Bagi yang pernah singgah atau sekolah di Jogja, pasti tahu kalau kota yang satu ini sebenarnya surga ayam goreng crispy. Bukan karena banyak gerai franchise internasional yang maskotnya eyang-eyang berjenggot itu, tapi karena di Jogja, banyak banget warung ayam goreng crispy lokal yang mantul rasanya!

Bukan cuma rasanya yang bersaing sama resep dunia, harganya itu lo murah meriah. Bahkan, ayam goreng crispy lokal bisa disebut salah satu menu favorit mahasiswa di tanggal-tanggal kritis sebelum transferan dari orangtua datang — karena semurah dan seenak itu. Harganya rata-rata cuma kisaran belasan ribu rupiah saja! Mau tahu ayam goreng crispy lokal mana saja yang masuk daftar rekomendasi Hipwee Travel kali ini, baca deh…

1. Olive Fried Chicken, salah satu fried chicken lokal yang hampir semua orang Jogja tahu. Selain gurih dan renyah, porsi ayam ini juga besar

Benar-benar enteng harganya! via www.facebook.com

Advertisement

Siapa yang belum pernah mendengar Olive? Bukan tokoh animasi itu ya, tapi nama fried chicken lokal di Jogja. Potongan dagingnya yang super gede, ditambah bumbu yang menyerap hingga daging jadi alasan mutlak untuk menjadi daftar menu ayam krispi yang patut dicicipi. Selain itu, kulitnya yang krispi ditambah dengan sensasi lembutnya daging menambah nilai plus bagi fried chicken lokal satu ini.

Selain menjual ayam goreng, ada varian menu lain seperti burger, kentang goreng hingga es krim!

Daging olive! via www.hipwee.com

  • Nama: Olive Fried Chicken
  • Alamat: Jl. Wahid Hasyim No.21, Dabag, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • Jam Buka: 09.00-21.30
  • Harga: Rp. 11.000,- (paket nasi ayam dada dan es teh)

2. Ada Olive, ada juga Popeye fried chicken di Jogja. Kalau di film animasinya mereka tuh pasangan, di dunia per-ayam-an Jogja, mereka bersaing ketat. Nggak kalah enak dan murah~

Gurih dan lembut! via www.hipwee.com

Advertisement

Apa ini pasangannya toko sebelah ya? Sebuah pertanyaan yang biasanya muncul kalau melihat nama restoran ini. Popeye Fried Chicken, adalah restoran kedua yang dikunjungi Hipwee Travel. Potongan dagingnya besar, dan sudah pasti gurih ditambah kulit dan tepung yang garing menambah kenikmatan ayam ini. Bumbunya meresap tetapi tidak terlalu kuat, jadi bisa banget dimakan tanpa nasi buat kamu yang wacana diet tapi masih pengen cheat.

Teruntuk kamu yang mencari menu lain, Popeye menyediakan burger, aneka kentang goreng, hingga chicken steak!

daging popeye, duh! via www.hipwee.com

  • Nama: Popeye
  • Alamat: Jl. Nologaten, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • Jam Buka: 09.00-21.30
  • Harga: Rp. 12.000,- (paket nasi ayam dada dan es teh)

3. Salah satu legenda fried chicken lokal di Jogja, Yogya Chicken! Dagingnya gurih dan renyah. Memiliki cita rasa yang akrab di lidah! Siapa yang udah pernah kesini?

Si legenda, Yogya Chicken via www.hipwee.com

Sudah berdiri sejak tahun 1997, usaha ayam goreng ini mulanya merupakan usaha keluarga. Salah satu poin yang terasa sekali adalah bumbu tradisional masih digunakan. Bisa dikatakan semacam bumbu ungkep ayam tetapi digoreng dengan tepung. Memang bila dibandingkan dengan yang lainnya tepungnya dan ukurannya sedikit lebih kecil, tetapi tidak mengurangi rasa nikmat dari Yogya Chicken.

Selain ayam, ada juga burger, kentang goreng, perkedel dan aneka jus. Duh nikmat banget ya!

Daging Yogya Chicken via www.hipwee.com

  • Nama: Yogya Chicken
  • Alamat: Jl. Tri Brata No.5, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta
  • Jam Buka: 08.30-21.30
  • Harga: Rp. 9.000 (ayam bagian dada)

4. D’Ayam Crispy, salah satu fried chicken lokal yang memiliki beraneka macam saus. Seperti namanya, tepungnya benar-benar renyah! Buat kamu pecinta kerenyahan, wajib coba!

Renyahnya paling juara! via www.hipwee.com

D’Ayam Crispy merupakan fried chicken lokal yang cukup berbeda dengan restoran lainnya. Soalnya selain menikmati ayam goreng tepung, kita bisa menambahkan saus pada ayam. Varian sausnya juga banyak, mulai dari barbeque hingga keju. Tepungnya yang renyah merupakan keistimewaan dari D’Ayam Crispy. Potongan dagingnya cukup besar ditambah dengan balutan tepung menambah ukuran ayam ini. Untuk bumbunya tidak terlalu meresap hingga ke daging.

Hipwee Travel merekomendasikan untuk mencicipi ayam dengan sausnya supaya lebih mantap!

penampakan daging DAC! via www.hipwee.com

  • Nama: D’Ayam Crispy
  • Alamat: Ruko Nologaten Square CT E, Jalan Nologaten No.14, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Tempel, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • Jam Buka: 09.00-21.00
  • Harga: Rp. 11.000,- (ayam bagian dada)

5. JET Fried Chicken, mungkin sebagian belum pernah mendengar. Tapi jangan ragukan rasanya, tidak kalah dengan keempat fried chicken lokal!

Garing dan renyah via www.hipwee.com

JET Fried Chicken, mungkin namanya tidak setenar dengan fried chicken lokal lainnya. Ini juga kali pertama Hipwee Travel mencoba olahan ayamnya. Ternyata rasanya nikmat! Daging ayam diggoreng garing hingga nampak keemasan. Renyah dan gurih sudah pasti dapat dirasakan saat menyantap ayam ini. Dagingnya cukup lembut, bumbunya juga cukup terasa hingga ke daging walau tidak terlalu kuat. Gratis es teh bila kamu ingin membawa pulang satu porsi ayam dada dan nasi!

Selain ayam, ada juga olahan kentang goreng, burger, spageti, hingga salad buah. Yummy!

penampakan daging JET! via www.hipwee.com

  • Nama:JET Fried Chicken
  • Alamat: Jl. Manggis No.82, Dabag, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • Jam Buka: 09.00-21.00
  • Harga: Rp. 11.000,- (paket nasi ayam dada dan es teh)

Itulah beberapa fried chicken lokal yang bisa kalian nikmati di Jogja. Beberapa memiliki rasa, tekstur, ukuran yang berbeda-beda. Semuanya nikmat dan enak dan tergantung juga dengan selera kamu. Coba sekarang kasih tahu ke Hipwee Travelfried chicken lokal mana yang jadi andalan kamu!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya