Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Untuk destinasi bulan ini pilihan kami jatuh ke Belitung, pulau Laskar Pelangi yang begitu mempesona. Simak artikel pertama kali ini tentang betapa kotornya pantai Tanjung Tinggi yang diakibatkan sampah plastik. Yuk simak ulasannya!

Pulau Belitung dikenal sebagai negeri Laskar Pelangi. Film Laskar Pelangi itu pula lah yang bikin pulau ini jadi tujuan wisata yang luar biasa pesonanya. Gugusan kepulauan dengan batu-batu besar nan indah, garis pantai yang cantik, kuliner yang menggoyang lidah sampai eksotisme replika sekolah Laskar Pelangi memang jadi daya tarik tersendiri bagi traveler untuk berkunjung ke Belitung.

Advertisement

Minggu lalu, Hipwee Travel mengeksplorasi sudut-sudut indah pulau Belitung. Di balik keindahannya, ada banyak cerita yang bisa dibagikan. Salah satunya, sisi lain dampak pariwisata massal di pulau ini berakibat dengan hadirnya banyak sampah di Pantai Tanjung Tinggi. Bikin miris sih.

Suatu sore yang mendung, menapaktilasi pantai lokasi syuting Film Laskar Pelangi merupakan ide yang menarik. Tapi sayang kondisinya sudah nggak seindah dulu lagi akibat banyak sampah di sana

sampah di pantai tanjung tinggi via www.hipwee.com

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai paling terkenal di Belitung. Pantai ini jadi lokasi syuting film Laskar Pelangi yang dirilis pada tahun 2008. Semenjak film itu booming, pulau Belitung dan terutama pantai Tanjung Tinggi jadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

film laskar pelangi (2008) via www.imdb.com

Sebelas tahun berselang dari film tersebut, kini pantai tersebut mengalami perubahan. Banyak penjual makanan, parkiran kendaraan kian penuh saat akhir pekan, dan sampah pun berserakan. Botol plastik, styrofoam bekas makanan, bungkus snack bertebaran di sudut pantai Tanjung Tinggi. Tepatnya di gugusan batu sebelah kiri atau barat pantai. Saking kotornya, Hipwee pun merasa tidak nyaman saat datang ke sana. Apalagi banyak pemuda nongkrong di atas batu sambil merokok.

pantai tanjung tinggi kotor via www.imdb.com

Tak cuma di sebelah kiri pantai, di sebelah kanan yang banyak wisatawan pun juga terdapat banyak sampah. Sampah plastik bergabung dengan sampah organik dari lautan

kotor banget via www.hipwee.com

Advertisement

Tak cuma di sisi kiri pantai yang kotor, di sebelah kanan atau timur pun juga terdapat sampah yang mengeras. Kombinasi antara sampah plastik dan sampah organik dari tumbuhan di dalam laut bikin kotor pantai tersebut. Di musim sepi wisatawan saja pantai ini sangat kotor, bagaimana kalau kondisinya ramai wisatawan?

Spot foto ala Laskar Pelangi saja di bebatuan besar bagian timur saja yang masih bersih dan banyak plang tentang kebersihan juga. Akankah lebih baik kalau semua pengunjung dan pengelola pantai menjaga keseluruhan pantai agar nyaman dikunjungi wisatawan?

Pantai Tanjung Tinggi adalah ikon pariwisata di Belitung. Jangan sampai turis domestik maupun mancanegara kapok liburan ke Belitung

pantai tanjung tinggi yang indah via travel.kompas.com

Pulau Belitung tak cuma tentang sekolah Laskar Pelangi. Ikon utama Belitung sejatinya adalah pantai Tanjung Tinggi dengan bebatuan raksasa yang mengundang decak kagum. Jangan sampai pamor wisata di Belitung jadi turun apabila banyak sampah berserakan di pantai ini. Ini adalah tugas kita bersama agar pantai ini tetap indah.

Buat kamu yang belum pernah ke Belitung, yuk liburan ke sana. Mudah-mudahan pantainya makin bersih ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya