Dunia penerbangan akan segera memasuki babak baru. Setelah babak perang tiket promo yang gila-gilaan (bahkan lebih murah dari harga tiket bus), persaingan dunia penerbangan lebih gila lagi ke depannya. Hal ini karena munculnya ide kursi yang tegak sehingga tampak seperti kursi berdiri. Wah seperti apa nih kursi pesawat yang seolah berdiri ini?

Kursi tegak yang akan membuat penumpangnya seakan berdiri ini memang inovatif dan diklaim bisa meningkatkan jumlah penumpang di pesawat. Mau tahu seperti apa bentuk kursi vertikal ini dan apa manfaatnya? Yuk simak ulasan Hipwee Travel yang disarikan dari situs berita DailyMail.

Desainer asal Italia meluncurkan desain kursi pesawat untuk penumpang berdiri. Wah pegel nggak nih berdiri di pesawat?

kursi penumpang tegak begini via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Desain SkyRider 2.0 yang dirancang oleh desainer Italia Aviointeriors ini sangat memungkinkan penumpang untuk meregangkan kakinya saat kondisi pesawat terbang dan tanpa perlu keluar biaya tambahan lagi. Selama ini ‘kan penumpang sering mengeluh kakinya sedikit tertekuk akibat kursi yang terlalu rapat. Akan tetapi, kursi desain terbaru ini posisinya sangatlah tegak sehingga para penumpang akan terlihat seperti berdiri di dalam pesawat. Kira-kira bakal pegel nggak nih berdiri di dalam pesawat? Kalau ketiduran gimana dong ya? Hehehe.

Apa sih benefit kursi vertikal begini buat para operator pesawat terbang? Ya jelas bisa menambah kuota penumpang di dalamnya dong ya

bisa kaya naik bus nih via www.dailymail.co.uk

Aviointeriors mengklaim bahwa desain kursi ini bisa membuat operator pesawat memasukkan 20 persen penumpang lebih banyak ke dalam kabin. Efisiensi ini bisa dihitung dari penghematan ruang kaki dari awalnya 28 inch menjadi 23 inch. Otomatis akan ada penambahan penumpang sehingga bisa meningkatkan keuntungan operator secara finansial. Bobotnya pun 50 % lebih ringan dibanding kursi konvensional biasa. Tentu saja biaya pemeliharaan pun bisa dipangkas. SkyRider 2.0 ini akan mengingkatkan kepadatan penumpang di dalam kabin dan bercampur dengan berbagai kelas lainnya.

Konsep kursi vertikal seperti ini sebenarnya bukan hal yang baru dan telah digagas pada tahun 2010. Hanya saja ide ini gagal direalisasikan dan belum diproduksi. Kini, versi lebih modern dan inovatif telah dirilis oleh perusahaan Italia, Aviointeriors.

Kursi ini bukan diciptakan untuk rute penerbangan jarak jauh melainkan untuk rute pendek 1-2 jam perjalanan.

tegak banget sih kursinya via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Mungkin awalnya kamu akan bertanya-tanya, gimana tuh kalau perjalanan panjang sampai 4 atau 5 jam terbang? Sebenarnya sih, kursi SkyRider 2.0 ini tidak dirancang untuk penerbangan jarak jauh. Kursi ini cocoknya memang untuk penerbangan jarak pendek, sekitar 1-2 jam perjalanan. Dalam durasi penerbangan pendek, kursi ini masih nyaman digunakan kok. Ya kali kalau lebih dari 5 jam bisa pingsan itu duduknya begitu. Hehehe.

Kursi seperti ini tentu akan menurunkan harga tiket pesawat dari harga biasa. Konsekuensinya, penumpang pesawat pun akan lebih ‘ramai’ dan terkesan penuh. Padahal sebenarnya tak setiap hari pesawat bisa terisi 100 %, kecuali pada hari libur. Jadi apakah efektif penggunaan kursi begini? Mungkin memang terasa nyaman untuk rute pendek, tapi apakah layak ada kursi ‘berdiri’ di dalam pesawat. Bagaimana menurutmu?

Ya meskipun sudah ada desainnya, namun belum ada operator atau maskapai penerbangan yang menggunakan kursi vertikal ini. Kalau menurut kamu, mau nggak naik pesawat dengan kursi berdiri begini meskipun harganya murah?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya