Saat liburan, terkadang kita harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk menyewa penginapan. Apalagi kalau tinggal di sana sampai berhari-hari. Tapi tenang aja, sekarang ada berbagai alternatif tempat menginap yang murah. Salah satunya adalah Couchsurfing! Layanan ini menyediakan penginapan gratis sejak tahun 2004. Kini sudah ada sekitar 14 juta anggota yang berasal dari 200.000 kota di seluruh dunia. Sebagian anggota Couchsurfing menjadi host (penyedia tempat menginap) dan sebagian lagi menjadi surfer (penyewa tempat). Jadi saat traveling, kamu bisa menginap gratis di rumah sesama anggota.

Tentunya layanan ini mempunyai sejumlah aturan yang harus dipatuhi. Kamu juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya agar liburan lebih maksimal. Yuk kita simak serba-serbi Couchsurfing berikut ini~

Dengan menggunakan Couchsurfing, kita nggak perlu keluar uang sama sekali untuk menginap. Liburan jadi makin hemat!

Numpang tidur di rumah orang lain via www.tripsavvy.com

Advertisement

Kita nggak perlu membayar saat menginap di rumah sesama anggota Couchsurfing. Sebab layanan ini memang bertujuan untuk saling berbagi. Gimana cara memakainya? Tinggal daftarkan dirimu di situs Couchsurfing secara gratis. Lalu tentukan tujuan liburanmu dan pilih rumah host yang tersedia.

Misalnya aja kamu berasal dari Jogja dan ingin berlibur ke Bali. Beberapa minggu sebelum berangkat, bukalah situs Couchsurfing dan cari rumah host yang terdapat di Bali. Biasanya ada beberapa rumah sekaligus. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Lantas hubungilah pemilik rumah dan minta izin untuk menginap di sana dalam jangka waktu tertentu. Kalau dia menyetujuinya, berarti kamu bisa deh menginap di sana. Gampang kan? Layanan ini nggak hanya tersedia di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Jadi kamu bisa menghemat banyak uang kalau liburan ke negara lain dengan CouchSurfing.

Untuk mendapat fasilitas terbaik, pilihlah tempat Couchsurfing dengan cermat. Ada yang menyiapkan tempat tidur, ada juga yang hanya menyediakan sofa~

Tidur di kasur via unsplash.com

Setiap rumah Couchsurfing mempunyai fasilitas yang berbeda. Ada pemilik yang menyediakan kamar tidur lengkap dengan kasur, lemari, dan perabotan lainnya. Ada juga yang hanya menyediakan sofa untuk tidur. Semua itu tergantung pada kondisi pemilik rumahnya. Jadi kamu perlu memilih dengan cermat. Perhatikan juga seperti apa kamar mandi dan dapur yang disediakan. Jangan sampai karena nggak teliti, kamu malah dapat rumah yang kurang nyaman untuk ditinggali.

Selain menginap gratis, kamu juga bisa minta ditemani jalan-jalan oleh pemilik rumahnya. Jadi bakal lebih paham tentang objek wisata dan kuliner setempat

Jalan-jalan bersama via unsplash.com

Advertisement

Biasanya para anggota Couchsurfing suka jalan-jalan. Jadi saat menginap di rumah mereka, kamu bisa minta ditemani untuk mengunjungi objek wisata setempat. Kamu juga bisa minta saran tentang kuliner yang enak atau tempat untuk membeli oleh-oleh. Jadi liburanmu bakal lebih maksimal deh! Namun tentunya, perhatikan kesibukan si pemilik rumah juga ya. Jangan sampai kamu mengganggu kegiatannya karena ingin ditemani jalan-jalan.

Selama menginap di rumah host, jangan hanya menumpang seperti benalu. Kamu juga perlu membantu pekerjaan rumah dan mematuhi peraturan mereka

Bantulah mencuci piring via unsplash.com

Karena sudah diizinkan untuk menginap gratis, sebaiknya kita tahu diri. Jangan hanya tidur dan numpang makan aja. Sebagai balas budi, usahakan untuk membantu pekerjaan rumah sehari-hari. Mulai dari cuci piring, menyapu, dan lain-lain. Pasti pemilik rumahnya juga senang karena merasa terbantu. Jadi kamu nggak hanya merepotkan di sana.

Supaya pemilik rumah senang, bawakan deh suvenir atau makanan khas daerahmu. Biar kalian bisa bertukar cerita tentang daerah masing-masing

Suvenir berupa hiasan magnet via unsplash.com

Supaya lebih akrab dengan pemilik rumah, kamu bisa memperkenalkan daerah asalmu padanya. Bawa aja suvenir atau makanan khas daerahmu. Pasti sang pemilik rumah bakal senang menerimanya. Kalian juga bisa bertukar cerita tentang daerah masing-masing. Tujuan Couchsurfing memang mempererat hubungan para anggotanya. Siapa tahu kelak gantian kamu yang menyediakan rumah untuk menginap gratis.

Jangan lupa untuk berhati-hati saat menggunakan jasa Couchsurfing. Pastikan kamu memilih host yang terpercaya dan menghindari kegiatan yang berisiko

Berhati-hatilah supaya liburan tetap aman via unsplash.com

Karena layanannya gratis dan gampang diakses, CouchSurfing cukup rawan kejahatan. Kamu bisa mengalami pencurian bahkan pelecehan seksual kalau nggak berhati-hati. Jadi cermatlah saat memilih rumah host. Pastikan kamu memilih host yang sudah terpercaya dan menerima banyak testimoni positif. Sebagai keamanan tambahan, kamu juga perlu mengunci kamar saat tidur supaya orang lain nggak bisa masuk.

Itulah serba-serbi menginap dengan layanan Couchsurfing. Kalau mematuhinya, liburanmu bakal aman dan lebih hemat. Kapan lagi bisa menginap gratis di rumah orang lain? Yuk buruan coba Couchsurfing!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya