Siapa sih yang nggak mau liburan ke Raja Ampat? Destinasi wisata yang terletak di Papua Barat ini menyimpan keindahan alam yang wow banget lo. Pasti mupeng banget deh kalau kamu ngeliat gugusan pulau hijau dikelilingi lautan yang biru. Rasanya pengen auto nyebur!

Tapi banyak banget orang yang punya mimpi liburan ke Raja Ampat, eh nggak kesampean terus. Soalnya nih, biaya liburan ke sana tuh nggak murah guys. Harga pesawatnya aja udah mahal, belum milih penginapan, transportasi, dan buat makan. Eits, jangan buru-buru dikubur mimpinya karena ada cara jitu yang bikin kamu bisa jelajah Raja Ampat dengan bujet terbatas. Caranya dengan mengatur liburan hemat ala backpacker. Mau tahu? Simak deh tips dari Hipwee berikut ini:

Pilih nginep di homestay, bisa jauh lebih hemat lo daripada pesan hotel

Jadi traveler cerdas dengan pilih penginapan yang sesuai bujet via www.pexels.com

Memang sih banyak resort yang bagus banget di Raja Ampat. Tapi untuk menghemat bujet, kamu bisa menginap di homestay yang tentu harganya lebih murah. Bayangin misalnya kamu harus ngeluarin bujet Rp 3 sampai 7 juta per malam buat nginap di hotel atau resort, sementara di homestay nggak sampai Rp 1 juta! Hemat banget, kan? Tenang, kamu bisa tetep dapet foto bagus di tempat wisata lain. Kan spot-spot foto bagus nggak cuma di resort.

Ajak temen segeng biar biaya transportasi dan penginapan lebih murah

Selain lebih seru, liburan serombongan bisa lebih hemat lo via www.pexels.com

Cara jitu lainnya biar liburan kamu hemat adalah ngajak temen satu geng atau keluarga besar untuk liburan ke Raja Ampat. Salah satu biaya yang cukup menguras kantong itu adalah biaya sewa perahu untuk ngeliat gugusan pulau. Kalau kamu bisa ngajak banyak orang liburan ke Raja Ampat, tentu harga sewa perahunya lebih murah. Pasti juga tambah seru karena bisa berbagi tawa dan minta tolong fotoin dengan di-brief biar dapet angle terbaik, ‘kan sama-sama saling kenal hehe.

Bawa lauk pauk dan camilan dari rumah, daripada nguras dompet jajan di sana

Bawa camilan dari rumah, kayak keripik kentang via www.pexels.com

Pernah nggak sih kepikiran hemat bujet dari uang makan? Nah kamu bisa menyiasati bujet terbatas dengan bawa bekal atau camilan. Mulai dari lauk kering kayak kentang mustafa, kering tempe, sampai rendang! Jangan lupa bawa camilan kayak keripik, kacang, dan biskuit. Biasanya nih, harga-harga makanan dan camilan di tempat wisata itu bisa dua kali lipatnya lho! Jangan sampe deh kelaperan gara-gara keabisan duit, hiks. Kamu bukan sobat misqueen banget kok *puk-puk*.

Coba deh berbaur dengan orang lokal, siapa tahu nemu spot foto bagus yang tersembunyi

Raja Ampat punya banyak stok foto yang keren banget! via www.pexels.com

Biasanya kalau mau liburan ke suatu tempat, kita udah nyari tahu spot foto yang kece. Mulai dari googling, nyari di blog orang, atau cek lokasi via Instagram. Foto-foto yang beredar di internet itu nggak jarang adalah destinasi wisata yang terkenal dan sudah dipatok tiket masuk. Kalau kamu bener-bener mau berhemat, coba deh berbaur dengan orang lokal dan tanya spot foto yang belum terjamah wisatawan. Biasanya mereka tahu banget tuh. Coba aja tanya di sela-sela kalian check in atau sarapan di homestay. Bahkan bisa juga lo jadi teman dan kalau mau ke sana lagi kamu ditawarin diskon penginapan. Jangan malu buat SKSD, gengs!

Nah, gimana? Tambah semangat kan buat ngejar impian liburan ke Raja Ampat? Mau liburan nggak perlu pusing kok mikirin macem-macem. Cukup jadi traveler yang cerdas, kamu bisa liburan ke Raja Ampat dengan bujet hemat. Kabar baiknya lagi, kamu bisa terbang ke Raja Ampat dengan harga tiket one way mulai Rp 1,4 juta bersama AirAsia. Gimana? Pesan sekarang, lebih hemat kan?

Nggak perlu jadi tajir dulu untuk pergi liburan ke Raja Ampat, asalkan kamu pinter nyari informasi dan mau berusaha, pasti terwujud kok. Selamat liburan dan berburu foto yang instagramable yaaa!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya