Bicara tentang desa, apa yang muncul dalam benak kamu? Mungkinkah rumah sederhana dengan persawahan hijau di sekelilingnya, atau tempat dengan udara sejuk yang bisa dikunjungi untuk menyegarkan diri? Memang, desa kini identik jadi tempat berlibur bagi orang perkotaan yang jenuh dengan kemacetan dan rutinitas pekerjaan. Makanya banyak muncul desa wisata yang ramai dikunjungi wisatawan di Indonesia.

Di Eropa pun tak jauh berbeda, desa juga jadi tempat menyegarkan pikiran dan raga. Ada salah satu desa di Belanda yang mungkin bisa jadi referensimu untuk berkunjung suatu saat nanti. Sama dengan desa wisata lainnya, desa ini juga punya keunikan dan kecantikan yang luar biasa. Nama desa ini adalah Desa Giethoorn, Hipwee Travel menyebutnya sebagai desa paling damai di Eropa. Memangnya kenapa?

Desa Giethoorn, desa yang tidak punya jalan raya karena dikelilingi oleh kanal-kanal. Jadi nggak bakal ada kendaraan bermotor yang polutif di sana

isinya kanal semua via www.boredpanda.com

Advertisement

Fantasi ala negeri dongeng hadir di Belanda. Desa Giethoorn memang bagaikan negeri impian yang bikin orang penasaran ingin berkunjung ke sana. Bagaimana tidak, desa ini tidak punya ruas jalan raya, atau malah ruas jalanan yang bisa dilewati kendaraan sama sekali. Lho kok bisa?

Jalanan Giethoorn yang sebenarnya adalah berupa kanal-kanal yang terhubung antar rumah. Kanal ini mengelilingi seluruh desa dan jadi sarana transportasi utama di desa tersebut. Karena tidak ada jalan raya, otomatis tidak ada kendaraan bermotor dan polusi udara. Wah tenang sekali dong ya tinggal di sana!

Sebagai gantinya, kapal atau sampan jadi moda transportasi utama di desa ini. Wah seru sekali ya, mau main ke rumah tetangga aja naik sampan. Hehehe…

indah sekali desa ini via www.getyourguide.com

Dikarenakan desanya dikelilingi oleh kanal, maka tak heran jika aktivitas warganya termasuk wisatawan yang berkunjung ke sana dilakukan dengan naik sampan. Selain itu, kamu juga bisa berjalan kaki atau bersepeda. Desa ini sangat ramah lingkungan dan tidak polutif. Sehingga, tinggal ataupun berwisata ke Giethoorn adalah pilihan tepat untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas harian perkotaan yang tiada habisnya. Maka tak heran kalau Giethoorn seringkali disebut sebagai ‘Venice of Netherlands‘.

Nikmati suasana pagi di Giethoorn yang asri dan menyejukkan. Rasakan pengalaman tinggal di desa tanpa suara kendaraan bermotor. Damai sekali ya~

desa giethoorn belanda via www.rd.com

Advertisement

Buat kamu yang mau berlibur ke Giethoorn, kini sudah ada paket turnya lho. Kamu bisa datang dari Amsterdam dan naik bus menuju ke Giethoorn. Paket wisata biasanya dari Amsterdam sih. Nah, sesampainya di sana, nikmatilah momen pagi hari yang sangat indah di Giethoorn. Suara kicau burung dan nuansa alam yang menyegarkan bakal kamu rasakan saat berkeliling Giethoorn saat pagi hari. Jangan lupa abadikan momen spesialmu naik kapal berkeliling desa. Damai banget sih rasanya.

Jadi, apakah kamu makin tertarik berkunjung ke Giethoorn, desa tanpa jalan raya dan kendaraan bermotor tersebut?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya