Menjadi salah satu destinasi wisata favorit oleh banyak pelancong, Jogja memiliki berbagai macam pilihan kuliner yang nggak kalah menggiurkan. Kalau kamu tahunya hanya gudeg dan kopi joss, dapat dikatakan bahwa kamu belum benar-benar mengenal dan mengetahui kuliner Jogja dari ujung hingga ujung.

Terletak di sisi utara pusat kota, tepatnya di Kabupaten Sleman, ada sebuah surga kecil bagi para pecinta olahan jamur bernama Jejamuran Resto. Tempat yang menyediakan berbagai macam olahan jamur dari makanan ringan hingga berat ini cukup terkenal, bahkan di telinga masyarakat luar Jogja. Penasaran kan seperti apa tempat tersebut? Baca sampai habis ya!

Tak banyak yang sadar lo jika ternyata Jejamuran Resto telah berdiri sejak tahun  90-an silam

Jejamuran nampak dari depan via www.kotajogja.com

Advertisement

Terkenalnya Jejamuran Resto ini ternyata bukan baru saja kemarin sore, namun telah ada dan berdiri sejak tahun 90-an lalu. Restauran olahan jamur yang berada di alan Pramuka No.53, Pandowoharjo pertama kali didirikan oleh seseorang bernama Ratidjo. Sejak awal mula berdirinya tempat ini pertama kali, bukan hanya sebagai tempat makan dan warung kuliner, namun juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat tentang jamur.

Uniknya, dari dulu hingga sekarang, sang pemilik tetap mempertahankan tradisi dan kerahasiaan resepnya sehingga olahan jamur di tempat ini begitu eksklusif.

Jejamuran Resto hingga saat ini terkenal sebagai salah satu surga bagi para penikmat Jamur

Salah satu menu di Jejamuran via www.instagram.com

Seperti dengan namanya, Jejamuran Resto menjadi salah satu surga bagi para penikmat jamur lantaran banyaknya variasi olahan jamur yang begitu nikmat di tempat ini. Mulai dari camilan-camilan ringan, sate jamur, tongseng, hingga banyak olahan lainnya dapat dengan mudah kamu temukan di sini.

Advertisement

Bahkan, nggak cuma makanan aja lo yang dibuat dari bahan-bahan dasar berupa jamur di tempat ini. Beberapa menu minuman andalannya pun juga menggunakan jamur sebagai bahan campuran yang tentunya akan membuat sensasi berbeda saat larut ke tenggorokan.

Jamur yang dijual di tempat ini ternyata merupakan hasil yang berkualitas dari perkebunan pribadi

Berbagai macam jenis jamur yang dibudidayakan via www.instagram.com

Selain memberikan suguhan olahan jamur yang begitu menggoda, ternyata Jejamuran Resto ini juga memiliki lahan sendiri untuk mengembangkan jamurnya. Dengan begitu,  berarti mereka mengolah produk-produk tersebut dari langkah yang paling bawah, yaitu pembibitan jamur dan merawatnya hingga siap panen.

Tak mengherankan jika jamur yang disuguhkan di tempat ini merupakan jamur-jamur yang berkualitas dengan pilihan-pilihan tertentu. Bahkan, pengunjung juga dapat belajar secara langsung bagaimana cara membudidayakan dan mengkonsumsi jamur dengan benar dan tepat.

Bagi kamu yang punya sifat nggak sabaran, tenang aja karena pelayanan di tempat ini tergolong cepat dan ramah

Pelayanan yang cepat dan ramah via www.instagram.com

Selain memiliki berbagai macam menu dengan cita rasa selangit, Jejamuran Resto juga memberikan pelayanan yang begitu ekstra kepada para pengunjungnya. Tampil dengan seragam batik yang menunjukkan kebudayaan lokal, para pelayan di tempat ini akan melayani semua pengunjung dengan ramah dan tentunya cepat dan sigap.

Nah, bagi kamu yang sering nggak sabaran ketika makan di restauran, nggak perlu khawatir karena di Jejamuran Resto ini kamu akan dilayani dengan secepat mungkin.

Setelah selesai makan dan belajar tentang seluk beluk jamur, kamu juga bisa berfoto ria

Berfoto ria / Foto IG: chyntiadevimp via www.instagram.com

Zaman sekarang, nggak lengkap rasanya kalau hanya makan-makan aja. Nah, di Jejamuran ini banyak memiliki spot yang cakep untuk berfoto ria lo. Salah satunya yang paling menjadi favorit para pengunjung adalah area penanaman jamur yang dibuat sedemikian rupa. Spot yang penuh dengan jamur yang masih segar ini nampak begitu natural dipadu dengan background kayunya yang serba coklat.

Selain berfoto, kamu juga bisa menikmati terapi ikan di kolam kecil yang telah disediakan oleh pihak pemilik. Untuk menikmati fasilitas ini kamu tak perlu mengocek biaya lagi alias gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun. Enak banget kan!?

Nah bagi kalian yang penasaran banget gimana rasanya menikmati olahan jamur di surganya pecinta jamur ini, sesekali coba sempatkan untuk berkunjung ke Jejamuran Resto. Ditunggu ceritanya juga ya!

Alamat : Jalan Pendowoharjo Niron RT 01 RW 20, Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta

Jam buka :  09.00 – 21.00

Harga : Rp5.000,00 – Rp20.000,00 untuk menu utama 

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya