Agar Minim Risiko, Ini Tips Menentukan Destinasi Wisata di Musim Hujan. Hindari Dulu Wisata Alam

menentukan tempat wisata musim hujan

Memasuki musim hujan, banyak orang ogah liburan karena nggak mau repot di perjalanan. Misal pun liburan, nggak jarang malah salah memlih tempat wisata. Alhasil liburan yang direncanakan nggak bikin senang, malah bikin kesal. Berbeda dengan musim kemarau, berwisata di musim hujan memang  rentan dan rawan mendatangkan kesusahan. Lantaran hujan bisa turun sewaktu-waktu dan membuat kondisi sekitar jadi basah sehingga nggak nyaman buat dijelajah.

Advertisement

Biar aman dan nyaman, kamu perlu menentukan tempat wisata yang tepat. Asalkan bisa memilih tempat wisata yaang cocok dikunjungi saat musim hujan, dijamin liburan bakal menyenangkan. Jangan sampai asal pilih, ya. Ini tips menentukan tempat liburan di musim hujan. Perhatikan setiap poin dengan cermat agar perjalanan liburanmu lancar~

Sebelum berlibur di musim hujan, kamu harus tentukan dulu waktu yang tepat. Agar waktu liburan lebih panjang, manfaatkan dengan baik hari libur selain akhir pekan

tentukan waktu yang tepat | photo by Bich Tran via www.pexels.com

Pemilihan waktu  sangat berpengaruh dalam merencanakan liburan di musim hujan. Selama musim tersebut, waktu untuk liburan lebih terbatas. Hujan menyebabkan mobilitas orang nggak seluasa seperti biasanya. Alih-alih pergi ke luar, banyak orang berdiam di rumah saja. Tapi bukan berarti musim hujan menghalangi liburan sepenuhnya.

Agar waktu liburan makin panjang, kamu bisa manfaatkan hari libur nasional. Sehingga nggak cuma di akhir pekan. Tak jarang mendekati akhir pekan, terdapat hari libur. Di rentang waktu tersebut, kamu bisa pergi berlibur. Selain itu, kamu bisa mengamati perkiraan cuaca secara rutin Meski prediksi tersebut belum tentu akurat, kamu bisa jaga-jaga dan memilih hari yang diperkirakan cerah.

Advertisement

Kamu tipe traveller yang kayak gimana nih? Memilih wisata saat musim hujan pun harus disesuaikan dengan gaya liburan lo. Agar kamu merasakan efek liburan yang sesungguhnya~

sesuaikan dengan tipe traveller | photo by Porapak Apichodilok via www.pexels.com

Hanya karena tempat wisata yang aman dikunjungi selama musi hujan terbatas, akhirnya kamu salah pilih saja. Sebaiknya kamu memilih objek wisata yang sesuai dengan gaya liburanmu. Apalagi tujuan orang berwisata itu berbeda-beda. Ada yang ingin menghilangkan penat, menikmati waktu yang hangat bersama keluarga, memacu adrenalin di wahana liburan dalam ruangan, atau sekadar menghibur diri dengan menyantap kuliner lezat. Jadi pastikan dulu, ya, kamu tipe traveller yang mana.

Biar efek liburan benar-benar terasa, kamu harus memilih destinasi wisata yang sesuai dengan gaya dan tujuan liburanmu selama ini. Jika dipaksakan liburan ke tempat yang nggak disukai, bisa-bisa kamu malah merasa kecewa lo.

Bagi pecinta wisata alam, ada baiknya hindari dulu wisata berbau alam. Paling aman, coba wisata dalam ruangan atau kulineran aja~

hindari wisata alam | photo by Tim Tiedemann via unsplash.com

Pilihan tempat liburan semakin sedikit ketika musim hujan. Pasalnya nggak semua objek wisata aman dikunjungi saat curah hujan tinggi. Destinasi wisata alam seperti gunung, pantai, atau air terjun memang menantang dan bikin rileks tapi sebaiknya kamu hindari dulu, ya. Apalagi di musim hujan, wisata alam memiliki banyak risiko yang perlu diwaspadai karena dapat mengancam nyawa.

Mengingat risikonya, wisata alam nggak disarankan terutama untuk kamu yang pengin liburan bareng keluarga. Alternatif lain, kamu bisa menjajal wisata dalam ruangan seperti museum, pameran, atau taman akuarium. Bila ingin liburan yang minim bersinggungan dengan banyak orang, kamu bisa pilih staycation. Wisata kuliner pun jadi solusi di tengah terbatasnya tempat wisata yang aman dikunjungi selama musim hujan.

Jadi, bagi kamu yang merencanakan liburan di musim hujan, sudahkah mempertimbangkan tiga hal di atas saat memilih destinasi wisata? Kalau belum, yuk mulai dipikirkan, ya.

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE