Lusa adalah peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 74. Banyak cara untuk memperingati kemerdekaan ala generasi millenial. Selain upacara dan lomba 17-an, cara yang paling populer adalah naik gunung. Ada banyak gunung yang bisa didaki untuk merayakan kemerdekaan. Lebih terasa syahdu dan penuh semangat upacara kemerdekaan di gunung. Kamu pernah memperingati kemerdekaan di gunung mana, Gaes?

Buat pendaki gunung, berikut ini Hipwee Travel kasih rekomendasi 7 gunung yang jadi favorit untuk upacara kemerdekaan 17 Agustus. Mulai dari Sumatra sampai Lombok, berikut ini gunung yang sebaiknya kamu daki untuk 17-an. Yuk kemasi ransel kamu buat mendaki gunung lagi!

Gunung Merbabu merupakan gunung yang indah dan cocok untuk upacara 17 Agustus-an

gunung merbabu via www.radarjogja.co.id

Advertisement

Sebenarnya, harus diakui bahwa Gunung Merbabu jadi salah satu gunung tercantik di Jawa. Namun popularitasnya kalah dari Gunung Semeru. Padahal kalau dilihat pemandangannya, Gunung Merbabu punya keindahan yang luar biasa. Upacara bendera di gunung ini bakalan seru banget sih.

Gunung Prau jadi gunung favorit para pendaki beberapa tahun belakangan. Memang pemandangannya kece banget sih!

gunung prau via www.instagram.com

Gunung Prau adalah gunung paling populer di Jawa Tengah saat ini. Selain karena pemandangannya memang indah, cara menuju ke puncaknya pun relatif mudah. Buat kamu yang pemula pun cocok mendaki ke sini. Saking favoritnya, gunung ini selalu penuh saat weekend, terutama pas tanggal 17 nanti.

Kamu bisa memperingati 17-an di Gunung Lawu. Jangan lupa mampir ke warung Mbok Yem ya

gunung lawu via gunung.id

Gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini bisa jadi alternatif kalau gunung-gunung lainnya penuh. Apalagi di atas ada warung Mbok Yem, jadi bisa sekalian mampir ke sana. Lokasinya juga cukup strategis buat kamu yang mendaki start dari Jogja ataupun Surabaya. Tapi hati-hati ya, gunung Lawu dikenal cukup mistis lho. Hehehe.

Buat kamu yang di Jabodetabek, Gede Pangrango jadi pilihan paling tepat sih untuk memperingati kemerdekaan

Alun-alun Suryakencana Gunung Gede via inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Advertisement

Lokasinya yang dekat dengan Jakarta bikin Gunung Gede Pangrango jadi pilihan tepat untuk upacara kemerdekaan di alam. Banyak spot yang lapang di gunung tersebut. Jalur pendakian pun relatif mudah. Jadi upacara bendera di gunung ini sering dilakukan di gunung Gede. Meskipun rame nggak masalah dong ya.

Meski biasanya kuotanya habis, Gunung Semeru nggak boleh dilewatkan untuk upacara 17-an. Khidmat banget sih upacara di sana

pagi hari di ranu kumbolo via www.instagram.com

Gunung Semeru selalu menyimpan keindahannya yang paripurna. Mulai dari Ranu Kumbolo sampai puncak Mahameru selalu mempesona bagi para pendaki. Selalu ada upacara 17 Agustus-an di gunung tertinggi di Jawa ini. Karena mendaftar ke Semeru sistemnya online, jadi pastikan dulu kuotanya masih ada ya. Kalau sudah habis ya jangan nekat ke sana. Hehehe.

Upacara 17 Agustus di Gunung Merapi selalu dihadiri oleh banyak pendaki. Bahkan sering ada bendera raksasa di sini

gunung 17 Agustus via www.brilio.net

Gunung Merapi selalu jadi langganan upacara kemerdekaan 17 Agustus. Banyak komunitas maupun pendaki yang rela mendaki gunung untuk upacara di Merapi. Tak jarang bendera raksasa pun dikibarkan di sini.

Gunung berapi tertinggi di Indonesia, Kerinci, sangat menarik didaki ketika hari kemerdekaan Indonesia. Merdeka dari puncak tertinggi!

Yuk tapaki puncak tertinggi, Kerinci via primaradio.co.id

Mendaki puncak Kerinci yang mempunyai ketinggian 3.805 mdpl bakalan terasa lebih menantang saat hari kemerdekaan Republik Indonesia. Berdiri di puncak tertinggi Indonesia yang berada di perbatasan Jambi dan Sumatera Barat sembari membawa bendera merah putih bakalan bikin terharu banget sih. Yuk tapai puncak tertinggi di Kerinci!

Dari 7 gunung ini, mana yang paling ingin kamu daki pas upacara 17-an nanti?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya