamu nggak perlu takut yang berlebihan. Mbak Yayuk nggak akan sampai mencelakakan kok. Mungkin karena dasarannya dia adalah mahasiswi teladan yang cuma masih penasaran sama nasib kuliah dan skripsinya, penampakan hantu mbak Yayuk ini paling cuma muncul, diam dan hilang begitu saja. Jadi kamu nggak perlu khawatir, ya.

Nah, yang jadi misteri sampai saat ini adalah nama sebenarnya. Mbak “Yayuk” ini ternyata cuma nama asal sebut yang ternyata jadi legenda aja…

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

285 Comments

  1. ngapa gak gentayangin aj tu dosen yg nolak skripsi y mbak?

  2. Raymond Utama berkata:

    Kurafat nih inilah sebab pembodohan orang Indonesia, selalu percaya hantu, orang mati kalo bunuh diri mati dzalim ya skrg ini lg disiksa dikuburnya dan diakhirat masuk neraka, gimana masih bisa berkeliaran gentayangan nasibnya aj dikubur belum jelas

  3. Rista Mustika berkata:

    iyaaa, mungkin itu jin atau setan yang ingin main main wkwk

  4. Arief berkata:

    koq bisa tahu kalau di neraka mas? lihat sediri po gur jarene? o.O

  5. Itu bukan mba Yayu nya itu qory nya yg ada di dlm tubuh mba yayu nya..

  6. Raymond Utama berkata:

    Ya jelas neraka dong mas wonv bunuh diri
    Nih dalilnya
    (Shahih Muslim) Dari Abu Hurairah ra, katanya : “Kami ikut perang bersama-sama Rasulullah saw., dalam perang Hunain. Rasulullah saw., berkata kepada seorang laki-laki yang mengaku Islam, “Orang ini penghuni neraka.” Ketika kami berperang, orang itu pun ikut berperang dengan gagah berani, sehingga dia terluka.
    Maka dilaporkan orang hal itu kepada Rasulullah saw., katanya “Orang yang tadi anda katakan penghuni neraka, ternyata dia berperang dengan gagah berani dan sekarang dia tewas.” Jawab Nabi saw., “Dia ke neraka.” Hampir saja sebahagian kaum muslimin menjadi ragu-ragu. Ketika mereka sedang dalam keadaan demikian, tiba-tiba diterima berita bahwa dia belum mati, tetapi luka parah. Apabila malam telah tiba, orang itu tidak sabar menahan sakit karena lukanya itu.
    Lalu dia bunuh diri. Peristiwa itu dilaporkan orang pula kepada Nabi saw. Nabi saw., bersabda, : “Kemudian beliau memerintahkan Bilal supaya menyiarkan kepada orang banyak, bahwa tidak akan dapat masuk surga melainkan orang muslim (orang yang tunduk patuh)

  7. Raymond Utama berkata:

    Ini kalo memang dia mati bunuh diri sesuai isunya Yo mas sy ga bahas orang, saya bahas sifat kurafat mengatakan roh gentayangan
    dirinya sendiri. Allah Ta’ala berfirman,
    وَلا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا
    “Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An Nisa’: 29).
    Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِشَىْءٍ عُذِّبَ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
    “Barangsiapa yang membunuh dirinya sendiri dengan suatu cara yang ada di dunia, niscaya pada hari kiamat, niscaya ia akan disiksa dengan cara seperti itu pula.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  8. Raymond Utama berkata:

    Rista Mustika
    Betul Mba itu adalah qarin dari si manusia tersebut tidak ada orang mati bangkit lagi dari kuburan itulah ajaran dari seorang muslim dan dalilnya jelas semua

  9. Arief Ardiansyah di Al Qu’ran ada bro

  10. Arief Ardiansyah namany bunuh diri ya lsg neraka lah… tanpa hisab lagi

CLOSE