Kalau ngomongin lokasi bekas galian tambang, pasti benakmu terbayang lubang-lubang yang bikin miris. Ya soalnya lokasi bekas tambang ini benar-benar mengamini ungkapan habis manis sepah dibuang. Isinya diambil trus ditinggalkan begitu aja. Namun beberapa waktu lalu Hipwee menemukan spin off dari lokasi bekas galian tambang ini. Ternyata meski sebagian besar masih terbangkalai, ada beberapa spot bekas galian tambang yang kini jadi destinasi wisata. Dari yang dulu dipenuhi alat-alat berat, kini terhampar luas pemandangan yang cantiknya bikin hati adem dan nyaman. Penasaran dengan destinasi wisata bekas galian tambang ini? Nih Hipwee kumpulkan beberapa daftarnya yang dilansir dari Detik Travel untuk kamu semua. Ssst, ini semua lokasinya ada di Indonesia!

1. Mari terbang ke Belitung dan melihat cantiknya Danau Kaolin. Airnya biru dan dikelilingi pasir putih. Fix pemandangannya bikin nagih!

Danau Kaolin di Belitung via www.tripadvisor.ie

Belitung nggak hanya terkenal dengan Pantai Tanjung Pandan. Ternyata ada juga obyek wisata yang nggak kalah hits yaitu Danau Kaolin yang terletak di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung. Dan yang nggak kalah spketakuler adalah Danau Kaolin ini merupakan lokasi bekas galian tambang kaolin lho! Nah saking indahnya pemandangan di sana, lokasi bekas tambang ini makin banyak diincar orang-orang untuk berlibur bahkan foto prewedding. Kini lokasi Danau Kaolin sudah dipasang kayu pembatas agar para pengunjung nggak tergelincir karena keasyikan swafoto~

2. Dari Belitung kita pindah ke Madura. Di sana ada Bukit Jaddih yang punya pemandangan nggak kalah mempesona!

Bukit Jaddih Madura via jatim.metrotvnews.com

Advertisement

Awalnya Bukit Jaddih yang terletak di Bangkalan, Madura, ini merupakan lokasi tambang batu kapur. Namun sejak beberapa tahun lalu kegiatan pertambangan dihentikan. Kini lokasi kebas pertambangan batu kapur itu dikelola menjadi lokasi wisata. Bahkan ada beberapa spot yang dibangun fasilitas umum seperti kolam renang. Pemandangan yang tercipta jadi tambah memesona. Soalnya perbaduan tebing-tebing batuan kapus dan air yang biru toska itu lho…sungguh bikin eyegasm aja!

3. Ada juga Tebing Breksi yang berlokasi di Prambanan, Yogyakarta. Udah pernah belum kamu mampir ke sana?

Tebing Breksi di Yogyakarta via www.arintya.com

Nggak kalah dengan Bukit Jaddih, Yogyakarta juga memiliki destinasi wisata dari bekas lokasi pertambangan. Tebing Breksi namanya. Wisata yang terletak di Desa Sambirejo, Prambanan ini namanya udah tersohor lho, baik di kalangan orang Jogja maupun wisatawan luar kota. Seperti namanya, Tebing Breksi ini dulunya merupakan lokasi tambang batuan alam, tapi sejak tahun 2014 kegiatannya dihentikan. Lalu daripada dianggurin begitu saja, masyarakat sekitar berinisiatif untuk mengelolanya sampai menjadi salah satu destinasi wisata yang hits banget di Yogyakarta.

4. Nah kalau di Tangerang ada yang namanya Kandang Godzilla. Meski namanya serem, lokasinya keren banget-banget!

Kandang Godzilla di Tangerang Banten – Photo by Ikhdarizky via indonesia.tripcanvas.co

MEski namanya Kandang Godzilla, tapi kamu nggak bakal menemukan satupun Godzilla di sini. Namun kamu bakal disuguhi pemandangan yang super keren. Perbaduan warna hijau dan cokelatnya itu lho, bikin nggak ingin pulang! Oh iya, lokasi ini dulu merupakan tempat penambangan pasir di Cisoka, Tangerang, Banten. Saking epiknya pemandangan di sana, lokasi ini nggak cuma untuk liburan aja. Tapi merupakan spot hunting foto serta prewedding juga!

5. Ada juga nih bekas lokasi tambang yang sekarang jadi Istana Negeri Dongeng!

Istana Negeri Dongeng di Cilegon via travel.detik.com

Advertisement

Awalnya lokasi tersebut merupakan tambang galian pasir. Namun sang pemilik lahan nggak menyadari kalau bekas galian pasir tersebut membentuk pola seperti istana kerajaan. Lambat laun ia pun menyadari dan mulai membangun sebuah istana di sana. Meski tanpa perencanaan, bekas galian pasir tersebut makin mirip saja dengan bangunan istana setelah beberapa kali mengalami proses pembangunan. Buat kamu yang ingin ke sini, lokasinya ada di daerah Lebak Deko, Citangkil, perbatasan Serang-Cilegon.

6. Terakhir ada Gurun Pasir Busung yang berada di Bintan, Kep. Riau. Super indah pemandangannya!

Gurun Pasir Busung di Bintan – Photo by DewiSartika1290 via travelingyuk.com

Nggak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah kalau ingin menikmati wisata di tengah gurun. Gantinya kamu bisa berwisatake Gurun Pasir Busung di Bintan, Kepulauan Riau. Lokasi bekas pertambangan ini dulunya memang tak seindah ini, tapi berkat pengelolaan dan pepohonan yang mulai tumbuh, kini tempat ini jadi salah satu destinasi wisata yang hits banget di Bintan. Apalagi dengan undakan pasir yang terbentuk secara alami itu, bikin fotomu makin Instagramable dan Timur Tengah banget!

Lokasi-lokasi wisata ini bisa jadi inspirasi nih untuk pemerintah maupun masyarakat setempat yang daerahnya terdapat bekas galian tambang. Daripada dianggurin, lebih baik dikelola jadi destinasi wisata kayak gini. Kayak hati lah, kalau ditata dengan sepenuh hati, kan lebih bermanfaat dan nggak bakalan tuh keinget mantan lagi 😛

Selamat traveling!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya