Lokasi seram itu tak melulu rumah tua atau bekas bangunan lama yang sudah ditinggalkan pemiliknya saja. Pasalnya, ada juga beberapa pusat perbelanjaan atau mall di Indonesia yang justru dikenal lantaran cerita-cerita horor di sana, Delta Plaza Surabaya salah satunya. Di balik kemegahan mall yang terletak di Jalan Pemuda Surabaya ini, ternyata ada kisah menyeramkan yang sampai sekarang masih terus diminati, karenanya terus-terusan diceritakan oleh beberapa generasi. Delta Plaza masih ramai sih sampai hari ini, tapi nggak menutup kemungkinan kan kalau memang banyak makhluk tak kasat mata yang turut menghuninya? Siap-siap merinding ya…

Sebagian orang sudah paham, kalau pusat perbelanjaan yang satu ini dulunya merupakan sebuah Rumah Sakit. Telah diubah menjadi mall sekitar tahun 80-an

nih Rumah Sakit Simpang pas jaman Belanda kala itu, sama aja kan? via liputan6.com

Rumah Sakit itu dulunya bernama Rumah Sakit Simpang, karena tempatnya berada di dekat persimpangan. Mulanya, Rumah Sakit Simpang diberi nama Centrale Burgerlijke Zienkeninrichting, kemudian dikenal dengan sebutan Centrale Burgerlijke Ziekenhuis (CBZ), namun ada juga yang menyebut Simpang Hospital atau RS Simpang. Dan warga Surabaya yang melek sejarah tentu sudah sangat paham kalau RS Simpang itu sudah musnah, kini berganti menjadi bangunan yang cukup megah. Di tanah yang digunakan menjadi sasaran para hedonis sekarang ini banyak sejarah membentang, sejak jaman Daendels hingga masa kemerdekaan.

Dulunya, RS Simpang menangani pasien dan para korban pertempuran Surabaya. Dokter dan suster di sana bekerja siang malam, selama 24 jam tanpa mengenal lelah. Walau begitu, ternyata masih belum mampu juga menangani semua korban perang. Luar biasa kan? Lebih dari itu, RS ini juga difungsikan sebagai tempat rapat serta mengatur strategi oleh para pejuang Arek Suroboyo. Sungguh bersejarah, harusnya bisa jadi bangunan cagar budaya kali ya? Heuheu…

Saat masih jadi Rumah Sakit, pernah ada seorang perawat yang tewas karena terjepit lift tua. Katanya sih sampai sekarang arwah si perawat itu masih kerap menampakkan dirinya

kebayang dong betapa ngerinya kalau ada sosok suster jalan-jalan di mall ngikut kamu belanja? via merdeka.com

Advertisement

Pada malam hari, sosok perawat yang dulu meninggal di lift tua dan disebut suster gepeng ini masih kerap muncul. Saking mengganggunya si arwah ini, pada awal tahun 2000-an lalu, pihak mall bahkan meminta seorang paranormal untuk mengusur sosok tersebut. Untuk apalagi kalau bukan demi kenyamanan para pengunjung. Sekarang katanya sih masih ada, tapi penampakannya jauh lebih jarang aja. Oiya, belakangan ini masih ada lho pengunjung yang melihat ada kursi dorong yang jalan sendiri, lokasinya di tempat parkir lantai atas mobil. Ngeri nggak tuh kalau malem-malem di parkiran sendirian? Percaya nggak percaya, mungkin kamu bisa buktikan sendiri ke sini, atau bawa kawanmu yang memang terlahir peka terhadap kehadiran makhluk tak kasat mata.

Nggak berhenti sampai di situ saja rumor yang beredar, masih ada lagi penampakan perempuan berbaju putih yang berada di pepohonan antara Delta Plaza dan WTC. Yang ini mantan suster juga bukan ya?

inget bukan pohon depan, tapi pohon belakang sama samping yang deket WTC via panduanwisata.id

Beberapa waktu lalu juga ada seorang wanita yang meninggal di area tempat parkir Delta Plaza karena tertimpa pohon bambu yang tersambar petir. (lagi-lagi), percaya nggak percaya, beberapa orang mengaku masih kerap melihat sosok wanita itu yang tengah menangis di titip tempat dia meninggal. Ati-ati makanya kalau jalan. Terus, ada satu pohon lagi yang juga cukup mengerikan. Yaitu, pohon beringin besar yang katanya angker banget di belakang Delta Plaza, tepatnya dekat dengan Surabaya Hotel dan juga sungai. Banyak orang menyarankan, jangan pernah bawa anak kecil kalau kamu mau ngelewatin tempat ini. Takutnya dia kenapa-napa nanti.

Ngeri mana sih, penampakan berwujud muka mengerikan, atau hanya suara-suara yang sebenarnya sama-sama mencekam?

di balik megah dan modernnya pusat perbelanjaan ini, ternyataaa… via jpnn.com

RS Simpang dulunya menjadi RS pusat di Surabaya, rumah sakitnya para pribumi. Karena rumah sakit- rumah sakit lainnya dikhususkan hanya untuk warga Belanda. Sebenernya sampai sekarang pun, kalau kamu lewat di lorong-lorong Delta Plaza, emang mirip sama rumah sakit kan ya? Dan walau si suster gepeng dibahasan awal tadi sudah jarang menampakkan diri, di lorong-lorong pusat perbelanjaan ini malah jadi cukup sering terdengar suara-suara jeritan dia yang pernah terjepit di lift tua itu. Kamu milih mana, kelihatan atau mendengar jeritan? Mending nggak dua-duanya sih -_-

Terlepas dari ragam cerita seram di Delta Plaza Surabaya, masyarakat tetep berlomba-lomba untuk belanja kok, apalagi kalau pas gede diskonnya. Hehee… Makhluk serupa jin atau apalah yang tak kasat mata sejatinya ada dimana-mana, tak terkecuali di bangunan lama yang sudah diubah jadi modern kaya si Delta ini. Semoga arwah perawat dan wanita yang ketimpa pohon terkena petir tadi nggak ganggu-ganggu lagi ya. Amin!