Pernah kepikiran nggak liburan ke masa lalu? Bukan, ini bukan ngomongin mantan kamu atau masa lalu kamu ya. Ini ngomongin destinasi wisata yang bikin kita masuk seolah ke lorong waktu. Memang bisa ya liburan tapi memasuki lorong waktu? Bisa banget kalau kamu traveling ke Nepal. Hah, Nepal? Negara mana itu? India ya?

Memang banyak yang belum tau tentang Nepal. Selain karena Indonesia nggak terlalu familiar dengan Nepal, tidak ada satu hal yang bikin Nepal populer di sini, selain karena benderanya yang unik karena cuma berbentuk segitiga. Nepal sering dianggap sebagai India. Padahal dua negara ini sangat berbeda. Kalaupun ada kemiripan, dua negara ini sama-sama berada di barisan puncak-puncak Himalaya.

Advertisement

Oh, Nepal yang ada Everest-nya itu ya? Nah itu baru tau.

Buat pemula, liburan ke Nepal mungkin bukan ide bagus. Tapi percayalah, datang ke sana bakal jadi pengalaman seru yang nggak terlupakan

patan durbar square via www.instagram.com

Nepal memang bisa dibilang sebagai destinasi yang unik. Bagi orang Indonesia, wisata ke sana sungguh tidak lazim seperti ke Korea, Jepang atau malah Eropa. Nepal ini seperti negeri antah berantah yang sulit dikenali. India bukan, China apalagi, tapi muka orang-orangnya kok ada unsur Pakistan yang dikombinasi dengan India dan Tibet. Sungguh negara yang terjepit berbagai peradaban besar dunia.

Nepal berada di barisan pegunungan Himalaya, di utara ada Tibet sementara di selatan ada India dan dekat dengan Bhutan serta Bangladesh. Beribukota Kathmandu, Nepal adalah negara yang bikin kamu seolah kembali ke masa lalu. Suasananya terasa retro dan antik. Kalau liat jalanan dan kabel listriknya bikin elus dada. Penerbangan bisa dari Jakarta namun kebanyakan yang transit Malaysia.

Ada berbagai macam pilihan liburan ke Nepal, mulai dari city tour sampai mendaki Mount Everest. Tapi paling populer mendaki Annapurna Base Camp

paragliding via www.instagram.com

Advertisement

Liburan ke Nepal seru banget karena ada banyak pilihan wisata. Kamu bisa nyari lokasi latihannya Dr Strange di Patan Durbar Square, bisa cobain paragliding di Phewa Lake, bisa mendaki Annapurna Base Camp, sang gunung salju, dan juga naik helikopter keliling puncak-puncak tertinggi. Ada banyak sekali wisata petulangan di Nepal. Kamu harus datang ke sana untuk buktiin sendiri.

Annapurna Base Camp jadi favorit karena orang Indonesia terobsesi dengan salju. Dan gunung ini punya salju lho

Annapurna Base Camp via www.instagram.com

Meskipun gunung ini berlapis salju, namun perjuangan mencapainya tidak begitu sulit kok. Trek berbatu sudah dibuat senyaman mungkin. Ada pula desa-desa di atas gunung untuk menginap selama pendakian. Butuh 6 hari perjalanan untuk mencapai Annapurna Base Camp. Saran Hipwee mending pake biro travel mengingat medannya cukup menantang. Jadi kalau ada apa-apa ada yang mengurusi. Beda kalau sendiri, resikonya lebih besar.

Untuk kuliner Nepal siap-siap aja deh lidahmu kemungkinan besar tidak cocok. Terlalu banyak rempah dan terasa sangat India banget

swayambunath temple via www.instagram.com

Untuk kuliner agak susah diterima lidah orang Indonesia karena menu makanan di sana lebih mirip dengan makanan India. Kaya akan rempah dan bumbu. Nggak nyambung dengan lidah kita-kita. Namun ada juga sih yang doyan. Makanan utama di sana bernama Dal Bhat yang porsinya porsi kuli. Kalau kamu doyan, selamat, kamu bakal betah di Nepal. Sebaiknya bawa makanan dari Indonesia aja ya biar aman untuk urusan perut. Hehehe.

Jadi kapan nih kamu ke sana?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya