Hipwee Travel akan memberikan liputan khusus destinasi wisata populer di Indonesia. Kami menamainya Reportase Wisata. Tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering jadi impian para traveler. Tak cuma destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain seputar destinasi tersebut yang tak pernah ternarasikan sebelumnya.

Untuk destinasi bulan ini pilihan kami jatuh ke Papua, provinsi paling timur Indonesia. Siapa sangka Papua punya berbagai keindahan alam yang memesona. Untuk artikel ketiga, Hipwee akan mengangkat tentang pesona Danau Love di Jayapura. Yuk simak serunya perjalanan ke sana!

Papua memang tanah surga. Pulau di ujung timur Indonesia ini memang keterlaluan indahnya. Ibukota Papua, Jayapura, pun sepertinya berhak mendapat predikat jadi salah satu kota terindah di Indonesia. Banyak banget tempat wisata, mulai bukit, pantai, danau, bahkan bandaranya saja instagramable banget lho. Memang Papua ini keindahan alamnya juara deh.

Advertisement

Di salah satu sudut Jayapura, tampak danau Sentani yang sangat luas dengan savana-savana hijau menenangkan. Sesaat sebelum mendarat di bandara Sentani, kamu bisa menyaksikan keindahan panorama alam danau Sentani yang sangat memanjakan mata.

Nah, tak jauh dari Sentani, ada pula destinasi wisata yang kini tengah hits di Jayapura. Namanya Danau Love karena bentuknya memang mirip simbol hati. Wah cocok nih didatangi bersama pasangan. Yuk simak ulasannya aja!

Berjarak kurang lebih 50 km dari pusat Kota Jayapura, Danau Love ini sejatinya bernama Telaga Imfote. Dinamai Danau Love karena bentuknya yang mirip simbol hati. So sweet banget ya

senja di danau cinta via www.hipwee.com

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan ke Papua, eits, jangan Raja Ampat melulu dong tujuannya. Memang sih Raja Ampat begitu memesona, tapi di Jayapura nggak kalah keren lho Gaes. Ada banyak tempat wisata hits yang bisa kamu datangi. Salah satunya Danau Love yang terletak di Imfote, Kecamatan Ebungfau, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Memang sih cukup jauh dari pusat kota, sekitar 50 km, namun pesona danau ini nggak perlu diragukan lagi.

danau love via www.hipwee.com

Menyaksikan danau ini dari atas seperti cuilan surga yang turun ke bumi. Papua emang nggak pernah bikin kita kecewa soal pemandangan alam!

danau love papua via www.instagram.com

Advertisement

Keindahan Danau Love ditopang oleh luasnya Danau Sentani dan ketinggian Gunung Cyclop yang berfungsi sebagai sumber air bagi warga Kabupaten dan Kota Jayapura. Dari ketinggian, tampak simbol hati dikelilingi bukit-bukit savana hijau yang sungguh enak dipandang berlama-lama. Di sana juga sudah disediakan tempat parkir, gazebo-gazebo untuk berteduh saat siang hari yang cukup terik.

Untuk menuju ke sana, kamu bisa menyewa mobil atau motor. Tapi kalau motor harus hati-hati ya, soalnya jalannya berkelok-kelok dan jarang ada permukiman padat di sekitar sana

dari tepian danau via www.hipwee.com

Tidak ada transportasi umum ke Danau Love, so kamu harus naik kendaraan pribadi. Bisa sewa motor atau mobil. Motor harganya 150 ribu, sementara mobil 600 ribu. Untuk mobil bisa lebih mahal lagi. Untuk itu, pilihan naik motor merupakan pilihan termurah dan bisa mengeksplorasi Danau Sentani dengan asyik. Tapi pastikan kamu berangkat sebelum jam 3 sore ya dari Jayapura. Lama perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Kalau telat berangkat, kamu bakal kejebak malam di jalan di mana nggak ada lampu penerangan jalan sama sekali. Agak horor sih mengingat tidak banyak kampung yang dilewati.

Tiket masuknya 20 ribu untuk motor dan 50 ribu untuk mobil. Cukup murah ‘kan?

Sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan suasana perbukitan dengan danau Sentani yang jadi pusatnya. Sangat indah dan terasa ingin berhenti di setiap spot. Jalanan naik turun sudah 70 % beraspal, hanya sedikit yang masih jalan tanah. Tapi kalau kamu ke sana di akhir pekan, pasti akan ramai sekali jalan menuju ke danau. Tak jauh dari danau, terdapat penjaga yang menarik tiket 20 ribu buat motor dan 50 ribu buat mobil.

Duduk di tepian danau ini bikin betah sambil menunggu senja. Wah kerjaan di kantor serasa hilang dari kepala!

danau imfote via www.instagram.com

Danau ini meski kecil namun sangat memanjakan mata. Hamparan savana dan bukit-bukit sekitarnya sungguh bikin pengen berlama-lama. Menunggu senja sambil menikmati secangkir kopi, aih begitu indahnya. Udah lupa deh urusan sama mantan kerjaan dan masalah-masalah lainnya. Tapi jangan keasyikan nongkrong sampai lupa pulang ya. Usahakan segera pulang semenjak matahari terbenam. Setidaknya separuh perjalananmu masih terang dan separuhnya udah gelap tapi sudah dekat dengan keramaian kota.

So, kapan liburan ke Danau Love? Sama pasangan asyik juga nih. Kalau punya lho ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya