Bandara Yogyakarta International Airport sudah diresmikan awal bulan Mei lalu. Banyak traveler yang agak kecewa karena lokasinya jauh dari pusat kota. Banyak pula warga kota Jogja yang mengeluh karena harus berangkat setidaknya 2,5-3 jam sebelum keberangkatan. Ya meskipun begitu. bandara YIA sudah beroperasi dan semuanya harus bisa berdamai dengan jaraknya yang jauh tersebut. Yuk #UpgradeDirimu biar nggak ngeluh meski perjalanan jauh.

Namun, kamu nggak perlu berkecil hati. Faktanya, ada banyak destinasi wisata yang berdekatan dengan lokasi bandara YIA. Kamu yang suka traveling pasti suka dengan banyaknya pilihan wisata di Kulonprogo dan Purworejo. Nih Hipwee Travel rangkum 8 destinasi instagramable yang lokasinya nggak jauh dari bandara.

Glamping de Loano, menikmati syahdunya hutan pinus dan wisata ala nomadic yang cocok buat generasi milenial

glamping de loano via www.instagram.com

Advertisement

Berlokasi tak jauh dari Desa Wisata Nglinggo, Glamping de’Loano berada di Kawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Loano milik Perhutani. Tempat wisata ini adalah inisiasi dari Badan Otoritas Borobudur (BOB) dan Perum Perhutani. Tempat wisata ini bisa juga jadi penginapan lho. Letaknya pun hanya satu jam perjalanan dari Bandara YIA.

Pantai Glagah adalah wisata paling dekat dengan YIA. Cukup 10 menit saja sudah sampai ke sana

sunset di glagah via www.instagram.com

Jika kamu lagi transit di bandara YIA dan punya waktu di atas 2 jam, lebih baik kamu jalan-jalan dulu ke pantai Glagah. Di pantai ini pemandangannya nggak biasa karena terdapat pemecah ombak di sepanjang pantai. Asyik banget  apalagi pas sunset. Cuma butuh 10 menit perjalanan lho dari YIA.

Destinasi wisata Kalibiru pasti sudah kamu tahu. Letaknya nggak jauh kok dari bandara

sunset di kalibiru via jadiberita.com

Siapa sih yang belum tahu spot paling hits di Kalibiru ini? Destinasi wisata paling populer di Kulonprogo ini cuma berjarak sekitar 20 km atau bisa ditempuh dalam waktu 45 menit dari bandara. Kalau ada waktu luang, bisa sih mampir ke sana dulu. Pemandangan begini bakalan nggak terlupakan indahnya sih.

Hutan Mangrove Wana Tirta di Kulonprogo bisa jadi opsi buat kamu yang suka spot foto kekinian. Ada banyak spot foto yang terbuat dari bambu termasuk replika Menara Eiffel

menara eiffel via mulpix.com

Advertisement

Di perbatasan Kulonprogo dan Purworejo, terdapat hutan mangrove Wana Tirta di tepi pantai yang kini telah jadi tujuan wisata muda-mudi. Telah banyak spot foto yang memanjakan pengunjung, termasuk miniatur Menara Eiffel. Cuma butuh 20 menit dari bandara untuk mencapai ke sana.

Taman Bambu Air di Waduk Sermo bisa kamu datangi jika ingin suasana sejuk pegunungan. Ada spot foto di tengah danau lho

taman bambu air via pbs.twimg.com

Kalau kamu pernah ke Kalibiru dan terlihat ada danau di antara bukit nan hijau, yap itu adalah Waduk Sermo. Jangan salah, di Waduk Sermo sendiri ada wisata Taman Bambu Air yang menyediakan spot

Air terjun Kedung Pedut juga bisa jadi alternatif saat tubuh ingin nyemplung ke dalam air. Surga tersembunyi di Kulonprogo nih

kedung pedut via www.instagram.com

Buat kamu yang suka wisata air, berkunjung ke air terjun Kedung Pedut adalah pilihan yang menarik. Air terjun ini berwarna jernih biru tosca jadi pengen segera nyebur ke sana. Butuh satu jam perjalanan dari bandara YIA ke air terjun ini.

Bendungan Kamijoro terletak di perbatasan Kulonprogo-Bantul, tepatnya di Kali Progo. Karena lokasinya searah dengan kota Jogja, jadi mampir sejenak boleh saja~

bendungan kamijoro via www.instagram.com

Tempat wisata ini masih bisa dibilang baru. Bendungan yang berada di Kali Progo ini dibangun untuk pengairan sawah seluas 2370 hektar di Kabupaten Bantul. Namun ya karena di Indonesia, bendungan Kamijoro yang baru selesai pada akhir tahun 2018 ini justru jadi tempat wisata. Satu jam waktu yang ditempuh dari bandara YIA.

Tuh kan ada banyak. Jadi buat kamu yang transit di bandara YIA atau memang ada rencana ke Jogja, jangan lupa mampir ke 7 tempat wisata itu ya.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya