Dampak Pandemi Covid-19, Begini Konsep Desain Kursi Pesawat di Masa Depan. Biar Lebih Aman!

Desain Kursi Pesawat di Masa Depan

Pandemi Covid-19 bikin dunia pariwisata hancur luluh lantak. Sektor yang harus mengalami kerugian terbesar adalah sektor penerbangan. Banyak pesawat menganggur dan hanya parkir di bandara karena penerbangan domestik dan internasional ditiadakan. Dari ratusan ribu penerbangan per hari, hanya tinggal ratusan yang masih beroperasi. Itupun kebanyakan tidak mengangkut penumpang melainkan mengangkut barang dan logistik.

Advertisement

Dengan berakhirnya pandemi ini yang entah kapan akan berakhir, ke depan dunia penerbangan akan sepenuhnya berubah. Mulai dari pengecekan di bandara sampai pelayanan di dalam pesawat. Tidak aneh bila nantinya pramugari mengenakan masker dan memberikan antiseptik kepada setiap penumpang. Hal yang paling fundamental adalah perubahan konfigurasi tempat duduk. Seperti apa nantinya?

Sebuah perusahaan desain asal Italia, Avointeriors, mengusulkan konsep baru dalam tempat duduk pesawat komersial. Ada 2 tipe desain yang mereka tawarkan

desain kursi pesawat di masa depan

Perusahaan desain Avointeriors menyampaikan konsep baru konfigurasi tempat duduk pesawat. Untuk mencegah pandemi di masa depan, kursi pesawat bisa dibuat dalam konsep ‘Janus’ yakni bermuka dua. Jika selama ini 3 tempat duduk kelas ekonomi berjejer tanpa sekat, konsep ini tampak berbeda. Dua tempat duduk di lorong dan jendela tetap menghadap ke depan. Sementara kursi di tengah akan menghadap ke arah belakang. Selain itu di antara mereka ada tudung atau perisai yang menjaga privasi penumpang. Hal ini juga mencegah penyebaran virus jika ada salah satu penumpang yang sakit. Konsep ini dianggap akan menghindarkan penularan virus Covid-19 ke orang lain dengan mudah.

desain kursi pesawat via www.dailymail.co.uk

Ada satu konsep satu lagi bernama Glassafe yang hanya memberikan tudung transparan di antara penumpang sampai melindungi dari belakang

menggunakan sekat via www.dailymail.co.uk

Konsep ini sebenarnya tidak beda jauh dengan konsep tempat duduk penumpang yang ada sekarang. Hanya ada inovasi tudung transparan yang membatasi penumpang dari penumpang lain. Tudung tersebut bisa dibuat dari material yang buram dan mudah dibersihkan. Sekilas konsep ini mirip seperti business class atau first class ya. Namun jika ini bisa diterapkan di kelas ekonomi bakalan bagus banget dong ya.

konsep glassafe via www.dailymail.co.uk

Menurut kamu gimana? Akankah di masa depan bakalan begini desain tempat duduk pesawat terbang?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE