Skytrax, lembaga perusahaan konsultan penerbangan asal Inggris menggelar World Airline Awards 2019. Setiap tahunnya, ajang ini jadi ajang tolak ukur keberhasilan maskapai di dunia. Jika masuk 10 terbaik dunia atau mendapat predikat terbaik di beberapa kategori bakal menaikkan nilai jual maskapai tersebut. Maka dari itu, setiap maskapai selalu berharap jadi yang terbaik di World Airline Awards setiap tahunnya.

Belum lama ini, Skytrax telah mengumumkan maskapai terbaik dunia. Maskapai terbaik dunia 2019 diraih Qatar Airways setelah mengalahkan Singapore Airlines yang tahun lalu menghuni peringkat pertama. Lalu ada di posisi berapa Garuda Indonesia? Yuk simak ulasan Hipwee Travel berikut.

Tahun ini memang miliknya Qatar Airways. Maskapai Timur Tengah ini memenangkan 4 penghargaan di mana salah satunya adalah penghargaan paling bergengsi maskapai terbaik dunia

qatar airways via www.businessinsider.sg

Advertisement

World Airline Awards 2019 sudah mendapatkan para pemenangnya. Kalahkan Singapore Airlines, tahun ini Qatar Airways jadi maskapai terbaik dunia. Maskapai ini juga pernah mendapatkannya pada tahun 2011, 2012, 2015, 2017 dan kini di 2019. Tak cuma penghargaan itu saja, Qatar Airways juga mendapatkan penghargaan untuk kategori Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Kursi Kelas Bisnis Terbaik Dunia dan Maskapai Penerbangan Terbaik di Timur Tengah. Skytrax menyatakan bahwa penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survei yang 100 persen independen dari pelanggan berbagai maskapai dunia. Survei ini dilakukan kepada 21,65 juta orang yang berasal dari 100 negara terhadap 300 maskapai di dunia. Surveinya sendiri dilakukan pada September 2018 hingga Mei 2019.

Berikut daftar 10 maskapai terbaik dunia untuk 2019 Skytrax World Airline Awards:

1. Qatar Airways
2. Singapore Airlines
3. ANA All Nippon Airways
4. Cathay Pacific
5. Emirates
6. EVA Air
7. Hainan Airlines
8. Qantas Airways
9. Lufthansa
10. Thai Airways

Lalu ke mana Garuda Indonesia? Kenapa tidak muncul di 10 besar maskapai terbaik seperti tahun lalu?

garuda indonesia via landor.com

Advertisement

Tahun lalu Garuda Indonesia masuk ke peringkat 9 maskapai terbaik dunia versi Skytrax. Namun di tahun ini, nama maskapai kebanggan Indonesia ini tampak tidak terlihat dari 10 daftar terbaik. Lalu di mana posisi Garuda? Garuda harus rela turun 3 posisi ke peringkat 12. Posisinya digusur maskapai asal Australia, Qantas Airlines yang naik ke peringkat 8 dari sebelumnya peringkat 11. Posisi Garuda tepat di bawah Japan Airlines (JAL) dan di atas Swiss International Airlines yang berada di peringkat 13. Air Asia masuk 20 besar dan nangkring di peringkat 20 maskapai terbaik dunia.

Garuda sebaiknya mengevalusi diri, hal ini dikarenakan Cabin Crew terbaik dunia juga lepas dari genggaman setelah sebelumnya 5 tahun berturut-turut dipegang Garuda

pramugari garuda via www.tribunnews.com

Selama lima tahun berturut-turut Garuda Indonesia menjadi maskapai dengan kru kabin terbaik di dunia. Namun di tahun ini peringkat terbaik ‘World’s Best Airline Cabin Crew 2019’ diambil oleh Singapore Airlines. Hal ini tentu jadi pukulan telak setelah peringkat Garuda Indonesia sendiri turun dari peringkat 9 ke peringkat 12 maskapai terbaik dunia. Hal ini tentu harus jadi evaluasi bagi Garuda untuk selalu meningkatkan kinerja perusahaan dan pelayanan kelas dunia. Bisa jadi bukan Garuda yang menurun, namun maskapai lain jadi lebih baik.

Jadi tahun 2020 apakah bisa lebih baik, Garuda Indonesia?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya