Borobudur adalah salah satu dari keajaiban dunia. Ya meskipun tidak diakui melui The Seven Wonders sekalipun, bagi bangsa Indonesia Borobudur tetaplah keajaiban dunia yang harus kita jaga dan lestarikan. Turis dari berbagai daerah maupun berbagai negara selalu datang ke Borobudur setiap harinya. Candi Buddha terbesar di dunia ini mampu menarik ribuan wisatawan untuk datang berkunjung. Kamu sudah pernah liburan ke Candi Borobudur ‘kan?

Nah, jangan datang ke Borobudur bersama banyak turis saat siang atau sore hari. Bakalan rame dan padet banget suasananya. Kamu jadi nggak leluasa menikmati keindahan mahakarya terbesar di Indonesia ini. Sebaiknya kamu ikutin cara Hipwee Travel untuk menikmati Borobudur dengan lebih asyik. Berikut ini 6 cara yang harus kamu coba!

Menikmati sunrise di Borobudur dengan menginap di hotel Manohara. Sunrise di Borobudur memang nggak ada tandingannya

sunrise di borobudur via www.klook.com

Advertisement

Candi Borobudur masih ditutup saat matahari baru saja terbit. Untuk itu, cara menikmati sunrise di Borobudur salah satunya dengan menginap di hotel Manohara. Dengan begitu kamu bisa menyaksikan indahnya fajar langsung dari Candi Borobudur. Tertarik berburu sunrise di sana?

Sewa VW di Borobudur bisa dilakukan untuk keliling Borobudur dan desa-desa sekitarnya. Lebih asyik dan kekinian banget sih

sewa VW di borobudur via www.instagram.com

Kini menikmati Borobudur nggak mesti cuma datang ke candinya saja. Naik mobil VW dan keliling ke desa-desa di sekitar Borobudur yang asri bakalan asyik banget sih. Apalagi kalau kamu suka dengan suasana pedesaan yang hijau. Sewa mobil VW cuma 350 ribuan kok. Murah bukan? Yuk cobain nikmati desa-desa Borobudur dengan mobil antik ini!

Mau mencoba yang lebih tradisional? Bisa banget keliling Borobudur pake andong

naik andong di borobudur via www.instagram.com

Buat kamu yang ingin lebih menikmati suasana pedesaan dengan cara yang lebih tradisional, ada andong yang bisa membantumu. Menaiki andong dan keliling desa sekitar Borobudur seolah membawamu ke masa silam. Harga sewa untuk satu andong berkisar antara Rp30.000 hingga Rp50.000. Pengalaman seperti ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan bukan?

Naik gajah sambil keliling Borobudur bisa jadi pilihan menarik. Serasa kembali ke zaman Mataram Kuno saat candi ini dibangun

naik gajah di borobudur via www.instagram.com

Advertisement

Kini ada gajah yang bisa disewa di Candi Borobudur. Menaiki gajah dan berkeliling areal candi jadi atraksi yang nggak boleh kamu lewatkan. Harganya cuma 50 ribu saja untuk berkeliling kompleks candi dengan menaiki gajah. Nggak perlu ke Thailand kan buat naik gajah dan keliling candi?

Menanti pagi di Punthuk Setumbu bisa jadi momen magis yang nggak akan terlupakan sih

Sunrise di Punthuk Setumbu via ciricara.com

Menikmati sunrise dari Punthuk Setumbu adalah pengalaman yang harus kamu coba saat berkunjung ke Magelang. Suasana pagi berkabut dengan Borobudur yang tampak kecil di kejauhan menciptakan aura keindahan tersendiri. Datanglah saat fajar belum tiba sehingga kamu bisa mengambil potret terbaik di Punthuk Setumbu. Borobudur tampak ajaib dipotret dari sini.

Lepaskan lampion ke langit Borobudur saat Hari Raya Waisak. Suasana magis dan syahdu begitu terasa

waisak di borobudur via www.instagram.com

Setiap tahunnya, umat Buddha dari seluruh penjuru dunia berkumpul di Borobudur untuk merayakan Tri Suci Waisak. Di acara tersebut, akan diadakan pelepasan lampion ke langit pada malam harinya. Terasa begitu syahdu, khidmat dan magis banget saat lampion terbang di atas Candi Borobudur. Kamu perlu coba datang saat Waisak di Borobudur!

Dari 6 pilihan menikmati keindahan Borobudur, mana nih yang jadi favorit kamu?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya