Sadar nggak sih kalau sebentar lagi tahun 2019 akan berakhir? Tandanya, kamu harus siap-siap untuk merencanakan liburan akhir tahun 2019. Pasti udah mengidamkan banget kan liburan akhir tahun. Abisnya kepala udah mumet banget sama kerjaan yang nggak ada abisnya. Plus tahun ini juga banyak tanggal merah yang jatuhnya di weekend. Nasib~

Daripada makin spaneng, yuk rencanakan liburan akhir tahun 2019 bareng temen, keluarga, gebetan, atau mantan (eh). Cek ide liburan akhir tahun yang bisa kamu pilih di bawah ini:

1. Island hopping di Kepulauan Seribu, libur cuma 2 hari bisa dapet pengalaman seru!

Kepulauan Seribu (Foto: iStock)

Walaupun waktu liburanmu sedikit, tetap bisa kok liburan ke pulau. Kamu bisa menikmati liburan 2 hari 1 malam yang seru dan lengkap di Kepulauan Seribu. Mulai dari snorkeling di Pulau Putri dan Pulau Macan Gundul, jelajah Pulau Perak dan Pulau Dolphin, dan sunset-an di Pulau Bulat. Malamnya baru deh BBQ-an di Pulau Harapan. Duh, membayangkannya aja udah seru!

2. Kulineran sekaligus nikmati alam di Lembang. Banyak banget pilihan wisatanya~

Dusun Bambu, Lembang (Foto: iStock)

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Lembang. Awali harimu dengan melihat sunrise di Tangkuban Perahu Upas Hill. Setelah itu, coba deh ikut Lembang Fun Offroad Tour. Kamu bakal dibawa membelah hutan di Lembang naik jeep. Kalau kamu pengen berburu spot instagramable biar feed Instagram bagus, agendakan liburan ke Dusun Bambu. Di sini kamu bisa naik perahu di danau dengan latar rumah bambu yang kece kalau dijadikan background foto. Eits, jangan lupa kulineran dengan nasi liwet ya!

3. Jelajah pantai tersembunyi di Bali. Fix kamu bakal jadi travel-setter!

Pantai Bias Tugel, Bali (Foto: iStock)

Kalau biasanya ke Bali, pasti ke Seminyak dan Kuta, coba deh jelajah Bali timur. Ada pantai tersembunyi yang nggak kalah indah lho. Ada Pantai Bias Tugel dan Virgin Beach yang bisa kamu datangi. Dijamin indah banget dan bisa bikin temen-temen kamu pengen ke sana, pantai pasir putihnya keren! Selain mantai, kamu juga bisa lihat proses pembuatan garam laut di Desa Kusamba yang lokasinya nggak begitu jauh. Pasti temen kamu langsung chat nanya “Di mana sih itu? Seru dan bagus banget”.

4. Belajar seni dan budaya di Yogyakarta. Selain seru, kamu bisa dapat banyak pengetahuan

Membuat batik (Foto: iStock)

Liburan akhir tahun ini bakal berkesan kalau kamu pilih atraksi wisata yang nggak biasa. Misalnya ikut workshop membuat batik langsung dari ahlinya di Museum Batik. Perkaya juga pengetahuanmu tentang sejarah dan budaya Indonesia dengan menonton kisah legendaris Ramayana di Mandira Baruga atau berkunjung ke Museum Affandi yang memamerkan lukisan maestro pelukis Tanah Air.

5. City tour di Surabaya. Walaupun terkenal akan panasnya, Surabaya punya banyak hidden gem lho~

Jembatan Suramadu saat senja (Foto: iStock)

Surabaya nggak punya kuliner bebek yang enak, ada banyak spot wisata yang bisa bikin liburan seru. Mulai liburan di Surabaya dengan berkunjung ke Taman Mangrove Wonorejo dan lanjutkan perjalanan melihat megahnya Jembatan Suramadu. Kamu juga bisa lihat sunset yang romantis di Pantai Ria Kenjeran.  Ayo rek ke Suroboyo!

Pasti kamu udah mikir deh bakalan ribet merencakan agenda liburan dan ngepasin budget-nya. Tunggu-tunggu, jangan mundur dulu baca rekomendasi di atas. Ada fitur travel planning yang bikin agenda liburan kamu berjalan lancar. Empat fitur dari Traveloka bisa menyimpan penerbangan, hotel, dan destinasi impian kamu dengan mudah. Untungnya lagi, kamu bisa dapat harga akomodasi sesuai budget.

Apa aja empat fitur itu? Traveloka punya fitur Saved & Collection yang bikin kamu gampang banget menyimpan pilihan transportasi, akomodasi, activity, dan restoran yang kamu incar. Menariknya, kamu bisa dapat pop-up notifikasi untuk hotel yang kamu incar kalau ada perubahan harga.  Item yang kamu simpan bisa dikelola dan dibuat menjadi halaman koleksi yang di-personalized semau kamu! Atur deh sesuai tema dan destinasi yang kamu impikan

Fitur Saved & Collection Traveloka (Foto: dok. Traveloka)

Nah dua fitur terakhir pasti adalah fitur yang jadi favorit banget karena berhubungan dengan budget. Ada fitur Price Alert yang secara cerdas memonitor harga tiket pesawat yang    diinginkan dengan mengirimkan notifikasi ketika tiket pesawat yang sesuai budget liburanmu. Terakhir, ada fitur Kalender Harga yang menampilkan harga terendah tiket pesawat dan hotel yang kamu inginkan. Bisa disesuaikan sama budget dan nggak bikin kantong jebol, deh. Udah gampang gini bikin rencana liburan, masa nggak kuy sih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya