Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Untuk destinasi bulan ini pilihan kami jatuh ke Belitung, pulau Laskar Pelangi yang begitu mempesona. Simak artikel keempat kali ini tentang keindahan danau berwarna biru di Belitung. Yuk simak pesona Danau Kaolin!

Belitung menyimpan berbagai potensi wisata yang luar biasa. Tak cuma pantai-pantai indah dengan batu granit besar, ataupun lokasi syuting Laskar Pelangi. Lebih dari itu, banyak sudut Belitung yang menyimpan pesona luar biasa. Tak salah kalau pulau ini jadi destinasi wisata yang kini hits banget.

Advertisement

Salah satu destinasi wisata yang patut kamu kunjungi saat liburan ke Belitung adalah Danau Kaolin. Danau berwarna biru tosca ini bakal bikin kamu betah lama-lama memandangnya. Memang indah banget sih. Yuk simak ulasan Hipwee Travel tentang Danau Kaolin Belitung!

Berada di kawasan pertambangan, Danau Kaolin ini sebenarnya bukanlah tempat wisata. Karena banyak yang datang, mau nggak mau ya jadi tempat wisata deh

danau kaolin via www.hipwee.com

Lokasi danau ini tak jauh dari kota, tepatnya di Perawas, Tanjung Pandan. Kamu bisa mencapainya dalam tempo sekitar 15 menit dari arah dalam kota. Kalau kamu mau ke bandara, bisa mampir ke sana dulu karena lokasinya memang berada di arah menuju bandara.

Danau ini tercipta akibat aktivitas pertambangan. Lubang hasil pertambangan pun menjadi penampungan air hujan dan membentuk danau yang indah seperti ini. Warnanya yang biru tosca bikin pengen nyebur ke danau ini deh. Eh tapi kamu nggak boleh berenang di sana ya. Kamu cukup liat dari atas dan tidak boleh turun ke tepi danau. Lho memangnya kenapa?

Hati-hati jangan sampai salah masuk, kamu bisa ditangkap sama satpam penjaga tambang lho. Hal ini dikarenakan danau ini berada di area tambang aktif

indah banget sih via www.hipwee.com

Advertisement

Berbeda dengan tempat wisata atau danau buatan lainnya yang sudah jadi bekas tambang, danau Kaolin Belitung masih merupakan areal pertambangan aktif. Jadi tidak diperbolehkan ada pengunjung yang masuk ke dalam area danau. Kamu cuma boleh melihat danau ini dari tepi jalan raya. Ada satu spot khusus yang disediakan untuk wisata. Cukup luas kok, bisa untuk parkir beberapa mobil dan motor. Ada pembatasnya juga berupa kayu yang dibikin menjadi pagar agar pengunjung tidak turun ke tepi danau. Apalagi berpose foto ala-ala di sana. Areal tambang aktif itu berbahaya lho. Kalau salah injak, kamu bisa jatuh ke dalam danau. Sudah pernah ada lho korban yang mengalami kecelakaan dan jatuh di danau tambang ini. Tuh ‘kan bahaya banget!

Hipwee pun sempat salah masuk gerbang saat berkunjung ke sana. Langsung deh dimarahin habis-habisan sama pak Satpam

danau kaolin via www.instagram.com

Ingat ya, danau ini masih di kawasan tambang. Jadi nggak bisa seenaknya masuk, bahkan saat salah masuk gerbang sekalipun. Hipwee Travel sempat ke sana dan salah masuk ke sisi danau yang sebaliknya. Namun langsung dimarahin Satpam karena pengunjung tidak boleh masuk ke kawasan ini, hanya boleh di spot foto di tepi jalan raya. Padahal ‘kan pengunjung tidak tahu pintu masuknya karena tidak ada plang atau papan informasi yang jelas. Jadi buat kamu yang mau ke sana, pokoknya tandain aja deh. Kalau danau sudah terlihat dari pinggir jalan, ya udah di situ deh lokasi berkunjungnya.

Danau Kaolin ini indah banget sih, tapi karena lokasinya di kawasan tambang jadi memang sulit mengeksplorasinya. Hanya bisa foto-foto di satu sudut aja sih. Tapi kalau kamu main ke Belitung, nggak ada salahnya mampir ‘kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya