Di Twitter beberapa hari belakangan ramai thread yang share tentang gaji masing-masing. Nggak nyangka lho anak muda sekarang banyak yang gajinya double digit alias di atas 10 jutaan. Bahkan nggak jarang yang sampai angka 50 juta per bulan. Wah kalau gajinya per bulan segitu mah mau liburan ke mana aja bisa dengan mudah dong ya.

Namun faktanya, ketimpangan sosial di Indonesia terlalu lebar jurang pemisahnya. Di sisi lain, kebanyakan orang masih digaji sesuai UMR yang sebenarnya sangat jauh angkanya ketimbang yang sudah disebutkan di atas. Rata-rata UMR di Jawa masih berkisar antara 1-2 jutaan per bulan. Cuma beberapa kota besar aja yang sampai 3 dan 4 juta. Lalu gaji UMR 2 jutaan apakah bisa liburan ke luar negeri kaya orang-orang di Instagram?

Advertisement

Oke, mari simak tips dari Hipwee Travel biar kamu bisa liburan ke luar negeri meski gaji kamu 2 jutaan. Anggap saja gaji kamu 2,5 juta ya biar enak ngitungnya.

Pertama, bagi gajimu ke dalam 5 bagian ala Li Ka Shing dan mulailah menabung. Pembagian itu agar kamu bisa mendapat budget liburan per tahun yang cukup besar

Catat yang benar/ Credit: iMind via www.imindq.com

Konsep pembagian uang ke dalam 5 bagian ala Li Ka Shing ini cocok untuk kamu yang gajinya pas pasan. Sisihkan 30 % untuk biaya hidup, 20 % untuk sosial (bisa hubungan silaturahmi, kondangan, donasi dst), 15 % untuk pengembangan diri, 25 % untuk investasi dan 10 % untuk liburan. Jadi kalau gajimu 2,5 juta pembagiannya adalah 750 ribu untuk biaya hidup, 500 ribu untuk sosial, 375 ribu untuk pengembangan diri, 250 ribu untuk liburan dan sisanya yakni 625 ribu untuk investasi. Lakukan itu dulu deh rutin, jadi setahun ada 3 juta rupiah buat kamu jalan ke luar negeri.

Segitu mana cukup? Ya memang nggak cukup, tapi kamu bisa gunakan uang itu untuk beli tiket aja. Beli tiket pesawat jauh-jauh hari biar dapat murah. Mau coba paylater juga bisa

Pesawat AirAsia via www.airlineratings.com

Uang sejumlah 3 juta ini bisa banget buat liburan ke Korea, Jepang ataupun keliling beberapa negara ASEAN. Dengan catatan hanya untuk tiketnya saja lho ya. Yap, tabungan setahun tadi anggap saja hanya untuk beli tiket. Kalau tiket (promo) sudah di tangan, gampang kok nanti uang sakunya.

Advertisement

Nah, kamu bisa ambil porsi dana investasi yang nominalnya 625 ribu per bulan. Putarkan dana kamu senilai 7,5 juta per tahun untuk investasi usaha kecil-kecilan atau sekedar beli emas. Nah tepat setahun, estimasikan kamu dapat benefit 1-2 juta dari dana investasi kamu tadi. Uang kamu di pos investasi sudah mencapai 9 juta (asumsi cuan 1,5 juta). Dari nominal itu ambil separuhnya untuk jalan-jalan lalu sisanya diputarkan lagi. Lumayan 4 jutaan buat liburan cukup lah.

Gaya backpacker pasti sangat membantumu selama di perjalanan. Nginep di hostel aja deh biar murah bayarnya

alasan kenapa harus backpacker via www.thrillophilia.com

Sobat misqueen nggak usah gaya ya mau tidur di mana. Hostel atau airbnb kini sudah variatif banget dan murah-murah. Platform online booking seperti Reddoorz maupun Airy (domestik) ataupun OYO di luar negeri cukup murah harganya. Harga 100 ribuan aja udah menang banyak. Untuk makannya, jangan lupa banyak bekal Indomie dan abon ya. Jadi di sana beli nasi doang aja.

Kalau udah miskin harta jangan sampai miskin pertemanan dan networking. Cari sponsor trip kamu dalam bentuk barang atau jasa

kerjasama dengan sponsor via www.coffeeandstories.com

Kalau ditanya ada nggak yang mau berangkatin kamu liburan? Mungkin nggak ada. Tapi ada nggak yang mau bekerjasama mencari konten di luar negeri? Banyak sekali. Untuk itulah cari partner yang bisa kerjasama untuk itu. Kalau kamu nggak punya kamera, datanglah persewaan kamera dan bikinlah kerjasama. Kamu bawa kameranya gratis tapi nanti foto dan videonya kamu kasih ke mereka juga. Atau kamu potret barang tertentu, tapi kamu dapat gratis misal alat pendakian gunung. Banyak sekali caranya asal mau berusahan Gaes.

Terakhir, rajinlah ikut kompetisi di Instagram ataupun Giveaway. Modalnya murah cuma kuota doang, hadiahnya mewah bisa ke luar negeri

liburan ke luar negeri via www.platinumcarela.com

Banyak banget kompetisi foto ataupun Giveaway dengan hadiah paket ke luar negeri. Ikuti aja terus semuanya, nggak ada ruginya kan? Lama kelamaan kamu akan jadi giveaway hunter dan suatu saat pasti akan menang. Asal cari kompetisi yang sederhana misal foto atau bikin cerita menarik dan hadiahnya ke luar negeri. Tiap hari ada lho kontes begituan.

Gimana, sudah ada gambaran belum? Gaji 2 jutaan tetep bisa kok ke luar negeri.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya