Travelling menjelajahi negara baru adalah pengalaman yang nikmatnya tidak tergantikan. Bukan cuma sekadar untuk gaya-gayaan semata, kesempatan merasakan lingkungan, musim, atau zona waktu yang sangat berbeda dengan tempat tinggal kita itu bisa jadi pembelajaran berharga lo. Terutama ya untuk beradaptasi dan lebih toleran dengan perbedaan~

Nah bagi kebanyakan orang Indonesia yang muslim, satu hal yang tidak mungkin diadaptasikan adalah kebutuhan untuk mencari makanan halal. Sebuah kebutuhan yang pastinya sulit didapatkan ketika travelling ke luar negeri. Selain solusi populer untuk bawa mie instan dan abon sebanyak-banyaknya, sebenarnya mulai banyak aplikasi atau apps mencari restoran halal di luar negeri. Jadi kalian bisa dengan mudah menemukan tempat makan yang menyediakan halal di berbagai negara. Apa aja tuh? Simak yuk!

1. Berencana berlibur ke Korea? Jangan lupa instal aplikasi HHWT

Aplikasi HHWT via geeknews.id

Advertisement

Saat ini, Korea Selatan adalah salah satu tujuan favorit para traveler Indonesia. Jika ada yang berencana berlibur ke negara ini, aplikasi HHWT atau Have Halal Will Travel bisa semakin mempermudah perjalanan kalian.

Aplikasi ini akan membantu kalian untuk menemukan resto dengan menu halal yang ada di negara tersebut. Nggak cuma makanan halal, pembuat aplikasi ini bahkan merencanakan untuk menambahkan fitur guide bagi pelancong Muslim. Wah ini sih jelas-jelas membantu banget ya buat orang Muslim yang akan bepergian ke Korea Selatan.

2. Crave Halal, aplikasi yang menawarkan database makanan halal secara akurat di beberapa negara

Crave Halal via cravehalal.com

Jika aplikasi sebelumnya hanya berfokus di Korea Selatan, Crave Halal memiliki jangkauan database yang lebih luas yaitu Amerika Serikat dan Canada. Aplikasi ini memiliki setidaknya 13.000 database restoran yang menyediakan menu halal. Tak hanya itu, mereka juga menawarkan pilihan restoran halal yang ternama di setiap kota di negara tersebut.

3. Halal Dining Club, aplikasi dengan berbagai kelebihan

Halal Dining Club via muslimtravelgirl.com

Advertisement

Meskipun memiliki database terlengkap di kota-kota dan negara tertentu seperti  Singapura, Bangkok, Hong Kong (Kowloon), London, Paris, New York, Toronto, Manchester dan Birmingham, namun aplikasi ini juga memuat puluhan ribu database lain dari berbagai negara di belahan dunia tentang panduan menemukan makanan halal lo.

Selain itu, jika bisa memberi review, kalian akan mendapat poin loyalitas.  Yang paling istimewa, aplikasi ini terintegrasi dalam sebuah komunitas dimana umat muslim bisa berkolaborasi satu sama lain.

4. Panduan terbesar untuk pasar dan restoran halal di dunia, Zabihah

Aplikasi Zabihah via theculturetrip.com

Aplikasi yang satu ini digadang-gadang menjadi penyedia informasi halal terbesar bagi para traveler muslim yang membutuhkan lo. Selain menampilkan restoran yang menyediakan menu halal, Zabihah juga memiliki database pasar dan masjid di negara-negara Amerika Utara, Eropa, Australia, Singapura, Hong Kong dan Afrika.

Aplikasi ini juga menampilkan secara detail dan rinci perihal tempat-tempat berlabel halal yang bisa didatangi, seperti misalnya jam buka dan tutupnya, kemudian menu andalan dan semacamnya.

5. Scan Halal, aplikasi yang dapat memeriksa kandungan tertentu dalam bahan makanan dan minuman yang dijual. Jadi bisa cek sendiri, halal atau tidaknya~

Jika aplikasi sebelumnya menyediakan informasi tentang tempat-tempat yang memiliki menu makanan halal, aplikasi Scan Halal menawarkan opsi yang berbeda. Aplikasi ini membantu kalian untuk menscan barcode dari makanan dan minuman yang dijual di berbagai negara. Dengan cara itu, maka pengguna akan dapat mengetahui kandungan dari makanan dan minuman tersebut apakah ramah dan halal untuk muslim.

Gimana? Oke banget ‘kan aplikasi-aplikasi di atas!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya