Apalah artinya traveler tanpa paspor? Yap, paspor adalah dokumen paling penting untuk traveling ke luar negeri. Tanpa paspor, kamu cuma bisa ngubek-ngubek destinasi di dalam negeri. Nggak bisa liburan ke Nepal, Korea, New Zealand atau malah Amerika. Untuk itu sebuah negara dengan paspor yang kuat akan sangat membantu warganya untuk keliling dunia dengan mudah. Tanpa perlu mengurus visa kamu bisa langsung datang aja ke negara tujuan. Nikmat mana lagi yang bisa didapatkan seorang traveler selain paspor yang kuat?

Sempat jadi paspor terkuat di dunia, kini Singapura harus merelakan predikat tersebut diberikan kepada Jepang. Yap, di akhir tahun 2018 ini paspor Jepang jadi yang paling ‘berharga’ di dunia karena bisa mendatangi 190 negara tanpa visa. Jepang mengalahkan Singapura yang punya bebas visa ke 189 negara di dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Paspor Indonesia cukup lemah memang dibanding Singapura ataupun Jepang. Yuk simak aja daftarnya.

Jelang akhir tahun 2018, Jepang mempunyai paspor terkuat dunia. Hal ini karena negeri Sakura telah mendapat bebas visa ke Myanmar

paspor terkuat via grapee.jp

Advertisement

Dikutip dari situs pemeringkat paspor dunia, Henley Passport Index yang merilis laporannya pada 9 Oktober lalu, paspor Jepang kini mendapat predikat paspor terkuat di dunia. Hal ini dikarenakan Myanmar sudah memberikan bebas visa kepada Jepang sehingga jumlah negara yang bisa didatangi dengan bebas visa atau visa on arrival kini berjumlah 190 negara. Jumlah ini mengalahkan Singapura yang sebelumnya jadi juaranya dengan 189 negara bebas visa. Jerman yang berada di posisi kedua sebelumnya juga harus turun ke posisi ketiga.

Jerman bersama Prancis dan Korea Selatan berada di posisi 3. Pemegang paspornya bisa datang ke 188 negara bebas visa. Sementara Amerika dan Inggris di posisi 5. Berikut daftar lengkapnya

paspor jepang via www.channelnewsasia.com

Hadirnya Jepang di posisi pertama tentu menggeser negara-negara yang terkenal dengan paspornya yang kuat seperti Singapura, Jerman maupun Amerika Serikat. Jerman harus puas di posisi 3, sementara Amerika Serikat di bawah pemerintahan Trump tampak belum terlalu bersahabat dengan banyak negara sehingga cuma nangkring di posisi 6 bersama beberapa negara Eropa.

Berikut daftar peringkat teratas hingga ke 7 paspor terkuat di dunia.

1. Jepang, bebas visa ke 190 negara

2. Singapura, bebas visa ke 189 negara

3. Jerman, Perancis, Korea Selatan, bebas visa ke 188 negara

4. Denmark, Finlandia, Italia, Swedia, Spanyol, bebas visa ke 187 negara

5. Norwegia, Inggris, Austria, Luksemburg, Belanda, Portugal, Amerika Serikat, bebas visa ke 186 negara

6. Belgia, Swiss, Irlandia, Kanada, bebas visa ke 185 negara

7. Australia, Yunani, Malta, bebas visa ke 183 negara

Bagaimana peringkat paspor Indonesia? Secara umum meningkat, tapi belum cukup mampu bersaing dengan negara lain yang paspornya jauh lebih kuat

paspor indonesia via www.pikniek.com

Advertisement

Indonesia mendapat bebas visa ke 73 negara dan berada di posisi ke 72, setingkat di bawah China yang kenaikannya cukup signifikan sejak 2017. Di Asia Tenggara sendiri, Indonesia meraih kenaikan paling tinggi dengan bertambahnya 7 negara yang memberikan bebas visa ataupun visa on arrival. Indonesia berada di bawah Singapura (peringkat 2), Malaysia (10), Brunei Darussalam (20), Timor Leste (54), dan Thailand (68). Kita masih kalah jauh lho sama Timor Leste. Hehehe. Diplomasi Indonesia harus lebih baik lagi agar mudah mendapat sahabat dan mitra global sehingga mendapat akses bebas visa.

Semoga saja peringkat Indonesia terus naik biar traveler lebih mudah traveling. Tapi karena dolar lagi naik banget mending tahan dulu ya liburan ke luar negeri. Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya