Pecinta maskapai Lion Air dan Wings Air siap-siap dibuat kecewa lagi. Maskapai Lion Group tersebut mengambil keputusan yang cukup strategis awal tahun ini. Maskapai yang dikenal dengan harga yang sangat murah tersebut memutuskan untuk menghapus fasilitas bagasi gratis bagi para penumpangnya. Waduh, ada apa lagi nih?

Selama ini penumpang Lion Air mendapat free baggage (bebas biaya bagasi) maksimal 20 kg per penumpang. Sementara Wings Air juga memberi free baggage maksimal 10 kg per penumpang. Pecinta maskapai Lion dan Wings akan kecewa karena tahun ini fasilitas tersebut tidak diberikan secara gratis namun berbayar.

Meski mendapatkan banyak komentar kontra dari netizen, kebijakan Lion Air dan Wings Air meniadakan free bagasi ini akan efektif diberlakukan pada tanggal 8 Januari 2019

lion air via www.viva.co.id

Advertisement

Lion Air akan meniadakan bagasi gratis 20 kg untuk setiap penumpang per tanggal 8 Januari 2019. Sementara Wings Air akan meniadakan bagasi gratis 10 kg untuk setiap penumpangnya. Setiap calon penumpang (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing wanita (hand luggage). Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm. Jadi kamu cukup bawa 1 tas maksimum 7 kg dan tas kecil tanpa koper.

Jika ingin membawa koper atau tas di bagasi, calon penumpang harus membayar biaya tambahan. Calon penumpang dapat membeli bagasi di muka dengan harga lebih murah bersamaan pembelian tiket atau maksimal 6 jam sebelum keberangkatan. Harga bagasi untuk tiap rute berbeda-beda. Biaya terbang naik Lion dan Wings pun kian terasa mahal.

Hipwee Travel kepoin website Lion Air buat nyari tahu berapa sih harga bagasi 20 kg yang harus dibayar mulai tanggal 8 Januari 2019

harga bagasi lion air via www.lionair.co.id

Dari website Lion Air, Hipwee Travel iseng mau booking tiket dari Jakarta ke Bali. Tiketnya sendiri harganya cukup murah sih, cuma 708 ribu saja. Akan tetapi harga bagasinya ternyata berbeda jika rutenya beda. Di website masih dapat bagasi gratis 20 kg karena hari ini belum berlaku (7 Januari). Untuk bagasi 20 kg harganya 620 ribu. Jika kamu cuma mengambil 5 kg ya cuma bayar 155 ribu saja. Secara harga naik hampir 100 persen karena harusnya bayar Rp708.000 tapi setelah ditambah bagasi jadi Rp1.328.000. Wah jadi mahal banget dong ya.

Apakah tarif bagasi ini justru bikin orang kabur dari Lion Air dan milih maskapai lain?

lion air via www.mro-network.com

Advertisement

Lion Air adalah maskapai yang dibenci sekaligus dicintai. Dibenci karena banyak terjadi delay, koper yang rusak, dan juga ditambah dengan pelayanan yang dianggap kurang baik. Selain itu tragedi jatuhnya pesawat JT610 akhir tahun lalu seolah bikin masyarakat agak berpikir ulang naik Lion Air. Meski begitu, Lion Air adalah maskapai murah yang punya rute paling lengkap di Indonesia. Lion Air sangat membantu banyak orang untuk terbang dan harganya sangatlah terjangkau. Itulah kenapa Lion Air disebut maskapai yang dibenci namun sekaligus dicintai.

Apakah dengan adanya tarif bagasi konsumen akan pergi? Bisa iya bisa pula tidak. Jika dilihat dari harganya, jelas sekali bahwa akan banyak penumpang beralih ke maskapai lain seperti Citilink, Sriwijaya atau Air Asia. Ketiga maskapai itu masih memberikan free baggage kepada penumpangnya. Harga plus bagasi bisa jadi 2 kali lipat harga biasanya tentu bakal bikin penumpang mikir-mikir. Namun di sisi lain, penumpang dari kota-kota kecil yang cuma dilayani oleh Lion atau Wings mau nggak mau akan tetap bersama Lion Air karena tidak ada pilihan lainnya.

Dampak yang akan terasa tentu di sektor pariwisata. Sebagai maskapai LCC, Lion Air dan Wings jadi pilihan traveler untuk liburan murah. Plus belanja oleh-oleh karena bagasinya cukup besar. Setelah kebijakan ini diterapkan, bisa jadi traveler akan mikir dua kali untuk liburan karena Lion Air mahal setelah adanya bagasi. Para pelaku usaha UMKM juga akan mengalami kerugian karena penumpang pesawat ogah beli barang atau oleh-oleh.

Nah, kamu sendiri bakalan milih naik #TetapLion atau #2019GantiPesawat nih? Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya