Entah mengapa, mie instan begitu sangat melekat dan seolah identik dengan masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan penetrasi mie instan sanggup masuk ke pelosok-pelosok nusantara yang terpencil sekalipun. Bagi sebagian masyarakat Indonesia yang berada di garis kemiskinan, mie instan adalah sebuah kemewahan. Bagi anak kosan, mie instan adalah penyelamat di akhir bulan.

Meski sering dicap sebagai makanan yang kurang menyehatkan dan banyak micinnya (tapi ini yang bikin enak), tapi mie instan tetap jadi favorit. Merk merk seperti Supermie, Indomie, Mie Sedap, bahkan merk-merk Korea selalu jadi kegemaran masyarakat Indonesia. Menariknya, konsumsi mie instan di Indonesia ternyata jadi no 2 terbanyak di dunia. Wah, gila sih. Bisa nggak nih Indonesia disebut Republik Mie Instan?

Mie instan adalah salah satu produk makanan yang jadi andalan Indonesia. Harganya murah, rasanya macam-macam, penyajiannya mudah, jadi beberapa keunggulan mie instan

indomie goreng via riauaktual.com

Advertisement

Mie instan adalah andalan para mahasiswa dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Pecinta mie instan datang dari semua kalangan, tak mengenal strata maupun status sosial. Penyajiannya yang mudah serta rasanya yang lezat membuat mie instan jadi makanan yang jadi favorit banyak orang. Lagipula, harganya lumayan terjangkau dan punya berbagai varian rasa yang menggugah selera. Ada rasa soto, rendang, kari ayam, ayam bayang sampai sambel ijo aja ada. Nggak salah kalau salah satu merk mie instan, Indomie, telah hampir menguasai dunia. Kamu bisa menemukan mie tersebut di Eropa, Amerika, Asia, bahkan jadi makanan pokok di Afrika.

Dengan konsumsi sebanyak 126,2 juta porsi di tahun 2017, Indonesia jadi negara nomer 2 yang paling banyak mengonsumsi mie instan dalam setahun

indonesia negara mie instan via medan.tribunnews.com

Berdasarkan lembaga World Instant Noodle Association (WINA), konsumsi mie instan dunia di tahun 2017 adalah sebanyak 1,001 milyar porsi. Padahal populasi dunia sekitar 7 Milyar penduduk. Bukti kalau mie instan sudah mendunia dan jadi makanan sebagian besar penduduk dunia.

Di Indonesia sendiri, konsumsi mie instan pada tahun 2017 menjadi nomer 2 terbanyak setelah China. Masyarakat Indonesia total makan 126,2 juta porsi dalam setahun. Dari jumlah segitu, berapa bungkus yang berasal dari kontribusi kamu? Hehehe. Pantas banget ya Indonesia disebut Republik Mie Instan. Orang kita emang sukanya yang murah, enak dan serba instan. Hehehe.

Dalam daftar 10 negara dengan konsumsi mie instan terbanyak, China berada di posisi pertama. Ya wajar sih China penduduknya aja 2 Milyar sendiri.

mie instan via thehoneycombers.com

Advertisement

Dalam website WINA, kamu bisa menemukan grafik permintaan global dari mie instan di seluruh dunia. Nomer 1 China dengan 389,7 juta porsi karena selain penduduknya suka dengan mie instan, jumlah penduduknya udah banyak banget. Disusul Indonesia, Jepang (awal mula mie instan), India dan Vietnam. Amerika Serikat, Filipina, Korea, Thailand, dan Brazil mengisi peringkat 6-10. Bukti kalau mie instan bukan dominasi negara Asia saja melainkan telah menyebar ke seluruh dunia.

1. China sebanyak 389,7 juta porsi

2. Indonesia sebanyak 126,2 juta porsi

3. Jepang sebanyak 56,60 juta porsi

4. India sebanyak 54,20 juta porsi

5. Vietnam sebanyak 50,60 juta porsi

6. Amerika Serikat sebanyak 41,30 juta porsi

7. Filipina sebanyak 37,50 juta porsi

8. Korea sebanyak 37,40 juta porsi

9. Thailand sebanyak 33,90 juta porsi

10. Brazil sebanyak 22,30 juta porsi

Buat anak kosan, mari kita tingkatkan peringkat Indonesia dengan makin banyak makan mie instan. Mumpung sebentar lagi akhir bulan. Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya