Seluruh definisi dan syarat tempat wisata yang ngangenin dimiliki Jogja. Kulinernya murah meriah, suasananya romantis, destinasi wisatanya instagramable, sampai warganya yang ramah jadi beberapa alasan Jogja selalu bikin rindu. Kamu yang sudah pernah tinggal di Jogja dan sekarang di kota lain, adakah kamu merasa kangen untuk berkunjung kembali ke kota ini?

Alasan lain yang bikin kamu sebaiknya datang ke Jogja adalah fasilitas baru sewa atau pinjam sepeda gratis. Fitur baru bernama Jogjabike ini adalah fasilitas persewaan sepeda yang bisa kamu gunakan untuk keliling-keliling di kawasan Malioboro. Wah asyik banget ya. Yuk kita kepoin Jogjabike yang kece banget!

Jogjabike adalah fasilitas sewa sepeda secara online di kawasan wisata Malioboro, Jogja. Bagaimana cara menggunakannya?

jogjabike via travel.kompas.com

Advertisement

Buat kamu yang capek jalan kaki di sepanjang jalan Malioboro, Jogja, ada satu pilihan buat kamu gunakan yakni bersepeda. Perkenalkan Jogjabike, sebuah fasilitas sewa sepeda secara online yang disediakan di ikon wisata kota Jogja ini. Cara untuk memanfaatkan fasilitas sepeda ini cukup mudah kok. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi Jogjabike di Playstore di hape kamu. Setelah menginstal aplikasi, datanglah ke Shelterpit dan scan barcode, setelah itu kamu bisa langsung mendapatkan pinjaman sepeda gratis di Malioboro. Selesai dipakai, sepeda harus dikembalikan ke ShelterPit semula. Cukup mudah ‘kan?

Ada sejumlah 20 sepeda yang bisa kamu gunakan secara gratis. Tapi kalau nggak cepet bisa-bisa kehabisan sih.

jogjabike gratis via kumparan.com

Sebagai tahap awal, Jogjabike dan Pemkot Yogyakarta menyediakan 20 sepeda yang bisa disewa. Kamu bisa menggunakannya secara gratis lho karena masih sebatas ujicoba sampai akhir tahun nanti. Ke depan, Jogjabike ini akan berbayar meski belum diketahui berapa harga sewanya. Sejumlah 20 sepeda ini dibagi dalam empat titik Shelter. Mulai dari Loco Cafe, depan Malioboro Mall, depan Kepatihan serta depan Benteng Vredeburg. Saat ini masih digunakan untuk seputaran Malioboro saja sih ya. Targetnya sih akhir tahun 2019 sudah ada 1.000 sepeda yang tersedia di berbagai destinasi wisata di Jogja. Wah mantap juga nih!

Fasilitas baru ini diyakini bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jogja, khususnya ke Malioboro. Kapan kamu ke Jogja lagi?

malioboro di malam hari via www.hipwee.com

Malioboro tengah berbenah untuk jadi destinasi wisata yang nyaman dan ramah lingkungan. Sebelumnya, Malioboro jadi destinasi yang ramah pejalan kaki dengan menghilangkan lahan parkir dan mengubahnya menjadi pedestrian yang cukup luas. Tak cukup sampai di situ, Malioboro kian menghias diri dengan ornamen-ornamen lucu serta beragam festival yang mampu mendatangkan massa. Dengan tambahan fitur Jogjabike, Malioboro kini juga menunjukkan keberpihakannya pada para pesepeda dan juga mendukung konsep Jogja smart city. Citra Maliboro pun bisa sejajar dengan jalan-jalan utama di luar negeri, seperti di Singapura atau malah Eropa. Traveler pun bisa menikmati Malioboro dengan bersepeda. Cakep banget sih!

Advertisement

Nah, kamu makin kangen ‘kan sama Jogja dan mantan Malioboronya? Kalau kangen Jogja, yuk segera liburan lagi ke sana!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya