Bagi penyuka traveling di alam bebas, kayaknya kemping udah jadi suatu keharusan ketika menjelajah gunung atau pantai terpencil. Tidur beratapkan langit dan beralaskan tanah membuat kita sadar bahwa manusia hanya makhluk kecil di hadapan alam. Terpapar secara langsung dengan kehidupan liar pun bisa membangkitkan naluri bertahan hidup.

Yang belum pernah merasakan kemping di alam bebas mungkin bakal mikir kalo kegiatan itu butuh modal gede. Tenda dome harganya jutaan, carrier mulai ratusan ribu sampai jutaan, belum beli nesting dan sebagainya. Plis deh, kamu gak harus punya semua itu agar bisa kemping. Yang paling penting adalah niat. Dan kamu bisa cek tips kemping hemat ala Hipwee berikut ini.

1. Peralatan kemping? pinjam aja!

Peralatan kemping bisa pinjam atau sewa via www.tripleblaze.com

Peralatan kemping — terutama yang gede macam tenda, carrier, nesting dan kantong tidur — emang lumayan mahal. Tapi tenang, kamu bisa mencoba pinjam sama teman kamu yang hobi kemping, mungkin mereka punya.

Kalo ternyata gak ada, toko peralatan outdoor nyewain kok, dengan tarif per hari yang terjangkau kamu udah bisa dapet peralatan kemping yang kamu butuhkan. Tapi kalo kamu emang sering kemping, mendingan investasi peralatan kemping sendiri sih.

2. Bawa seperlunya aja

Advertisement

Bawaan gak usah lebay via www.kahanasunset.com

Mau kemping berapa hari? Sesuaikan bawaan dengan kebutuhanmu. Hipwee kasih tau ya, saat kemping mungkin kamu gak bisa mandi, jadi gak usah bawa peralatan mandi banyak-banyak. Bawa yang esensial aja: sikat gigi, odol, dan sabun. Bawa baju ganti juga gak usah banyak-banyak, seuaikan sama harinya aja. Toh kamu juga bakal jarang ganti kok.

3. Bawa termos atau tempat minum

Isi ulang aja botol airmu via www.wisegeek.net

Bawa termos atau tempat minum sendiri bisa menghemat uang untuk membeli air mineral kemasan. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi sampah dan menghemat gas untuk sekedar bikin kopi.

Kalo tempat kamu kemping ada sumber air, bakal jauh lebih mudah karena kamu gak harus bawa air berliter-liter dan bisa isi ulang. Syukur-syukur kalo kamu ada water purifier, jadi airnya bisa langsung minum.

4. Pilih tempat yang gak begitu terkenal

Pilih tempat kemping yang sepi. via www.newwestexperience.com

Semakin terkenal tempatnya, biasanya sih bea retribusinya semakin mahal. Apalagi kalo tempat kempingnya banyak fasilitas. Lagipula, tempat yang gak terlalu ramai bisa bikin kamu kemping lebih “khusyuk.”

5. Bawa P3K sendiri

P3K: penting tapi sering terlupakan via www.campprimitive.com

Semakin terpencil tempat kemping kamu, semakin jarang toko yang kamu temui. Mereka mungkin punya apa yang kamu perlukan, tapi harganya pasti lebih mahal dibandingkan pusat kota. Membawa obat-obatan dan P3K sendiri bisa menghemat banyak uang dan tenaga, daripada beli atau sibuk nyariin saat butuh.

6. Pilih moda transportasi yang murah

Diangkut pikap? Kenapa enggak? via www.wisatagunung.com

Pilih opsi moda transportasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Bandingkan ongkos naik kereta, ngebis, atau bawa kendaraan sendiri. Bawa kendaraan sendiri biasanya sih total ongkosnya lebih murah dibanding transportasi umum dan lebih leluasa, tapi mungkin jadi gak istirahat kalo kamu kebagian yang nyetir, apalagi kalo perjalanannya jauh.

7. Bikin api unggun

BIkin api unggun biar hangat dan hemat via mendakigunungrinjani.blogspot.com

Kalo gak dilarang, kamu bisa bikin api unggun di tempat kemping dan menghemat gas untuk masak. Kamu bisa cari kayu bakar di sekitar tempat kemping (tapi jangan sengaja matahin dahan pohon ya!).

Selain untuk masak, api unggun juga bisa untuk menghangatkan badan, terutama kalo kamu kemping di gunung.

8. Bawa benda multifungsi

Pisau serbaguna via www.flickr.com

Barang-barang kecil multifungsi seperti pisau Swiss Army, pisau survival, dan lakban, bisa mempermudah kamu untuk membuat benda-benda yang bermanfaat dari bahan-bahan gak terpakai. Lebih murah daripada beli terus buang kan.

9. Cari tempat kemping yang gak begitu jauh

Tempat kemping yang terjangkau sepeda via offmetro.com

Kalo memang budget transportmu mepet, gak usah kemping jauh-jauh. Pilih tempat yang mudah terjangkau sama kendaraan pribadimu. semakin pendek jarak tempuhnya, semakin banyak kamu menghemat.

10. Gunakan lampu bertenaga surya

Senter tenaga surya via blog.reusablerevolution.com

Masih pake senter bohlam yang baterenya harus diganti tiap beberapa jam? Waduh, sekarang ‘kan udah zamannya lampu dan senter LED bertenaga surya atau batere rechargable. Selain memberikan penerangan yang jauh lebih baik dan tahan lama, lampu macam ini juga lebih ramah lingkungan karena gak meninggalkan limbah batere (kecuali kalo emang udah rusak!).

11. Mancing (atau bawa makanan sendiri)

Mancing sambil kemping via rdflytying.blogspot.com

Kalo tempat kemping yang akan kamu tuju dekat dengan air (sungai atau danau) gak ada salahnya kamu menangkap ikan sendiri untuk dimakan (selama gak melanggar aturan sih). Atau kalo kamu gak mau repot, kamu bawa aja mie instan, sedikit beras, dan makanan kalengan.

Nah, udah paham kan kalo kemping gak harus mahal. Intinya sih bikin kemping kamu sesimpel dan seasik mungkin. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan area kempingmu, bawa pulang sampahnya. Yuk kemping!