Siapa bilang liburan ke luar negeri itu pasti mahal? Sekarang siapa pun bisa traveling ke luar negeri meski hanya memiliki dana terbatas. Asal tahu caranya, kamu cukup mengeluarkan uang 1 jutaan rupiah aja untuk liburan 3 hari 2 malam. Itu udah mencakup tiket pesawat pulang pergi, penginapan, makan, transportasi, hingga oleh-oleh.

Nggak percaya!?

Advertisement

Dengan dana 1 jutaan, tentunya banyak hal yang harus dihemat — terutama dalam memilih tujuan wisata. Nggak perlu jauh-jauh ke Jepang, Korea, atau Eropa dulu. Sebaiknya jelajahi negara-negara yang lebih dekat seperti Singapura dan Malaysia. Karena masih di Asia Tenggara, harga kebutuhannya nggak terlalu beda dari Indonesia. Di sana juga ada berbagai tempat wisata, kebudayaan, kuliner, dan teknologi yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Tunggu apa lagi, yuk simak rincian biaya traveling berikut ini!

Cari promo buat dapat tiket pesawat semurah mungkin. Kalau jeli, kamu bisa dapat tiket pulang pergi ke Singapura atau Malaysia dengan harga 500 ribu – 750 rupiah aja

Kalau berusaha, siapa pun bisa mendapatkan tiket promo via www.elitedaily.com

Biasanya tiket pesawat ke Singapura atau Malaysia mencapai 500 ribu hingga 1 jutaan untuk sekali jalan. Bagaimana cara dapat tiket yang murah? Rajin-rajinlah cari info tentang tiket promo.

Caranya adalah subscribe ke website resmi maskapai yang bersangkutan, contohnya Air Asia. Bisa juga bergabung ke grup Backpacker International yang penuh info tentang berbagai tiket promo pesawat. Kalau beruntung, kamu bisa dapat harga tiket 500 ribu – 750 rupiah aja untuk pulang pergi sekaligus.

Nggak perlu menginap di hotel yang harganya mahal. Lebih baik tinggal di hostel dengan harga 150 ribu rupiah per malam. Murah banget, tapi tidur sekamar dengan beberapa turis lainnya

Kayak gini nih hostel~

Advertisement

Menginap di hotel tentunya lebih mahal, di atas 300 ribu rupiah per malam. Lebih baik tinggal di hostel (ya, bedanya cuma huruf “s”) yang lebih murah. Per malamnya bisa 150 ribu rupiah. Tapi kamu harus tidur sekamar dengan beberapa turis lainnya. Masing-masing disediakan tempat tidur sendiri dan privasinya tetap terjaga kok.

Manfaatkan sarapan gratis di hostel. Jadi tiap hari kamu hanya perlu 2 kali makan besar di luar. Kalau pintar memilih tempat yang murah, biaya makan 3 hari hanya 180 ribu hingga 240 ribu rupiah aja

Sederhana tapi bikin kenyang via www.bayshore.ca

Pilih hostel yang menyediakan sarapan seperti roti panggang, teh, atau bahkan nasi goreng. Jadi kamu nggak perlu beli sarapan lagi. Cukup makan besar 2 kali sehari di luar.

Kalau di Malaysia, dengan 20 ribu hingga 30 ribu rupiah aja udah dapat sepiring nasi beserta lauk yang mengenyangkan. Kalau di Singapura lebih mahal. Sebaiknya cari tempat makan di daerah pecinan atau india, jadi sekali makan hanya 40 ribu rupiah atau bahkan lebih murah. Oh ya, jangan lupa bawa botol minum dan isi dengan air dari penginapan. Jadi nggak perlu beli minum lagi!

Untuk transportasi, hindari naik taksi karena lebih mahal. Lebih baik manfaatkan transportasi umum seperti bus atau kereta dan perbanyak jalan kaki. Paling habis sekitar 300 ribu rupiah~

Tampak dalam MRT di Singapura, bagus ya! via batamsingaporetour.com

Biaya taksi di Singapura bisa dua kali lipat dibandingkan di Indonesia. Jadi lebih baik naik transportasi umum seperti bus atau kereta. Harga tiket kereta cepat seperti MRT dan LRT berbeda tergantung jaraknya. Namun rata-rata 20 ribu sekali jalan. Supaya lebih murah, beli aja tiket terusan. Kamu juga bisa berjalan kaki ke mana-mana untuk menghemat ongkos. Total hanya 300 ribu rupiah untuk transportasi selama tiga hari.

Mau jalan-jalan ke tempat wisata? Nggak perlu bayar tiket masuk, pilih aja tempat wisata yang gratis. Jadi bisa bersenang-senang tanpa bayar sama sekali!

Gratis ke Batu Caves, Malaysia via www.trover.com

Banyak tempat wisata gratis yang menarik. Kalau ke Singapura, kamu bisa pergi ke Merlion Park, Marina Bay Sands, dan Orchard Road. Sedangkan kalau ke Malaysia, pergi aja ke Menara Kembar Petronas (foto dari luar), Taman KLCC, dan Batu Caves. Jadi nggak perlu keluar uang buat beli tiket masuk.

Rasanya nggak lengkap kalau pergi berlibur tanpa beli oleh-oleh. Kalau memilih yang murah seperti gantungan kunci, cukup kok dengan 100 ribu rupiah aja. Tapi yang dikasih hanya beberapa orang terdekat

Gantungan kunci murah meriah via www.treasurenet.com

Ingin membelikan oleh-oleh untuk teman atau keluarga? Nggak perlu mahal, belikan aja gantungan kunci yang kelihatan khas dari negara tersebut. Kamu bisa dapat sekitar 10 gantungan kunci dengan 100 ribu rupiah. Atau kalau memilih makanan, kamu bisa membelikan yang murah seperti permen atau camilan.

Setelah dihitung-hitung, inilah total biaya traveling ke Singapura atau Malaysia selama 3 hari 2 malam. Minimal Rp1.380.000 dan maksimal Rp1.690.000

Hitung dengan teliti ya~ via www.souqalmal.com

  • Tiket pesawat pulang pergi (promo): Rp500.000 – Rp750.000
  • Biaya menginap 2 malam di hostel: Rp300.000
  • Makan besar 2x sehari (untuk 3 hari): Rp180.000 – Rp240.000
  • Transportasi umum: Rp300.000
  • Tiket tempat wisata: Rp0
  • Oleh-oleh: Rp100.000

 Total: Rp1.380.000 – Rp1.690.000

Itulah rincian biaya traveling ke luar negeri, lebih tepatnya ke Singapura dan Malaysia. Ternyata hanya butuh 1 jutaan rupiah aja! Nggak semahal yang dikira orang-orang ya? Tapi buat memperoleh harga serendah itu, tentunya kamu butuh survei sebanyak mungkin tentang tiket pesawat, harga makanan, transportasi umum, dan sebagainya. Jadi siapkan jauh-jauh hari ya~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya